flip for business logoburger menu
mural
homeforward
6 Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia yang Efisien

6 Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia yang Efisien

Orang menjadi komponen yang paling penting dalam bisnis, baik itu karyawan, pelanggan, penjual, ataupun mereka yang memproduksi suatu layanan atau jasa. Oleh karena itu, pengelolaan sumber daya manusia yang efektif adalah hal paling krusial yang perlu dipikirkan para pemilik bisnis. Tanpa adanya sumber daya manusia, bisnis Anda mungkin tidak akan bisa berjalan.

Secara umum, mengelola sumber daya manusia dalam perusahaan adalah pendekatan strategis untuk memelihara dan mendukung karyawan, serta memastikan lingkungan kerja yang positif. 

Fungsi serta tujuan pengembangan SDM juga dapat berbeda, tergantung pada bisnis atau industri yang digeluti. Akan tetapi, hal itu biasanya mencakup proses perekrutan, pelatihan dan pengembangan skill, serta upaya membangun hubungan yang baik antara karyawan dengan karyawan atau karyawan dengan perusahaan.

Lalu, langkah apa yang bisa dilakukan untuk mendukung perencanaan SDM yang lebih efisien? Simak 6 strategi berikut ini!

Pahami Skill Apa Saja yang Dibutuhkan oleh Perusahaan

Setiap perusahaan membutuhkan sumber daya manusia dengan skill yang berbeda-beda. Karena itu, Anda harus memahami betul apa saja skill tersebut agar bisa menemukan kandidat yang paling sesuai. Mengapa?

Ketika perusahaan mempekerjakan orang yang tepat, ini bisa berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan. Ini juga bisa membantu perusahaan mengurangi kebutuhan lebih banyak karyawan. Ingat, memilih karyawan yang hebat adalah sebuah investasi yang berharga untuk memastikan pertumbuhan bisnis di masa mendatang.

Pimpin dan Arahkan Tim dengan Baik

Setelah Anda memiliki karyawan yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan, saatnya memastikan bahwa mereka dapat bekerja sesuai dengan SOP yang berlaku. Pastikan semua orang memahami tentang setiap proyek atau pekerjaan yang dilakukan. 

Setiap orang juga wajib tahu peran mereka dalam setiap pekerjaan dan memiliki jadwal serta tugas yang dialokasikan untuk memainkan peran mereka secara optimal. Ketika semua orang tahu posisi masing-masing, mereka tentunya akan bisa menyelesaikan tugas secara efisien.

Bersikap Transparan dan Mampu Menjaga Rahasia di Waktu yang Tepat

Perusahaan yang baik tahu kapan waktunya untuk bersikap transparan dan kapan harus menjaga rahasia dengan karyawannya. Semua orang di perusahaan pasti ingin tahu apa yang terjadi di dalam perusahaan, dan mereka pun berhak tahu setidaknya tentang gambaran secara umum perihal masalah tersebut.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk secara teratur berkomunikasi dengan seluruh karyawan. Ini bisa dilakukan dengan menggelar rapat langsung, pemberitahuan lewat email, buletin, dan lain sebagainya. Pernyataan yang tidak jelas cenderung akan menimbulkan rasa tidak percaya terhadap arah bisnis.

Di sisi lain, Anda juga perlu mempertimbangkan kerahasiaan dengan mengadakan pertemuan pribadi, misalnya saat ingin membahas masalah pribadi karyawan atau kritikan terkait kinerjanya. Percayalah, tidak peduli seberapa positif atau negatif berita yang akan mereka dengar, karyawan akan sangat menghargai kebijaksanaan Anda. Selain itu, kehati-hatian seperti ini akan meningkatkan reputasi Anda sebagai seorang pemimpin yang bisa dipercaya dan dihormati.

