mural
homeforward
Apa itu Rekening Koran: Pengertian dan Contohnya

Apa itu Rekening Koran: Pengertian dan Contohnya

Apa, sih, yang dimaksud dengan rekening koran? Bagaimana cara mendapatkan dokumen ini? Nah, kalau kamu penasaran tentang apa yang dimaksud dengan rekening koran, kamu bisa baca penjelasan berikut.

Hingga saat ini, rekening koran merupakan salah satu dokumen yang sering dipersyaratkan untuk mengurus banyak hal, mulai dari pengajuan visa hingga pengajuan pinjaman di bank. Nah, karena dokumen ini begitu penting, tidak ada salahnya kalau kamu mencari tahu apa sebenarnya rekening koran dan manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari dokumen ini.

Apa Itu Rekening Koran?

Banyak orang yang salah paham mengenai definisi dari rekening koran, lho. Tak jarang orang salah mengartikan rekening koran sebagai rekening untuk menagih langganan koran. Padahal, rekening koran sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan langganan koran, lho, guys.

Rekening koran merupakan dokumen yang mencakup ringkasan transaksi keuangan dari sebuah rekening bank secara menyeluruh dalam jangka waktu tertentu, baik rekening perseorangan maupun rekening suatu organisasi (perusahaan dan badan usaha lainnya).

Nah, kalau kamu mengajukan cetak rekening koran, kamu bisa melihat alur debit-kredit dari rekening bank kamu. Bunga yang kamu terima dan potongan lain pun bisa kamu lihat dari dokumen ini.

Lantas, apa bedanya dengan buku tabungan? Sebenarnya isi dari dua dokumen ini sama saja. Namun, kamu bisa mendapatkan lebih banyak detail transaksi di rekening koran. Misalnya saja nama orang yang transfer ke rekeningmu.

Selain itu, kamu juga bisa meminta customer service untuk mencetak rekening koranmu dalam jangka waktu yang kamu inginkan. Hanya saja, kamu perlu merogoh kocek untuk tiap lembar rekening koran yang dicetak, guys. Tarifnya pun berbeda-beda untuk tiap bank.

Pentingnya Rekening Koran

pentingnya rekening koran Sumber : Kompas

Tidak hanya sebatas untuk mengetahui detail transaksi saja—rekening koran juga bisa kamu gunakan untuk hal-hal berikut:

1. Mengajukan visa

Rekening koran merupakan salah satu dokumen yang diperlukan ketika kamu mau mengajukan visa. Mengapa demikian?

Dengan memberitahukan rekening koran kamu, pihak imigrasi negara tujuan jadi tahu tentang kondisi finansial kamu. Dokumen ini juga bisa menjadi bukti kalau kamu memiliki cukup dana selama tinggal di negara tujuan. Maka dari itu, tak jarang pihak imigrasi suatu negara menetapkan nominal tabungan tertentu kalau kamu mau mengajukan visa.

2. Mengajukan pinjaman

Ingin mengajukan KPR, KUR, KTA, atau jenis kredit lainnya? Rekening koran juga menjadi dokumen yang biasanya disyaratkan oleh pihak kreditur.

Sama seperti saat mengajukan visa, pihak kreditur harus tahu juga bagaimana kondisi finansial pihak debiturnya (pihak yang mengajukan pinjaman).

Melalui dokumen tersebut, kreditur bisa mengetahui bagaimana kondisi finansial dari pihak debitur. Kreditur juga bisa memperkirakan apakah debitur berisiko kredit macet atau tidak.

3. Menjadi bukti hukum

Kegunaan rekening koran sebagai bukti hukum biasanya muncul ketika ada sebuah kasus. Contoh simpelnya adalah ketika penjual online tidak percaya kalau kamu sudah transfer ke rekeningnya. Nah, rekening koran bisa berfungsi sebagai bukti valid bahwa kamu sudah bayar dan berhak atas barang yang diperjualbelikan.

4. Mengaudit keuangan sebuah organisasi

Karena audit keuangan bertujuan untuk mengetahui kewajaran dan kelayakan penyajian sebuah laporan keuangan, rekening koran menjadi dokumen yang penting. Rekapitulasi transaksi masuk dan keluar bisa kamu dapatkan dari dokumen tersebut.

Bagaimana Cara Mendapatkan Rekening Koran?

cara mendapatkan rekening koran Sumber : pxhere

Setelah mengetahui definisi dan apa saja fungsi rekening koran, ada satu hal lagi, nih, yang perlu kamu tahu. Bagaimana caranya mendapatkan rekening koran?

Caranya cukup mudah, kok. Kamu tinggal pergi ke bank dan antre di customer service. Lalu, katakan saja bahwa kamu memerlukan rekening koran. Sebutkan juga jangka waktu rekening koran yang kamu inginkan, misalnya untuk tiga, enam, atau mungkin dua belas bulan.

Kamu akan diminta untuk membayar sejumlah uang yang dihitung sesuai dengan jumlah lembar rekening koran yang dicetak. Tiap bank memiliki aturan sendiri mengenai nominal biaya cetak rekening koran per lembarnya.

Biaya cetak masing-masing bank bisa kamu lihat sebagai berikut:

  • Rekening koran BNI : Rp2.500,00-Rp3.500,00/lembar
  • Rekening koran BCA : Rp2.500,00/lembar
  • Rekening koran Mandiri : Rp2.500,00-Rp5.000,00/lembar

 

Selain itu, kamu juga akan diminta untuk menunjukkan bukti kepemilikan rekening. Dokumen-dokumen yang biasanya dibutuhkan adalah:

  • Buku tabungan asli,
  • Kartu debit, dan
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).

 

Rekening koran juga bisa kamu dapatkan dengan menggunakan fitur internet banking. Biasanya, kamu bisa melihat rekening koran dari menu ‘e-Statement’ atau ‘Mutasi Rekening’ di layar internet banking kamu.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai rekening koran. Sebagai simpulan, kamu bisa mendapatkan informasi rinci perihal transaksi masuk dan keluar dari rekeningmu melalui dokumen ini. Untuk mendapatkan rekening koran, kamu perlu membayar sejumlah uang terlebih jika kamu mencetaknya di bank langsung. Akan tetapi, kamu bisa memperoleh rekening koran gratis menggunakan internet banking.

Sebagaimana rekening koran yang bisa kamu peroleh secara gratis via internet banking, kamu juga bisa transfer antarbank tanpa perlu bayar biaya admin. Bagaimana caranya? Simpel, pakai aja Flip! Dengan Flip, kamu juga bisa kirim uang ke luar negeri dengan tarif yang ringan. Tak hanya itu, kamu bisa beli pulsa, paket data, maupun bayar tagihan dengan biaya yang enteng. Yuk, download dan cobain aplikasi Flip!

Bagikan

Lainnya

Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.5

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan Ketentuan

Hubungi Flip

Layanan Pengguna

+62 21 - 30002424

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2022 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi