flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Manfaat Menggunakan Manajemen Transaksi di Industri Perbankan

Manfaat Menggunakan Manajemen Transaksi di Industri Perbankan

Transaksi perbankan saat ini menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari. Oleh karenanya, perusahaan yang berkecimpung di industri perbankan harus mampu menghadirkan kemudahan bertransaksi bagi para nasabah. Berkaitan dengan hal tersebut, Anda harus memahami apa itu manajemen transaksi dan manfaatnya dalam industri perbankan. 

Pengertian Manajemen Transaksi

Manajemen transaksi merupakan serangkaian proses yang berkaitan dengan pengelolaan berbagai jenis transaksi perbankan. Dalam kesehariannya, pebisnis di sektor perbankan bakal melayani berbagai jenis transaksi, termasuk di antaranya adalah pembayaran, pengiriman uang, kliring, mutasi rekening, dan lain sebagainya. 

Untuk meningkatkan efisiensi pelayanan transaksi para nasabah, para pelaku bisnis di sektor perbankan memanfaatkan teknologi canggih untuk membantu proses manajemen transaksi. Lewat teknologi, para nasabah bisa melakukan transaksi secara lebih praktis, menggunakan mobile banking atau internet banking

Manfaat Manajemen Transaksi di Sektor Perbankan

Lewat penerapan sistem manajemen transaksi perbankan yang berbasis digital, perusahaan bisa memperoleh berbagai manfaat, yaitu: 

1. Peningkatan Efisiensi dan Akurasi Layanan

Sistem manajemen transaksi yang canggih bisa membantu perusahaan dalam memberikan pelayanan yang efisien. Hal itu tidak lepas dari implementasi sistem yang membuat pemrosesan setiap transaksi perbankan berlangsung lancar. Selain itu, keberadaan sistem juga membantu dalam meminimalkan kesalahan pemrosesan transaksi. 

2. Tingkat Keamanan yang Lebih Baik

Implementasi manajemen perbankan yang canggih memberi keuntungan lain berkaitan dengan keamanan data para nasabah. Penerapannya dapat memberi perlindungan terhadap praktik penipuan dan data breach. 

3. Mendorong Angka Kepuasan Para Pelanggan

Pemanfaatan teknologi canggih dalam manajemen transaksi perbankan membuat kualitas layanan kepada para nasabah berjalan lebih baik. Oleh karena itu, tidak heran kalau tingkat kepuasan pelanggan mengalami peningkatan secara tajam. 

4. Menekan Pengeluaran

Manfaat terakhir dan tidak kalah penting berkaitan dengan beban pengeluaran perusahaan. Dalam sistem pengelolaan transaksi konvensional, perusahaan perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian dokumen untuk penanganan berbagai jenis berkas transaksi. 

Situasinya akan jauh berbeda ketika perusahaan memutuskan untuk menggunakan manajemen transaksi berbasis digital. Perusahaan tidak perlu lagi mengalokasikan anggaran secara khusus untuk pemrosesan transaksi yang menggunakan kertas. 

5. Bagian dari Proses Transformasi Digital Bisnis

Penggunaan sistem berbasis digital berkaitan dengan pemrosesan transaksi perbankan merupakan bagian dari upaya transformasi digital bisnis. Kebijakan dalam menjalankan transformasi digital merupakan aspek penting dalam meraih kesuksesan di era modern. 

Apalagi, keberadaan sistem pengelolaan transaksi digital tidak sekadar proses digitalisasi belaka. Namun, penggunaannya membantu perusahaan dalam menghubungkan setiap aspek dalam operasional bisnis sehingga berjalan lebih efektif dan efisien.

Komponen Penting dalam Sistem Manajemen Transaksi Digital

manajemen transaksi perbankan.jpg

Dalam proses implementasinya, Anda perlu memperhatikan komponen penting dari sebuah sistem manajemen transaksi digital. Komponen tersebut meliputi: 

1. Sistem Keamanan data yang Canggih

Komponen utama dalam penggunaan sistem manajemen transaksi berbasis digital adalah faktor keamanan. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan tingkat keamanan sistem yang digunakan. 

Hal ini bisa didapatkan dengan adanya sarana penyimpanan data yang mutakhir. Dengan begitu, sistem komputer yang digunakan bisa aman dari berbagai ancaman kejahatan di era digital, termasuk di antaranya adalah data breachmalwarespoofing, dan lain sebagainya. 

2. Sistem Autentikasi yang Mutakhir

Sistem autentikasi yang mutakhir menjadi komponen penting dalam pemrosesan transaksi perbankan. Alih-alih menggunakan autentikasi ketinggalan zaman seperti tanda tangan, saat ini ada solusi yang lebih baik, yaitu tanda tangan elektronik (TTE). 

Penggunaan TTE mempunyai tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi dibanding tanda tangan basah. Selain itu, TTE juga bisa meminimalkan terjadinya aksi penipuan. Oleh karena itu, sistem manajemen transaksi digital memberikan dukungan terhadap pemakaian TTE untuk meningkatkan keamanan bertransaksi.

3. Sistem Kerja Otomatis

Tool manajemen transaksi berbasis digital mendorong kelancaran dalam pemrosesan segala jenis transaksi. Hal ini tidak lepas dari sistem kerja yang otomatis. Dengan adanya dukungan teknologi cloud, pemrosesan berbagai jenis transaksi di satu tempat pun menjadi sangat memungkinkan. 

4. Kemudahan dalam Melakukan Integrasi

Komponen terakhir dan tak kalah penting dari sistem manajemen perbankan yang modern adalah kemudahan dalam melakukan integrasi. Kemudahan integrasi memungkinkan para pebisnis untuk menggunakan manfaat dari sistem tersebut dalam berbagai industri. 

Apalagi, kebutuhan terhadap teknologi canggih berkaitan dengan manajemen transaksi tidak hanya para pelaku bisnis di sektor perbankan. Perusahaan dengan latar belakang industri lain juga mempunyai kebutuhan terhadap layanan serupa. 

Jenis-Jenis Layanan Sistem Manajemen Transaksi Digital

Dalam penerapannya, Anda bisa menjumpai berbagai jenis sistem manajemen transaksi digital. Masing-masing sistem mempunyai fitur serta kelebihannya tersendiri. Beberapa jenis sistem pengelolaan transaksi yang populer di antaranya adalah: 

Sistem Online Banking

Sistem manajemen perbankan canggih ini memungkinkan pengguna untuk mengelola rekening serta melakukan transaksi secara online. Fitur yang tersedia di dalamnya lengkap, termasuk di antaranya adalah pembayaran tagihan, pengiriman uang, pemeriksaan rekening, dan lain sebagainya. 

Sistem Pembayaran Online

Ada pula sistem pengelolaan transaksi perbankan yang berfungsi untuk memproses pembayaran atas penggunaan barang atau jasa. Sistem seperti ini biasanya disertai dengan beberapa fitur penting, seperti payment reminder, pelacakan pembayaran, recurring payment, dan semacamnya.

Sistem Tiket Online

Ada pula sistem tiket online yang berfungsi dalam menangani proses pembelian tiket dan registrasi secara online. Fitur-fitur pada sistem manajemen transaksi ini meliputi pelacakan pembayaran, penjualan tiket, serta manajemen logistik.

Sistem Invoice Online

Terakhir, ada sistem invoice online yang membantu pebisnis dalam mengirim invoice serta menerima pembayaran online. Fitur-fitur yang biasanya ada pada sistem ini di antaranya adalah pelacakan pembayaran, pembayaran otomatis, serta pengiriman invoice.

Anda pun bisa menjumpai berbagai sistem yang menawarkan berbagai keuntungan dalam menggunakan sistem pengelolaan transaksi perbankan. Dari sekian banyak opsi, Anda bisa memperoleh manfaat terbaik dari penggunaan Flip for Business. 

Flip for Business menawarkan solusi lengkap dalam memenuhi kebutuhan pengelolaan transaksi para pebisnis. Tool canggih ini bisa membantu dalam pengiriman dana ke ribuan rekening sekaligus. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan penghematan biaya saat melakukan pengiriman dana ke bank lain. 

Ingin mendapatkan semua manfaat tersebut? Yuk, segera gunakan ke Flip for Business!


 

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi