Omset adalah pendapatan perusahaan secara keseluruhan yang diperoleh dari penjualan produk. Omset belum dikurangi oleh biaya-biaya yang digunakan dalam proses produksi, mulai dari biaya pembelian bahan baku, gaji karyawan, hingga biaya distribusi produk.
Cara menghitung omset adalah mengalikan jumlah produk yang terjual dengan harga jual produk tersebut. Omset bukan pendapatan bersih (profit), tetapi dapat menjadi indikator kemajuan suatu perusahaan.
Semakin banyak penjualan, omset bisnis pun semakin besar. Omset yang besar menandakan perusahaan tersebut berkembang dengan baik. Nah, bagaimana cara meningkatkan omset penjualan agar berdampak positif pada profit yang diterima?
Memperkuat Brand Produk
Brand atau merek adalah tanda atau simbol yang dapat mewakili produk tersebut. Fungsi brand sangat penting bagi pemasaran suatu produk. Produk dengan brand yang lebih populer memiliki peluang yang lebih besar untuk terjual lebih banyak.
Jika Anda ingin meningkatkan omset bisnis, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memperkuat brand produk. Kekuatan brand sangat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Pelanggan yang loyal bukan hanya akan selalu memilih produk tersebut, tetapi juga biasanya bersedia membagikan pengalamannya kepada orang lain secara sukarela. Hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan.
Menyasar Target yang Tepat
Siapa target yang akan dituju untuk membeli produk yang dijual tersebut? Anda perlu menentukan target yang tepat agar penjualan dan omset bisa meningkat drastis. Target yang disasar harus sesuai dengan karakteristik produk yang dijual.
Target pemasaran dapat berwujud buyer persona, yaitu suatu karakter fiktif yang merepresentasikan pembeli ideal bagi produk tersebut. Buyer persona dideskripsikan dengan rinci, mulai dari usia, tempat tinggal, pekerjaan, hingga perilaku berbelanja.
Jika Anda dapat menentukan target yang tepat, strategi pemasaran akan berjalan dengan efektif. Ingat, target yang ideal bukan hanya yang memiliki banyak uang, tetapi mereka yang membutuhkan produk yang dijual.
Meningkatkan Kualitas dan Inovasi Produk
Hal penting yang tidak boleh diabaikan oleh perusahaan ketika ingin meningkatkan omset adalah kualitas produk. Bagaimanapun gencarnya strategi mempromosikan produk, jika tidak dibarengi dengan kualitas yang stabil, hasilnya tidak akan manjur.
Kualitas produk biasanya berkaitan dengan material yang digunakan dan proses produksi yang dilakukan. Material yang bagus tentu akan menghasilkan produk yang berkualitas pula. Demikian pula, proses produksi harus dijalankan dengan baik.
Bukan hanya stabil, alangkah baiknya juga jika perusahaan terus melakukan inovasi terhadap produk yang dijual. Peluang penjualan akan semakin besar dengan produk yang inovatif dan tetap relevan dengan kebutuhan pelanggan masa kini.
Mengembangkan inovasi tentu bukan hal yang mudah dan asal-asalan. Inovasi membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga perlu dipikirkan dengan matang. Keputusan inovasi produk harus berasal dari pertimbangan dan analisis yang mendalam.
Meningkatkan Kualitas Pelayanan
Cara meningkatkan omset penjualan adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Bukan hanya yang bergerak di bidang jasa, tetapi juga berlaku bagi yang menjual produk. Pelanggan pasti ingin dilayani dengan baik, ramah, dan sopan, mulai pada saat mencari informasi tentang produk tertentu. Perusahaan harus memiliki sistem yang mudah diakses yang memuat informasi produk.
Pelayanan yang baik didukung oleh fasilitas yang tersedia untuk memudahkan pelanggan membeli produk. Selain itu, pelayanan juga sangat berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia, terutama yang berhadapan langsung dengan pelanggan.
Perlu diingat, pelayanan purnajual tidak kalah penting dengan pelayanan terhadap konsumen saat transaksi. Pelayanan purnajual membantu pembeli memaksimalkan fungsi produk yang dibelinya.
Dengan bukti kualitas pelayanan yang bagus, pembeli tidak akan sungkan untuk berbelanja, bahkan melakukan repeat order. Karena itu, perusahaan perlu mengelola pelayanan yang disediakan.
Menerapkan Strategi Bundling
Strategi bundling merupakan tips meningkatkan penjualan online secara praktis dan efektif. Bundling merupakan teknik mengelompokkan produk untuk dijual dalam satu unit dengan satu harga yang ditentukan.
Strategi bundling terbukti dapat meningkatkan penjualan. Biasanya bundling produk adalah gabungan antara produk yang populer atau banyak dicari dengan produk yang kurang populer. Tujuannya supaya kedua produk itu bisa terjual bersamaan.
Salah satu contohnya, strategi bundling yang dilakukan oleh restoran cepat saji. Beberapa menu dijual dalam paket yang sama dengan harga yang terbilang lebih murah jika dijual terpisah. Nah, Anda dapat menjalankan strategi jualan ini untuk memicu penjualan sehingga omset tambah besar.
Memberikan Diskon dan Penawaran Khusus
Bagi Anda yang ingin meningkatkan omset bisnis, memberikan diskon atau penawaran khusus dapat menjadi salah satu strategi yang efektif. Tidak ada orang yang menolak diskon yang menguntungkan.
Namun, sebelum memberikan diskon atau penawaran, Anda perlu melakukan analisis terlebih dahulu. Pertimbangan model diskon seperti apa yang akan disukai oleh target pembeli. Ada yang cenderung memilih bentuk cashback, potongan harga, atau lainnya.
Supaya omset tetap menguntungkan, Anda perlu memperhitungkan biaya untuk melakukan strategi ini. Tentukan maksimal diskon yang akan diberikan atau tentukan batas minimal pembelian untuk dapat menikmati penawaran tersebut.
Melakukan Evaluasi
Setiap perusahaan wajib melakukan evaluasi terhadap proses yang dilakukan. Mulai dari proses produksi hingga pemasaran produk perlu dicek kembali apakah sudah sesuai dengan standard yang berlaku.
Hasil evaluasi tersebut nantinya bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan saat mengambil keputusan. Keputusan yang berasal dari hasil evaluasi akan lebih relevan dan berdampak positif bagi perusahaan.
Inilah beberapa strategi yang bisa diterapkan oleh perusahaan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan secara maksimal. Menurut Anda, mana yang paling sulit untuk dilakukan? Strategi bisnis yang tepat akan sangat membantu sales mencapai target penjualan.
Nah, apakah Anda ingin mendapatkan hasil yang optimal dari penjualan? Jangan ragu untuk mencoba cara meningkatkan omset penjualan yang baru saja dibahas. Jika dijalankan dengan konsisten, hasilnya pun akan memuaskan. Semoga bermanfaat!