flip for business logoburger menu
mural
homeforward
7 Software Manajemen Transaksi untuk Memudahkan Bisnis UMKM

7 Software Manajemen Transaksi untuk Memudahkan Bisnis UMKM

Sebagai salah satu bisnis yang berkembang pesat, UMKM membutuhkan software manajemen transaksi untuk memudahkan aktivitasnya. Dengan software tersebut UMKM juga dapat memantau aliran dana, data pelanggan, serta stok barang. Selain itu, software tersebut membantu mengurangi human error saat mengelola UMKM.

Sebagai referensi, berikut ini ada tujuh software transaksi yang bisa digunakan oleh UMKM Anda. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

1. Qasir

Untuk kebutuhan kasir di UMKM, Qasir menyediakan fitur gratis dan versi pro. Jika ingin menggunakan versi pro, Anda harus membayar biaya berlangganan. Meski berbayar, versi ini menawarkan fitur lengkap. Salah satu fiturnya, yakni bebas menentukan cara memantau laporan usaha.

Sementara itu, fitur-fitur standar yang terdapat pada Qasir versi gratis dan berbayar, antara lain Kasbon dan scan barcode. Fitur Kasbon biasanya digunakan saat pelanggan memilih membayar produk dengan sistem tempo. Nantinya, data pembayaran pelanggan disimpan secara digital sehingga tidak mudah hilang atau rusak.

2. Google Drive

79-2 Dignited.png

Catatan manual Anda sering hilang, sobek, atau terbawa oleh staf? Tenang saja; kini ada Google Drive yang siap membantu menyimpan, mencadangkannya, serta membagikan file. Tentunya semua proses tersebut dilakukan secara digital dan memiliki akses terbatas. 

Untuk kapasitas penyimpanan data, Google Drive menyediakan 15 GB yang bisa diakses secara gratis. Jika Anda ingin menyimpan lebih dari jumlah tersebut, dapat menggunakan versi berbayar.

Google Drive versi berbayar terdiri dari paket dasar, standar, dan premium. Paket dasar menyediakan 100 GB dengan biaya Rp269.000 per tahun. Sementara itu, paket standar menawarkan 200 GB seharga Rp430.000 per tahun. Terakhir adalah paket premium 2 TB yang biaya berlangganannya Rp1.350.000 per tahun.

3. Trello

79-3 trello.png

Trello merupakan platform kolaborasi untuk mengatur berbagai proyek dalam satu tempat. Melalui Trello, Anda dan tim bisa saling melihat proyek yang sedang dikerjakan dan tahapan pengerjaan. Selain itu, Anda juga dapat memantau penanggung jawab pekerjaan tersebut.

Untuk memudahkan pengaturan pekerjaan, Trello menawarkan empat fitur unggulan. Fitur pertama adalah Boards yang digunakan sebagai penanda pekerjaan saat ini. Anda bisa mengganti tema Boards sesuai dengan jenis proyeknya. 

Ada juga fitur List untuk membuat daftar tahapan kerja supaya proyek cepat selesai. Sebagai media memasukkan tugas yang akan dikerjakan, Anda dapat menggunakan fitur Card. Selain itu, terdapat fitur Menu untuk mengatur Boards, anggota tim, filter Cards, dan melihat aktivitas anggota aktif.

4. Slack

79- 4 slack.jpg

Anda membutuhkan aplikasi pendukung komunikasi tim UMKM? Slack merupakan salah satu solusi media komunikasi yang memiliki banyak fungsi. Mulai dari mengirim pesan, berbagi dokumen, hingga mengobrol dalam grup tertentu. 

Untuk memudahkan pengguna, Slack disediakan dalam versi gratis dan berbayar. Jika menggunakan versi berbayar, Anda bisa menyimpan lebih dari 10.000 pesan baru. Selain itu, Anda dapat menambahkan beberapa anggota ke saluran Slack.

Namun, Slack mempunyai kelemahan, yakni tampilannya kurang sederhana atau compact. Slack juga tidak memiliki keteraturan messaging dan bersifat adiktif. Dari sisi fitur obrolan, penggunaan Slack dapat memicu percakapan dangkal antaranggota grup.

Sementara keunggulannya, Slack dapat diunduh dan dipasang di berbagai sistem operasi, seperti Mac, Android, Linux, dan Windows. Anda juga bisa melakukan penelusuran riwayat di Slack serta mengatur channel menjadi privat atau publik. Selain itu, Slack mudah terhubung dengan perangkat dan layanan lain dan mendukung dokumen kolaboratif.

5. Bitrix24

79-5 bitrix24.jpg

Fungsi utama Bitrix24 adalah sebagai ruang kerja online. Aplikasi ini dilengkapi kolaborasi online, alat komunikasi, dan manajemen proyek. Dengan demikian, Anda dapat mengundang kolega atau relasi bisnis untuk masuk dalam Bitrix24.

Untuk memaksimalkan fungsi Bitrix24, beberapa fitur terus dikembangkan. Fitur pertama adalah Email Web yang memudahkan pengguna mengirim pesan elektronik ke beberapa akun. Kerennya, Anda bisa mengubah email menjadi tugas serta membuat urutan secara otomatis.

Bitrix24 juga menyediakan fitur toko online untuk barang maupun jasa. Untuk Anda yang ingin membagikan tugas secara otomatis, Bitrix24 menyediakan fiturnya. Melalui ini, pengguna pun bisa melacak notifikasi dari pemberi tugas dan pembaruan tenggat waktu pengerjaan.

Selain kedua fitur tersebut, Bitrix24 menawarkan kemudahan mengatur jadwal pertemuan, melacak biaya, dan memetakan ide. Kerennya, semua fitur juga dapat diakses melalui seluler dengan antarmuka ramah pengguna.

6. Asana

79-6 wavebox.png

Asana merupakan aplikasi untuk mengelola proyek, tugas, dan alur pekerjaan tim yang cara kerjanya mirip Bitrix24. Namun, Asana memiliki tampilan lebih sederhana sehingga mudah dipahami oleh pemula.

Untuk memudahkan pembuatan proyek, Asana menyediakan 50 pilihan template. Anda dapat menyesuaikan template berdasarkan kebutuhan tim. Selain itu, Asana bisa diintegrasikan dengan aplikasi penunjang kerja lain, seperti Gmail, Slack, dan Jira Cloud. 

7. Flip for Business

79-7 flip.png

Anda ingin melakukan transaksi keuangan dengan mudah dan cepat? Flip for Business adalah aplikasi terbaik yang memudahkan semua transaksi perusahaan Anda. Flip for Business ini cocok untuk perusahaan berbentuk CV, PT, Firma, yayasan, maupun UMKM.

Layanan Flip untuk perusahaan ini menawarkan fitur pengiriman uang ke dalam negeri dan ke lebih dari 50 negara.

Fitur dari Flip for Business adalah layanan transfer ke banyak rekening tujuan dalam satu kali pengiriman. Kerennya, pengguna tidak perlu memasukkan nomor rekening satu per satu. Anda hanya membutuhkan data pada Excel untuk mengirim sekaligus. 

Jika masih ragu, Anda dapat mencoba layanan Money Transfer dan International Transfer di Flip for Business. Layanan ini dapat digunakan secara real time dengan syarat dan ketentuan khusus.

Demikian pembahasan seputar software manajemen transaksi yang harus dimiliki oleh UMKM. Dengan software tersebut, tentunya pekerjaan Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Ketika pekerjaan efektif dan efisien, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan UMKM. Tunggu apa lagi? Lengkapi UMKM dengan software terbaik!

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi