mural
homeforward
Apa itu Rekening Koran: Pengertian dan Contohnya

Apa itu Rekening Koran: Pengertian dan Contohnya

Apa, sih, yang dimaksud dengan rekening koran? Bagaimana cara mendapatkan dokumen ini? Nah, kalau kamu penasaran tentang apa yang dimaksud dengan rekening koran, kamu bisa baca penjelasan berikut. 

Hingga saat ini, rekening koran merupakan salah satu dokumen yang sering dipersyaratkan untuk mengurus banyak hal, mulai dari pengajuan visa hingga pengajuan pinjaman di bank. 

Nah, karena dokumen ini begitu penting, tidak ada salahnya kalau kamu mencari tahu apa sebenarnya rekening koran dan manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari dokumen ini. 

Baca juga: Kode Bank Terlengkap di Indonesia

Apa Itu Rekening Koran? 

Banyak orang yang salah paham mengenai definisi dari rekening koran, lho. Tak jarang orang salah mengartikan rekening koran sebagai rekening untuk menagih langganan koran. Padahal, rekening koran sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan langganan koran, lho, guys. Rekening koran merupakan dokumen yang mencakup ringkasan transaksi keuangan dari sebuah rekening bank secara menyeluruh dalam jangka waktu tertentu, baik rekening perseorangan maupun rekening suatu organisasi (perusahaan dan badan usaha lainnya). 

Nah, kalau kamu mengajukan cetak rekening koran, kamu bisa melihat alur debit-kredit dari rekening bank kamu. Bunga yang kamu terima dan potongan lain pun bisa kamu lihat dari dokumen ini. Lantas, apa bedanya dengan buku tabungan? 

Sebenarnya isi dari dua dokumen ini sama saja. Namun, kamu bisa mendapatkan lebih banyak detail transaksi di rekening koran. Misalnya saja nama orang yang transfer ke rekeningmu. Selain itu, kamu juga bisa meminta customer service untuk mencetak rekening koranmu dalam jangka waktu yang kamu inginkan. Hanya saja, kamu perlu merogoh kocek untuk tiap lembar rekening koran yang dicetak, guys. Tarifnya pun berbeda-beda untuk tiap bank. 

Pentingnya Rekening Koran 

pentingnya rekening koran

Sumber : Kompas 

Tidak hanya sebatas untuk mengetahui detail transaksi saja, rekening koran juga bisa kamu gunakan untuk hal-hal berikut: 

1. Mengajukan visa 

Rekening koran merupakan salah satu dokumen yang diperlukan ketika kamu mau mengajukan visa. Mengapa demikian? Dengan memberitahukan rekening koran kamu, pihak imigrasi negara tujuan jadi tahu tentang kondisi finansial kamu. Dokumen ini juga bisa menjadi bukti kalau kamu memiliki cukup dana selama tinggal di negara tujuan. Maka dari itu, tak jarang pihak imigrasi suatu negara menetapkan nominal tabungan tertentu kalau kamu mau mengajukan visa. 

2. Mengajukan pinjaman 

Ingin mengajukan KPR, KUR, KTA, atau jenis kredit lainnya? Rekening koran juga menjadi dokumen yang biasanya disyaratkan oleh pihak kreditur. Sama seperti saat mengajukan visa, pihak kreditur harus tahu juga bagaimana kondisi finansial pihak debiturnya (pihak yang mengajukan pinjaman). Melalui dokumen tersebut, kreditur bisa mengetahui bagaimana kondisi finansial dari pihak debitur. Kreditur juga bisa memperkirakan apakah debitur berisiko kredit macet atau tidak. 

3. Menjadi bukti hukum 

Kegunaan rekening koran sebagai bukti hukum biasanya muncul ketika ada sebuah kasus. Contoh simpelnya adalah ketika penjual online tidak percaya kalau kamu sudah transfer ke rekeningnya. Nah, rekening koran bisa berfungsi sebagai bukti valid bahwa kamu sudah bayar dan berhak atas barang yang diperjualbelikan. 

4. Mengaudit keuangan sebuah organisasi 

Karena audit keuangan bertujuan untuk mengetahui kewajaran dan kelayakan penyajian sebuah laporan keuangan, rekening koran menjadi dokumen yang penting. Rekapitulasi transaksi masuk dan keluar bisa kamu dapatkan dari dokumen tersebut. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Rekening Koran? 

cara mendapatkan rekening koran

Sumber: pxhere 

Setelah mengetahui definisi dan apa saja fungsi rekening koran, ada satu hal lagi, nih, yang perlu kamu tahu. Bagaimana caranya mendapatkan rekening koran? Caranya cukup mudah, kok. Kamu tinggal pergi ke bank dan antre di customer service. Lalu, katakan saja bahwa kamu memerlukan rekening koran. Sebutkan juga jangka waktu rekening koran yang kamu inginkan, misalnya untuk tiga, enam, atau mungkin dua belas bulan. Kamu akan diminta untuk membayar sejumlah uang yang dihitung sesuai dengan jumlah lembar rekening koran yang dicetak. 

Tiap bank memiliki aturan sendiri mengenai nominal biaya cetak rekening koran per lembarnya. Biaya cetak masing-masing bank bisa kamu lihat sebagai berikut: 

  • Rekening koran BNI : Rp2.500,00-Rp3.500,00/lembar 
  • Rekening koran BCA : Rp2.500,00/lembar 
  • Rekening koran Mandiri : Rp2.500,00-Rp5.000,00/lembar   

Selain itu, kamu juga akan diminta untuk menunjukkan bukti kepemilikan rekening. Dokumen-dokumen yang biasanya dibutuhkan adalah: 

  • Buku tabungan asli, 
  • Kartu debit, dan 
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).   

Rekening koran juga bisa kamu dapatkan dengan menggunakan fitur internet banking. Biasanya, kamu bisa melihat rekening koran dari menu ‘e-Statement’ atau ‘Mutasi Rekening’ di layar internet banking kamu. Nah, itulah penjelasan singkat mengenai rekening koran. Sebagai simpulan, kamu bisa mendapatkan informasi rinci perihal transaksi masuk dan keluar dari rekeningmu melalui dokumen ini. 

Baca juga: Kode Bank BCA: Kemudahan Transfer Antarbank

Untuk mendapatkan rekening koran, kamu perlu membayar sejumlah uang terlebih jika kamu mencetaknya di bank langsung. Akan tetapi, kamu bisa memperoleh rekening koran gratis menggunakan internet banking. Sebagaimana rekening koran yang bisa kamu peroleh secara gratis via internet banking, kamu juga bisa transfer antarbank tanpa perlu bayar biaya admin*. 

Bagaimana caranya? Simpel, pakai aja Flip! Dengan Flip, kamu juga bisa kirim uang ke luar negeri dengan tarif yang ringan. Tak hanya itu, kamu bisa beli pulsa, paket data, maupun bayar tagihan dengan biaya yang enteng. Yuk, download dan cobain aplikasi Flip!

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi