Tutorial | 26 Juni 2023
Oleh : Sarah Silvia
Pamor keranjang kuning lagi naik, banyak konsumen mulai melirik TikTok Shop sebagai tempat belanja online. Jika kamu ingin meningkatkan angka penjualan supaya tetap moncer, memahami panduan TikTok Seller Shop jadi langkah terpenting.
Pasalnya, media sosial satu ini menawarkan cara berjualan yang berbeda dibandingkan platform sejenis. Jika kamu berencana membuka TikTok Store, kamu datang ke tempat tepat. Panduan berikut akan menjelaskan bagaimana cara daftar TikTok Shop hingga tips meningkatkan penjualan agar moncer terus.
Sumber : Envato
TikTok Shop adalah fitur social commerce yang membantu pengguna serta kreator mempromosikan maupun menjual produk lewat platform TikTok. Saat ini fitur tersebut dapat diakses oleh pengguna akun TikTok Business.
TikTok Shop hadir sejak September 2021 dan makin populer dari waktu ke waktu. Keberadaan TikTok Shop merespons peningkatan penjualan produk yang terjadi usai berpromosi di TikTok.
Social commerce ini layak disebut sebagai tempat belanja generasi Z, yang memang menjadi target konsumen TikTok Shop. Dilansir dari Deseret News, survei Adweek-Morning Consult menyebutkan 49% pengguna TikTok cenderung membeli produk usai menonton ulasan, promosi, atau iklan di TikTok.
Bahkan, akun aktif TikTok milik Gen Z mencapai angka 71%, luar biasa! Terbayang kan betapa besarnya potensi penjualan di platform yang diam-diam menyalip popularitas media sosial utama, seperti Facebook dan Instagram.
Sumber : Envato
Membuka TikTok Shop berarti kamu harus menyiapkan berbagai konten video sebagai promosi. Namun, kamu wajib mematuhi persyaratan TikTok Seller Shop agar bisa mulus membuka TikTok store. Beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain:
Sumber : Envato
Lalu, bagaimana cara daftar TikTok Shop? Mudah kok, kamu cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Bagi TikTok Seller Shop pemula, boleh jadi kamu kebingungan, bagaimana sih menaikkan angka viewers video atau menambah jumlah followers? Logikanya, makin banyak video ditonton, makin tinggi juga awareness pengguna TikTok atas produk kamu. Tentu ini bakal berdampak pada peningkatan penjualan.
Namun, meningkatkan penjualan TikTok Shop bukan perkara mudah. Sering TikTok live pun tidak serta merta mendongkrak angka penjualan produk. Maka, coba lakukan beberapa tips berikut ini.
Katalog produk ibarat etalase TikTok Store milikmu. Optimalkan keberadaan tab TikTok Shop untuk menggaet lebih banyak pelanggan.
Misalnya, pakai foto produk dengan gaya tertentu sehingga menjadi ciri khas tokomu yang konsisten di semua platform pemasaran. Cek lagi kualitas gambar, penulisan nama produk, serta informasi dasar produk. Pastikan deskripsi ditulis detail dan sesuai kondisi produk sebenarnya.
Sudah nggak zaman menunggu calon konsumen mencari tab TikTok Shop di akun milikmu. Jangan ragu untuk mempromosikan TikTok Shop kamu di media sosial lain. Sebaiknya, siapkan beberapa konten video yang mengarahkan calon konsumen datang ke akunmu langsung.
Katalog sudah komplit, ini waktunya promosikan produkmu sendiri saat buat konten di TikTok. Kamu bisa menyertakan link produk pada posting-an sehingga konsumen bisa langsung memasukkannya ke keranjang kuning.
Lalu, buat konten bervariasi meski masih mengarahkan pada produk serupa. Misalnya, produk yang kamu jual adalah set cat air. Variasikan konten dengan melukis objek berbeda atau mengulas keunggulan cat air tersebut.
Masih bingung saat harus mengelola TikTok Seller Shop sambil membuat konten promosi? Serahkan saja pada mereka yang berpengalaman, misalnya influencer.
Kamu bisa menggandeng influencer untuk membuat konten video yang menjangkau calon konsumen baru. Tentu cari influencer yang sejalan dengan citra brand kamu dan tahu betul arahan kreatif seperti apa yang perlu disiapkan.
Berbeda dengan social commerce lain, TikTok menawarkan beberapa format iklan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. TikTok Ads relatif menjanjikan dan bekerja efektif mendongkrak followers maupun jumlah viewers. Misalnya, TopView Ads akan muncul sepanjang 5 detik setelah aplikasi dibuka.
Lalu, ada In-Feed Ads, mirip iklan pada feed Instagram yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan video iklan tersebut. Ada juga Brand Takeover Ads dengan dampak visual ekstra dibandingkan TopView Ads, serta Branded Hashtag Challenge yang mendorong partisipasi pengguna untuk mengkreasikan konten bertema tertentu.
Masing-masing TikTok Ads menawarkan kelebihan berbeda. Kamu dapat mencoba fitur ini untuk memperluas jangkauan promosi sekaligus meningkatkan angka konversi iklan.
Demikian panduan lengkap TikTok Seller Shop yang bisa kamu ikuti demi memastikan angka penjualan terus moncer. Semoga informasi di atas membantu kamu dalam pengembangan bisnis lewat TikTok Shop. Selamat mencoba!
Untuk transaksi bisnis yang lebih mudah, cepat, dan efisien, pakai Flip for Business sebagai solusi satu pintu berbagai transaksi bisnis Anda. Mulai dari menerima pembayaran, mengirimkan uang, hingga transfer ke luar negeri dengan biaya 50% lebih terjangkau daripada layanan sejenis. Bahkan, Anda juga bisa transfer ke 20 ribu rekening sekaligus dalam hitungan menit saja. Ayo, nikmati kemudahan bertransaksi bisnis dengan Flip for Business!
Bagikan