Beri Kesempatan pada SDM Perusahaan untuk Bisa Berkembang

Pengelolaan sumber daya manusia yang baik juga bisa diwujudkan dengan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mencapai potensi optimal mereka. Ketika karyawan ditawari kesempatan untuk belajar lewat pelatihan atau workshop, ini akan menumbuhkan kreativitas, keterampilan, serta meningkatkan kemandirian mereka.

Memberikan pelatihan tidak hanya akan menguntungkan Anda karena kompetensi karyawan yang meningkat. Reputasi perusahaan juga akan turut terdongkrak karena ini memberikan kesan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang fair dan senantiasa memberikan kesempatan bagi para karyawannya untuk ikut tumbuh bersama perusahaan.

Berikan Apresiasi dan Rewards

Coba bayangkan jika diri Anda sudah melakukan sesuatu dengan sepenuh hati, tetapi ternyata tidak diberi apresiasi apapun, terlepas dari fakta bahwa pekerjaan Anda sudah memenuhi standar. Apakah di masa depan, Anda tetap ingin melakukan hal lain dengan upaya yang sama kerasnya? Apakah Anda akan merasakan antusiasme yang sama, tanpa adanya pujian dari atasan? Tentu tidak, bukan?

Penghargaan sekecil apapun, itu perlu diberikan kepada karyawan. Identifikasi karyawan yang bekerja keras dan bekerja dengan baik. Hargai upaya mereka secara terbuka, dan kemudian berikan penghargaan kepada mereka dengan insentif yang tepat. Ini tentunya bisa membantu mereka menjaga semangat kerja tetap menyala.

Gunakan Aplikasi/Tools yang Bisa Memudahkan Pekerjaan

Mengelola sumber daya manusia, terutama dalam jumlah yang banyak, bukanlah pekerjaan mudah. Karena itu, staf HR membutuhkan bantuan berupa tools atau software yang akan memudahkan mereka dalam melakukan pekerjaan administratif.

Software ini sebaiknya sudah terintegrasi agar pengelolaan data karyawan bisa dilakukan dengan cepat, akurat dan mudah. Semua perusahaan sebaiknya memilikinya karena akan membantu meningkatkan produktivitas. Beberapa contoh tools yang akan memudahkan proses pengelolaan sumber daya manusia antara lain adalah:

Kamus kompetensi skill

Kamus kompetensi skill akan memudahkan Anda untuk mengetahui setiap posisi atau jabatan termasuk kompetensi dan kemampuan yang dibutuhkan

Buku panduan SOP

Buku panduan SOP atau Standard Operational Procedure wajib dimiliki oleh staf HR untuk memastikan semua kegiatan operasional berjalan baik dan sesuai dengan standar yang berlaku

Survei kepuasan karyawan

Ini merupakan alat yang bisa digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan karyawan selama mereka bekerja di perusahaan. Semakin baik tingkat kepuasan karyawan, maka akan semakin tinggi produktivitas dan loyalitas mereka kepada perusahaan

Salary grade dan skala kompensasi

Dengan jumlah karyawan yang banyak, membuat struktur penggajian yang sesuai mungkin akan menjadi beban tersendiri. Untungnya sekarang ada banyak tools yang bisa memudahkan tugas ini sehingga HRD bisa dengan mudah membuat tingkatan gaji dan skala kompensasi. Umumnya tools ini juga sudah terhubung dengan tools payroll sehingga proses pengelolaan gaji mulai dari penghitungan sampai pengiriman bisa dilakukan secara detail dan akurat

Mesin absensi

Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan sistem kerja hybrid (menggabungkan antara WFH dengan WFO). Dengan menggunakan tools absensi, perusahaan akan lebih mudah mengontrol jam kehadiran serta aktivitas karyawan tidak hanya bagi mereka yang bekerja di kantor, tapi juga karyawan yang bekerja dari rumah.

Jika tools HR yang tepat bisa membantu dalam proses pengelolaan sumber daya manusia yang efisien, maka Flip for Business adalah solusi yang bisa membantu pengelolaan pembayaran perusahaan Anda. 

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

Β© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi