flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Jenis, Contoh, dan Bentuk Laporan Keuangan Usaha

Jenis, Contoh, dan Bentuk Laporan Keuangan Usaha

Pada sebuah bisnis, laporan keuangan memegang peranan penting. Tidak hanya menunjukkan dari mana saja uang berasal dan ke mana uang dihabiskan, laporan keuangan juga menunjukkan apa kondisi ekonomi suatu bisnis termasuk sehat atau bahkan cenderung mengkhawatirkan.

Mengenal Laporan Keuangan Usaha

Pada dasarnya, laporan keuangan usaha merupakan sebuah hasil dari proses laporan akuntansi. Dalam sebuah laporan keuangan bisnis pasti tertera informasi tentang posisi keuangan dan kinerjanya dalam penyajian yang terstruktur, rapi, dan mudah dimengerti siapa saja.

Dalam praktiknya, laporan keuangan dibuat pada setiap periode tertentu tergantung kebutuhan. Entah itu bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, atau bahkan tahunan. Tujuan utama dibuatnya laporan keuangan adalah untuk mengetahui kondisi finansial perusahaan secara menyeluruh.

Informasi tersebut diperlukan supaya para stakeholder dan pengguna informasi akuntansi dapat melakukan evaluasi dan mengupayakan tindakan preventif. Jadi apabila dalam laporan keuangan terdapat sesuatu yang mengkhawatirkan, upaya pencegahan yang tepat dan cepat bisa segera dilakukan.

Melihat betapa pentingnya tujuan laporan keuangan, maka hal ini perlu dibuat secara tepat, cermat, dan teliti. Diperlukan pula tanggung jawab dari orang yang berkompeten di bidangnya, yaitu akuntan. Fungsi akuntan bukan hanya sebagai penyedia laporan keuangan. Nantinya, akuntan juga bertanggung jawab mempresentasikan laporan yang dibuat di hadapan para stakeholder.

Berdasarkan ulasan di atas dapat disimpulkan, bahwa pengertian laporan keuangan usaha adalah laporan yang berisi data transaksi keuangan perusahaan ada periode tertentu yang harus dilaporkan dan dipertanggungjawabkan sebagai bagian dari evaluasi untuk perkembangan bisnis di masa mendatang.

Fungsi Laporan Keuangan Usaha

laporan keuangan

Fungsi laporan keuangan dibagi ke dalam dua hal, yaitu fungsi untuk perusahaan dan fungsi untuk yang menggunakannya. Untuk perusahaan, beberapa fungsi laporan keuangan adalah:

  • Memberikan informasi tentang aset, kewajiban, dan modal perusahaan secara jelas serta terperinci
  • Memberikan informasi keuangan kepada para pemakai laporan supaya mereka bisa menggunakannya sebagai patokan apakah perusahaan mampu menghasilkan laba sesuai harapan atau tidak
  • Memberikan informasi kepada perusahaan tentang kebijakan akuntansi yang tepat berdasarkan laporan keuangan yang ada

Sementara itu, bagi yang menggunakannya fungsi laporan keuangan dibagi lagi menjadi dua yaitu untuk pengguna internal dan pengguna eksternal. Adapun fungsinya adalah:

  • Untuk pengguna internal, dalam hal ini pemilik perusahaan, stakeholder, dan karyawan, fungsi laporan keuangan adalah sebagai dasar dibuatnya perencanaan dan pengawasan terhadap kegiatan perusahaan
  • Untuk pengguna eksternal (investor dan kreditur), laporan keuangan dipakai sebagai bahan pertimbangan, pedoman, sekaligus penilaian terhadap kegiatan dan keadaan perusahaan dalam mengelola keuangan

Melihat ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi laporan keuangan bisnis cukup bervariasi tergantung siapa yang memanfaatkannya. Namun pada intinya, laporan keuangan berperan penting dalam menentukan sehat tidaknya kondisi finansial perusahaan dan apakah diperlukan tindakan khusus untuk mengatasi masalah yang timbul akibat kondisi keuangan tersebut.

Jenis, Contoh, dan Bentuk Laporan Keuangan Usaha

Untuk lebih memahami tentang laporan keuangan usaha, selanjutnya mari kita bahas jenis, contoh, dan bentuk laporan keuangan. Beberapa jenis laporan keuangan yang perlu kita ketahui adalah:

Laporan Laba Rugi

Laporan ini berisi informasi tentang pendapatan dan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan pada periode tertentu. Pada laporan laba rugi terdapat perhitungan penjualan atau pendapatan yang dikurangi dengan biaya-biaya. Fungsi utama laporan laba rugi adalah menilai keberhasilan perusahaan dalam mengelola keuangan dan tingkat efisiensi manajemen keuangan di perusahaan tersebut. Laporan laba rugi sendiri dibagi lagi menjadi dua bentuk, yaitu satu tahap (single step) dan bentuk bertahap (multiple step).

jenis laporan keuangan

Pada laporan laba rugi single step, pendapatan usaha dan luar usaha dijadikan menjadi satu laporan pada bagian atas sedangkan di bagian bawah merupakan laporan biaya usaha dan luar usaha. Untuk laporan multiple step, laporan dibagi ke dua kelompok besar yaitu pendapatan dan biaya pada usaha serta pendapatan dan biaya di luar usaha.

Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan perubahan ekuitas menggambarkan perubahan modal perusahaan dari satu periode ke periode selanjutnya. Dalam laporan keuangan bisnis ini, tercantum informasi seperti modal awal, tambahan setoran modal pemilik, laba rugi perusahaan, dividen, pengambilan pribadi, dan laporan modal akhir. Laporan ekuitas sendiri memiliki beberapa nama, untuk perusahaan yang berbentuk PT laporan ini biasanya disebut laporan laba ditahan.

Neraca

Meskipun termasuk bagian dari laporan keuangan, neraca juga dikenal sebagai slah satu bentuk laporan keuangan bisnis. Pada neraca, terdapat informasi mengenai aktiva, utang, dan modal dalam periode tertentu. Neraca sendiri memiliki beberapa bentuk, yaitu bentuk rekening dan bentuk laporan.

Laporan Arus Kas

Bentuk laporan keuangan yang terakhir adalah laporan arus kas atau statement of cash flow. Laporan ini menyajikan beberapa informasi berupa perubahan pada kas atau setara kas dalam periode tertentu. Setara kas sendiri merupakan informasi jangka pendek. Umumnya, waktu jatuh tempo investasi tersebut sekitar tiga bulanan.

Pada dasarnya seluruh jenis atau bentuk laporan keuangan bisnis punya fungsi yang sama, yaitu menyajikan informasi yang menunjukkan kemampuan keuangan perusahaan. Cara membuat laporan keuangan ini pun tidak terlalu sulit, semua bentuk laporan keuangan punya urutan yang sama. Jika ada informasi tentang pendapatan, pasti ada informasi tentang biaya.

Laporan keuangan juga bisa diterapkan ke beragam jenis bisnis, mulai dari bisnis ekspor impor hingga kuliner, mulai dari yang skala besar hingga kecil, semua bisa menggunakan laporan keuangan sebagai informasi untuk meningkatkan produktivitas dan mengatasi masalah yang ada.

Supaya pembuatan laporan keuangan lebih mudah dan bersumber dari informasi yang akurat, pastikan untuk memanfaatkan platform Flip. Meskipun fungsi utama aplikasi ini untuk mengirim dan menerima uang secara gratis tanpa biaya administrasi, semua transaksi keuangan yang dilakukan melalui Flip for Business akan tercatat rapi dan memudahkan kita untuk mengakses sebagai bahan informasi laporan keuangan usaha.

Jadi, tunggu apalagi. Pastikan untuk menggunakan platform Flip dalam setiap transaksi keuangan supaya membuat laporan tidak lagi terlalu sulit.

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Waspada, Ini Dia 10 Faktor Kegagalan Wirausaha yang Harus Anda Hindari
Waspada, Ini Dia 10 Faktor Kegagalan Wirausaha yang Harus Anda Hindari
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi