flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Mengenal ChatGPT dan Manfaatnya untuk Pengembangan Bisnis

Mengenal ChatGPT dan Manfaatnya untuk Pengembangan Bisnis

Banyak manfaat positif yang bisa kita dapatkan dari perkembangan dunia digital yang kian pesat. Salah satunya adalah membantu pengembangan bisnis. Beragam teknologi hadir dan membuat Anda bisa mengelola bisnis dengan lebih efisien. Salah satu teknologi yang sering digunakan dalam beberapa bulan terakhir adalah ChatGPT. Jika tertarik menggunakan teknologi ini dalam bisnis, yuk kenalan lebih dekat dan ketahui apa saja manfaatnya. 

Apa Itu ChatGPT

depositphotos_634549688-stock-photo-chatgpt-computer-chat-gpt-artificial.jpg

Sumber : Deposit Photos

Generative Pre-training Transformer atau ChatGPT merupakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) berupa produksi bahasa yang mampu melakukan percakapan layaknya manusia. Produk bahasa yang dihasilkan oleh teknologi ini dapat membantu Anda mengerjakan berbagai dengan tugas digital, seperti menulis email, esai, dan kode untuk program.

ChatGPT sendiri dibuat oleh sebuah AI dan perusahaan penelitian OpenAI dan diluncurkan pada 30 November 2022. Sejak kehadirannya, teknologi ini menarik perhatian banyak orang karena mampu menyelesaikan tugas dalam waktu singkat. 

Menurut hasil analisis bank Swiss UBSaplikasi ini memilliki pertumbuhan tercepat sepanjang masa. Bahkan fitur ini memiliki 100 juta pengguna aktif dua bulan setelah peluncurannya. Ini jauh lebih cepat dari platform media sosial populer, TikTok, yang ternyata membutuhkan waktu sembilan bulan untuk digunakan 100 juta pengguna.

Jika dilihat sekilas, teknologi baru ini sering dianggap sama dengan mesin pencari seperti Google. Namun, nyatanya kedua sangat berbeda. Bila ChatGPT bisa melakukan percakapan dengan konsumen, maka mesin pencari mengindeks halaman website di internet sehingga membantu para pengguna internet menemukan informasi yang mereka minta.

 

Untuk mengakses teknologi tersebut, Anda bisa mengunjungi laman  chat.openai.com  dan membuat akun OpenAI. Setelah masuk, mulailah obrolan dengan teknologi ini dan ajukan pertanyaan. Aplikasi pun akan secara otomatis memberikan jawaban. Karena masih dalam tahap penelitian oleh perusahaan, ChatGPT bisa digunakan secara gratis untuk mengajukan pertanyaan sebanyak yang Anda inginkan. 
 

Manfaat Chat GPT Dalam Bisnis

Is-There-a-Chat-GPT-App-for-iPhone.jpg

Sumber : Nesabamedia

 

Mempelajari ChatGPT dalam pengembangan bisnis Anda merupakan suatu keharusan di era digital ini. Generator bahasa bertenaga AI dapat mengakses basis data informasi yang sangat luas untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Berikut manfaat yang bisa dirasakan oleh para pemilik bisnis. 

 

1. Membantu Membuat Konten Marketing 

Konten marketing merupakan salah satu hal paling penting dalam pemasaran sebuah bisnis. Namun sayangnya, dengan keterbatasan dana, Anda tidak memiliki cukup uang untuk menyewa pembuat konten marketing profesional. Dengan kehadiran ChatGPT maka semuanya berubah. Tak perlu repot menyewa karyawan baru untuk hal ini karena pembuatan konten bisa dibantu. 

Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk membuat buletin email, kampanye, dan postingan media sosial untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan. Anda juga dapat meminta sumber informasi dan ide konten kepada ChatGPT terutama untuk penulisan artikel promosi di blog. Meskipun teknologi ini dapat menyediakan informasi menulis konten dengan format yang panjang, namun jangan lupa lakukan pemeriksaan fakta dan mengeditnya menjadi tulisan yang lebih layak dibaca. 

Untuk mulai menggunakan fitur ini, daftar akun dan ajukan beberapa pertanyaan kepada chatbot sebagai pemanasan. Setelah itu, Anda bisa mempelajari bagaimana cara membuat konten blog, serta apa yang harus diperhatikan saat menggunakan salinan kalimat yang diproduksi oleh AI

2. Peningkatan layanan konsumen

Layanan konsumen atau customer service merupakan salah satu bagian penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Para penjual tentu tidak ingin bisnis yang mereka jalankan mendapatkan ulasan buruk dari pelanggan hanya karena ada perlakuan karyawan yang tidak becus. 

Bagi perusahaan kecil yang belum memiliki banyak dana, maka berinvestasi di teknologi ChatGPT sangat membantu. Teknologi terbaru ini bahkan mampu membalas pertanyaan pelanggan dengan bahasa yang terdengar alami. Jadi Anda tidak perlu memiliki karyawan yang terlalu banyak. 

Teknologi ini dapat menjawab keluhan pelanggan, pencarian situs website produk, dan pertanyaan terkait produk. Cukup tuliskan pertanyaan pelanggan ke kolom chat dan mintalah tanggapan. Selain itu, teknologi ini pun bisa integrasikan ke akun media sosial untuk membalas pertanyaan pengguna secara real time

3. Menghemat waktu kerja

Manfaat paling signifikan dari ChatGPT adalah mengotomatiskan berbagai tugas dan membantu pengguna mendapatkan data yang dibutuhkan secara cepat. Misalnya, jika perusahaan Anda bergerak di bidan pengembang website, maka Anda mungkin harus menulis ratusan baris kode untuk membuat situs web. 

Menulis kode itu secara manual tentu akan menghabiskan banyak waktu. Namun, jika tugas yang sama dilakukan oleh aplikasi percakapan AI ini, maka penulisan kode pun bisa berlangsung dengan cepat. 

Setelah mendapatkannya, Anda dapat memodifikasi kode tersebut  sesuai dengan kebutuhan. Kemudahan yang sama juga dapat dirasakan oleh para penulis konten. ChatGPT akan memberikan informasi dalam waktu singkat. Setelah itu, tulisan bisa dengan mudah diolah sesuai dengan tuntutan SEO agar berada di laman teratas mesin pencari. 

4. Menganalisis kompetitor

ChatGPT dapat membantu Anda menganalisis pesaing usaha Anda dengan mengumpulkan data yang tersedia secara publik. Hal ini penting untuk menentukan kekuatan dan kelemahan kompetitor agar perusahaan bisa menyusun strategi yang tepat. 

Karena memiliki banyak manfaat, maksimalkanlah potensi teknologi percakapan digital ini untuk perkembangan bisnis Anda. Gunakanlah ChatGPT Plus, aplikasi berbayar dengan fitur yang lebih lengkap. 

Agar layanan bisnis tetap prima, sudah saatnya Anda beralih menggunakan Flip for Business. Fitur dari Flip ini sudah dilengkapi dengan teknologi otomasi dan proses real time untuk setiap transaksi. Ini dimaksudkan untuk mencegah kesalahan transfer dan merugikan perusahaan. 

Dua fitur utama yang ditawarkan adalah Money Transfer, dimana dana yang dikirimkan atau diterima bisa berlangsung dalam waktu singkat. Fitur baru yakni International Transfer, memudahkan pengguna Flip for Business bisa melakukan pengiriman dana ke luar negeri. 

Tunggu apalagi, mulailah perjalanan baru manajemen transaksi bisnis Anda dengan lebih cepat, mudah dan aman bersama Flip for Business.

Flip for Business in general.png
 

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi