flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Tingkatkan Kompetensi, Simak Jenis dan Manfaat Pelatihan Karyawan Berikut Ini!

Tingkatkan Kompetensi, Simak Jenis dan Manfaat Pelatihan Karyawan Berikut Ini!

Ada berbagai strategi yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk mengembangkan dan memajukan bisnisnya. Karyawan sebagai aset yang penting bagi produktivitas adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk mewujudkan misi perusahaan. Karena itu, pelatihan karyawan atau employee training adalah hal yang sangat penting untuk mendukung kompetensi mereka dalam memajukan perusahaan.

Apa yang dimaksud dengan pelatihan karyawan? Apa saja jenis-jenisnya dan apa saja manfaatnya bagi karyawan maupun perusahaan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Pelatihan Karyawan?

Pelatihan karyawan dapat didefinisikan sebagai serangkaian kegiatan dengan materi coaching yang direncanakan untuk memberikan pengetahuan kepada karyawan. Tujuan pemberian materi training adalah untuk merangsang pertumbuhan keterampilan kerja yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kemajuan perusahaan. Ini bisa berupa keterampilan teknis, kejuruan atau manajemen.

Perlu diingat bahwa pelatihan karyawan tidak sama dengan program pembelajaran dan pengembangan karyawan (Learning & Development/L&D). Training karyawan lebih berpusat pada produksi dan ditujukan untuk pemecahan masalah. Sementara L&D adalah pendekatan bertingkat yang memfasilitasi program pengembangan SDM yang lebih besar dalam perusahaan.

Pelatihan karyawan adalah upaya jangka pendek dan difokuskan terutama pada peningkatan kapasitas produksi perusahaan baik itu produk atau layanan.

Jenis-jenis Pelatihan Karyawan

jenis pelatihan karyawan.jpg Ada banyak sekali contoh pelatihan kerja yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Hal terpenting selain mengetahui cara membuat program training adalah mengetahui kebutuhan perusahaan dengan baik. Simak beberapa jenis training karyawan yang populer berikut ini!

Pelatihan Orientasi

Pelatihan orientasi biasanya terdiri dari penyambutan dan proses perkenalan karyawan baru di perusahaan. Anda bisa membimbing karyawan-karyawan baru ini dengan dasar-dasar untuk mempersiapkan mereka dalam menyelesaikan tugas di hari pertama di tempat kerja.

Di dalam pelatihan orientasi umumnya ada penyampaian core value perusahaan, kultur perusahaan, struktur hingga office tour.

Onboarding Training

Agar karyawan baru bisa cepat beradaptasi dan aktif dalam melakukan tugas, perusahaan bisa merancang pelatihan orientasi. Ini berguna untuk membiasakan mereka menggunakan alat baik perangkat lunak maupun perangkat keras yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan. Program pelatihan ini bisa berlangsung selama dibutuhkan agar karyawan memperoleh keterampilan kerja yang relevan.

Pelatihan Keterampilan Teknis

Perusahaan Anda mungkin sudah memiliki karyawan yang mahir mengoperasikan alat, membuat laporan akuntansi, pemrograman dan lain sebagainya. Tapi akan selalu ada ruang untuk perbaikan, terlebih jika pekerjaan yang mereka lakukan membutuhkan keterampilan teknis tertentu.

Karena itulah, Anda juga membutuhkan anggaran untuk mempertahankan dan meningkatkan keterampilan teknis karyawan. Caranya adalah dengan training.

Pelatihan Soft Skills

Tidak semua pelatihan sifatnya teknis. Soft skills juga merupakan hal esensial bagi pekerjaan seseorang. Soft skills sendiri memiliki cakupan yang luas dan bisa diklasifikasikan sebagai kombinasi dari ciri-ciri kepribadian, perilaku dan sikap sosial. Keterampilan ini memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan baik, berkolaborasi serta mengelola konflik secara efektif.

Melakukan pelatihan soft skills akan membantu perusahaan membangun budaya kerja yang ideal sekaligus meningkatkan hubungan baik di tempat kerja. Pelatihan soft skills bisa mencakup topik-topik seperti kemampuan mendengarkan, kemampuan berkomunikasi, kerja tim serta kemampuan beradaptasi.

Manfaat Pelatihan Karyawan

manfaat training.jpg Training karyawan tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan tapi juga bagi karyawan itu sendiri. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Menurunkan Tingkat Turnover Karyawan

Turnover karyawan yang tinggi tidak hanya membuang-buang waktu tapi juga bujet yang tidak sedikit. Menawarkan training karyawan adalah cara yang mudah dan efektif untuk mengurangi tingkat turnover. Berdasarkan LinkedIn Learning, sebanyak 94% karyawan mengatakan bahwa mereka akan bertahan lebih lama di perusahaan tempat mereka bekerja jika mereka diberi kesempatan untuk mengembangkan skill lewat pelatihan.

Menurunkan Tingkat Layoff/PHK

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari PHK. Meningkatkan dan melatih karyawan untuk peran baru atau untuk peran lain yang lebih luas demi memenuhi prioritas bisnis memungkinkan perusahaan untuk berkembang lebih cepat.

Berdasarkan penelitian terbaru dari New York State School of Industrial and Labor Relations di Cornell University, perusahaan yang berinvestasi dalam pelatihan karyawan sebelum COVID-19 secara signifikan memiliki peluang yang lebih kecil untuk memberhentikan karyawannya selama pandemi.

Meningkatkan Produktivitas

Produktivitas adalah kunci penting untuk profitabilitas. Dan memberikan pelatihan karyawan adalah salah satu cara paling mudah bagi perusahaan untuk meningkatkan produksi mereka. Mempelajari cara menggunakan teknologi atau alat baru dan menambah keterampilan lain dapat secara signifikan membuat kegiatan operasional harian menjadi lebih mudah dan efisien.

Meningkatkan Fungsi Manajemen

Manajemen yang buruk adalah salah satu hambatan terbesar pada laba perusahaan. Menurut Gallup, pemimpin yang tidak efektif menyebabkan kerugian ekonomi global lebih dari $7 miliar setiap tahunnya.

Mengingat dampaknya terhadap perusahaan, penting untuk melakukan training tidak hanya bagi karyawan tapi juga manajer. Melatih manajer untuk berkomunikasi secara efektif, mengembangkan kemampuan karyawan, berpikir secara strategis dan mampu bereaksi terhadap tantangan dengan fleksibilitas dapat secara drastis meningkatkan kinerja tim dan kepuasan karyawan.

Memberikan Rasa Aman Kepada Karyawan

Tidak hanya bagi perusahaan, training juga bermanfaat bagi karyawan. Di masa tugasnya, banyak karyawan merasa khawatir jika perkembangan zaman membuat skill yang mereka miliki tidak lagi memadai. Menurut survei Business Wire, sebanyak setengah dari karyawan merasa takut kehilangan pekerjaan karena kemampuan yang tidak up-to-date.

Dengan memberikan pelatihan secara berkala, karyawan akan memiliki skill yang sesuai dengan zaman. Dengan begitu, mereka juga akan mendapatkan rasa aman akan posisi yang mereka tempati saat ini.

Pelatihan karyawan merupakan hal yang krusial baik bagi pemilik bisnis maupun bagi karyawan. Karena itu, pastikan Anda merencanakan training secara berkala bagi para pegawai agar kinerja mereka maksimal dan profit perusahaan pun optimal.

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi