mural
homeforward
5 Kelebihan Penggunaan Barcode QRIS Bagi Bisnismu

5 Kelebihan Penggunaan Barcode QRIS Bagi Bisnismu

Sejak diluncurkannya QRIS oleh Bank Indonesia pada 2019 lalu, kini semakin banyak gerai yang menggunakannya sebagai salah satu pilihan pembayaran nontunai. Seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen yang semakin menuntut semua serba simple dan praktis, pemilik bisnis di Indonesia pun tak ingin ketinggalan zaman dan mengupayakan sistem pembayaran ini tersedia bagi para pelanggan mereka. Apakah bisnismu sudah memanfaatkan hal ini juga?

Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS adalah kode QR standar yang digunakan sistem pembayaran nontunai di Indonesia. Bank Indonesia bersama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) membuatnya untuk menyatukan berbagai kode QR pembayaran dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran menjadi satu standar kode QR nasional. Harapannya, hal ini dapat mendukung para pelaku bisnis dalam perkembangan ekonomi digital.

Penggunaan barcode QRIS ini memiliki 5 kelebihan, yang tidak hanya mempermudah pembeli, tetapi juga menguntungkan bagi penjual. Apa saja itu?

Baca Juga: Cara Mudah Bayar Indomaret Pakai QRIS, Dijamin Sat-Set!

1. Lebih Cepat

barcode qris lebih cepat

Sumber: Envato

Kelebihan dari pemanfaatan kode QRIS adalah membuat transaksi jual beli dilakukan dengan lebih cepat. Berikut adalah beberapa aspek yang menjadi lebih singkat karenanya.

a. Proses Pembayaran Cepat

Pembeli cukup memindai kode QRIS menggunakan aplikasi pembayaran digital untuk bertransaksi. Aplikasi akan langsung memotong saldo pembeli yang tersimpan sesuai dengan nominal transaksi.

b. Waktu Tunggu Singkat

Dengan cepatnya proses pembayaran, waktu tunggu yang terjadi di dalam antrean menjadi lebih singkat. Hal ini disebabkan oleh menghilangnya waktu yang diperlukan untuk kalkulasi uang kembalian. Belum lagi jika uang kembalian tidak tersedia, waktu yang dihabiskan akan lebih lama lagi.

2. Lebih Mudah

Pemanfaatan QRIS membuat beberapa hal menjadi jauh lebih mudah karena semua berjalan secara otomatis.

a. Pencatatan Transaksi Otomatis

Setiap transaksi yang dilakukan dengan menggunakan barcode QRIS akan tercatat secara otomatis dan real time. Kamu tidak perlu khawatir ada pencatatan yang terlewat atau perhitungan yang keliru.

b. Mempermudah Analisis dan Monitoring Keuangan

Dengan pencatatan otomatis tersebut, kamu juga akan lebih mudah untuk membuat laporan keuangan. Setiap transaksi dicatat secara lengkap dan runtut, memungkinkan bagimu untuk menganalisis dan mengawasi kondisi keuangan usahamu.

3. Lebih Praktis

Bayar pakai QRIS Flip

Sistem pembayaran dengan QRIS memberikan kepraktisan dalam melakukan transaksi digital. Berikut beberapa hal yang membuat penggunaan QRIS menjadikan semua lebih sederhana:

a. Satu Kode QR untuk Semua

QRIS memungkinkan satu kode QR untuk digunakan pada berbagai metode pembayaran seperti dompet digital, internet banking, dan mobile banking. Ini memudahkan pembeli untuk bertransaksi tanpa perlu beralih antar aplikasi. 

b. Pembayaran Tanpa Tunai

Dengan QRIS, pembayaran dapat dilakukan hanya dengan memindai kode QR menggunakan smartphone, tanpa perlu membawa uang tunai atau kartu. Tidak perlu menyiapkan kembalian dan menghindari risiko kehilangan uang.

c. Akses di Banyak Tempat

Bagi para pembeli, QRIS dapat digunakan di berbagai merchant, baik offline maupun online, sehingga memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam bertransaksi di mana saja. 

4. Lebih Efisien

barcode qris lebih praktis

Sumber: Freepik

Dengan kemudahan dan kepraktisan yang diciptakan oleh pemanfaatan barcode QRIS, bisnismu menjadi lebih efisien.

a. Mengurangi Biaya Operasional

Dengan mengurangi kebutuhan untuk menangani uang tunai atau proses pengelolaan kartu kredit, QRIS dapat membantu mengurangi biaya operasional bisnismu. 

b. Efisiensi Waktu

Melalui cepatnya transaksi, waktu yang dihabiskan menjadi lebih efisien. Kamu bisa menggunakan waktu yang tersisa untuk melayani lebih banyak pelanggan. Selain itu, dengan pencatatan transaksi otomatisnya, waktu yang dihabiskan untuk membuat pembukuan bisa diminimalkan, tapi tetap dengan hasil pelaporan yang seharusnya.

Baca Juga: Berapa Biaya Admin QRIS Setiap Transaksi? Berikut Penjelasannya!

5. Lebih Aman

Barcode QRIS didesain dengan mempertimbangkan aspek keamanan secara khusus, sehingga lebih aman dibandingkan dengan QR code pembayaran lainnya. Berikut beberapa alasan mengapa QRIS lebih aman:

a. Standar Keamanan Tinggi

QRIS memiliki standar keamanan tinggi yang sesuai dengan pedoman Bank Indonesia. QRIS dilengkapi dengan fitur keamanan seperti enkripsi data, autentikasi, dan kerahasiaan transaksi. Hal ini memberikan perlindungan terhadap penipuan dan pencurian data.

b. Infrastruktur Terpusat

QRIS dikelola oleh infrastruktur terpusat yang diawasi oleh Bank Indonesia. Sistem ini meminimalkan risiko serangan peretas karena adanya pengawasan dan pemantauan keamanan yang ketat.

c. Kurangi Penggunaan Uang Tunai

Dengan menggunakan QRIS, kamu tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar, mengurangi risiko kehilangan atau pencurian uang tunai.

d. Pencegahan Penipuan

QRIS memiliki mekanisme pencegahan penipuan seperti pendeteksi kode QR palsu atau penyamaran situs web. Hal ini melindungi pengguna dari serangan phishing atau penipuan pembayaran. Selain itu, penggunaan QRIS juga menekan peredaran uang palsu karena tidak ada pertukaran uang fisik yang terjadi di dalam transaksi.

Banyaknya kelebihan yang didapatkan dengan pemanfaatan barcode QRIS seperti di atas tentunya mendorong banyak pelaku bisnis untuk menggunakannya. Apalagi kalau bayar pakai QRIS di Flip, transaksimu bakal jadi lebih hemat dan sat-set!. Tunggu apalagi, download aplikasi Flip sekarang, dan nikmati layanan bayar pakai QRIS di Flip.

Bayar dan scan QRIS Flip
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi