mural
homeforward
Apa Itu BI Fast? Kenali Tujuan, Manfaat, dan Bedanya dengan Realtime Online

Apa Itu BI Fast? Kenali Tujuan, Manfaat, dan Bedanya dengan Realtime Online

Transaksi finansial perbankan menjadi kegiatan rutin di era modern yang banyak dilakukan orang, mulai dari menarik uang tunai di mesin ATM, membayar tagihan, hingga transfer dari ponsel. Agar masyarakat lebih nyaman dalam bertransaksi, dunia perbankan terus melakukan berbagai inovasi. Salah satunya adalah adanya realtime online dan BI Fast. Kedua transaksi ini kerap dibilang sama, padahal sebenarnya tidak. 

BI Fast sendiri memang bisa dibilang resmi dikenalkan oleh Bank Indonesia (BI) sekitar akhir 2021. Sebelum adanya layanan ini, masyarakat lebih sering memakai real time online untuk bertransaksi. Baik BI Fast maupun realtime online bisa dibilang mirip dan menjadi pendukung transaksi yang efisien dan aman. 

Baca juga: Ternyata Ini Bedanya BI Fast BCA dan Real-time Online!

Pengertian BI Fast 

Secara sederhana, BI Fast adalah suatu infrastruktur metode transaksi ritel di lingkup nasional yang memberikan transaksi ritel lebih efisien, aman, langsung, dan pastinya tersedia kapan saja. Penggunaan BI Fast sendiri dimulai pada Desember 2021 lalu secara bertahap. Prioritas penerapan dari sistem transaksi ini adalah transfer kredit secara individu. Selanjutnya, sistem BI Fast akan terus dikembangkan sesuai dengan aturan dan pedoman langsung dari Bank Indonesia. 

Bisa dikatakan, BI Fast adalah pembaruan dari Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia atau SKNBI yang belum mampu memenuhi semua kebutuhan masyarakat. Harapannya, transfer secara debit maupun kredit SKNBI akan beralih ke BI Fast dengan pertimbangan kesiapan industri secara bertahap. 

Tujuan BI Fast 

Secara umum, BI Fast sebagai sistem transaksi retail nasional memiliki tiga tujuan utama, yaitu: 

  • Tujuan BI Fast adalah menunjang integrasi industri sistem transaksi nasional sekaligus konsolidasi ekonomi keuangan sektor digital secara end-to-end. 
  • Merupakan bentuk dukungan nasional yang sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia atau PBI. 
  • Sejalan dengan arah garis haluan Bank Indonesia di masa depan. Ini termasuk dalam stabilitas finansial, moneter, dan cara pembayaran guna menunjang terciptanya ekosistem yang saling berintegrasi (integrated), dapat dioperasikan (interoperable), dan saling terkoneksi (interconnected). 

Manfaat BI Fast 

Implementasi BI Fast untuk transaksi retail menawarkan beberapa manfaat, di antaranya: 

  1. Transaksi secara real time 24/7. Ini artinya, kamu bisa bertransaksi di mana saja setiap saat. 
  2. Manfaat lainnya dari BI Fast adalah melayani banyak kanal dan instrumen transaksi secara lengkap. 
  3. Telah didukung dengan adanya fitur Anti-Money Laundering (AML), Countering Financing of Terrorism (CFT), dan Fraud Detection untuk memastikan bahwa transaksi yang kamu lakukan tetap aman. 
  4. Tersedia fitur Proxy Address yang menjadi pilihan lain nomor rekening yang pastinya makin membuat transaksi jauh lebih efektif dan efisien. 

Perbedaan BI Fast dengan Real Time Online 

Apa Itu BI Fast

Sumber : Unsplash 

Jika diartikan secara sederhana, Real Time Online atau RTO merupakan semua bentuk transaksi yang kamu lakukan baik melalui mobile banking, internet banking, maupun ATM. RTO sendiri mengacu pada waktu transaksi yang dibutuhkan setiap nasabah saat transaksi, baik transfer ke rekening lain atau membayar di marketplace. Transaksi melalui RTO dapat kamu lakukan setiap saat tanpa harus datang ke kantor cabang. 

Tak hanya dapat mentransfer dan menerima uang lebih cepat di hari yang sama, RTO juga akan langsung mencatat semua transaksi yang tersimpan dalam data center. Baik RTO maupun BI Fast sama unggulnya dalam kecepatan bertransaksi dan dapat dipakai kapan saja. Lalu, apa yang menjadi pembeda antara dua sistem transaksi tersebut? Berikut di antaranya: 

1. Biaya Transaksi. 

Transfer antarbank akan dikenai biaya Rp6.500 dengan RTO. Namun, biaya yang dibebankan untuk transfer antarbank dengan BI Fast adalah Rp2.500 saja. 

2. Jumlah Transaksi. 

Nominal transaksi dengan RTO maksimal sebesar Rp25 juta untuk satu transaksi. Sementara itu, kamu bisa transfer hingga Rp250 juta untuk satu transaksi dengan menggunakan BI Fast. 

3. Fitur yang ditawarkan. 

BI Fast telah didukung dengan fitur Proxy Address yang membuat nasabah tetap dapat bertransaksi tanpa harus memakai nomor rekening. Sebagai gantinya, kamu hanya perlu alamat email atau nomor ponsel.

Perbedaan BI Fast dengan RTGS dan SKNBI 

Selain Real Time Online, BI Fast juga punya beberapa perbedaan dengan layanan transaksi lainnya, termasuk SKNBI dan Real Time Gross Settlement atau RTGS, di antaranya: 

Waktu Layanan 

BI Fast melayani transaksi keuangan setiap saat selama 24/7. Sementara itu, bertransaksi dengan SKNBI dan RTGS memiliki waktu operasional yang terbatas, yaitu mulai pukul 06.30 sampai 16.30 WIB. 

Waktu Transaksi

Perbedaan lainnya antara transaksi SKNBI dan RTGS dengan BI Fast adalah waktu transaksi. BI Fast akan langsung memproses transaksi yang dilakukan, sedangkan SKNBI dan RTGS membutuhkan waktu 2 hingga 3 hari kerja. 

Kanal Transaksi

SKNBI dan RTGS hanya dapat diakses dari kantor cabang bank, internet banking atau mobile banking. Sementara itu, BI Fast juga melayani transaksi yang dilakukan melalui mesin EDC, ATM, dan kode QR. 

Instrumen Transaksi

RTGS hanya memberikan layanan pembayaran transfer kredit, sedangkan SKNBI melayani pembayaran transfer debit dan kredit. Hal ini berbeda dengan BI Fast yang melayani pembayaran transfer debit dan krediT, bahkan juga berencana untuk melayani dengan uang elektronik, debet atau kartu ATM dan kredit, termasuk virtual. Itu tadi informasi tentang BI Fast dan perbedaannya dengan sistem transaksi lainnya, termasuk RTO, SKNBI, dan RTGS. 

Baca juga: Hemat dan Praktis, Begini Cara Transfer BI Fast BNI

Namun, kemudahan transaksi sekarang juga bisa kamu dapatkan melalui aplikasi Flip. Sebab, kamu tak harus membayar biaya admin* jika ingin transfer uang ke rekening bank lain dengan Flip. Tak hanya itu, aplikasi Flip juga melayani transfer uang ke luar negeri, membeli produk digital (seperti pembelian token dan pembayaran listrik pascabayar, serta pembelian pulsa dan paket internet), dan melakukan top up dompet elektronik (mulai dari GoPay, ShopeePay, OVO, LinkAja, hingga Dana). 

Bahkan, untuk kamu yang menggeluti bidang bisnis alias wirausaha, transaksi transfer atau terima uang baik dari rekening domestik maupun internasional jauh lebih mudah dengan layanan Flip for Business. Tunggu apa lagi, yuk pakai aplikasi Flip dan rasakan kemudahan di setiap transaksi!

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi