flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Perlu Tahu, Begini Cara Membuat Rekening PT Perorangan

Perlu Tahu, Begini Cara Membuat Rekening PT Perorangan

Indonesia menjadi salah satu negara berkembang yang secara kontinyu melakukan peningkatan di semua aspek, termasuk aspek bisnis dan ekonomi. Peningkatan ini disebabkan karena banyaknya masyarakat yang membuka bisnis baik dalam skala kecil, menengah, maupun besar. Menariknya, bisnis perseroan cenderung lebih tinggi peminatnya. Ini tak hanya disebabkan karena status payung hukumnya, tetapi juga adanya pemisahan aset dan kewajiban antara pemilik bisnis dan perusahaan. 

Melihat adanya peluang tersebut, pemerintah lantas melakukan suatu terobosan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Melalui aturan tersebut, kini perusahaan Perseroan dapat dibentuk hanya oleh satu orang. Berdasarkan UU Cipta Kerja ini, pendirian PT perorangan hanya dapat dilakukan oleh pengusaha Indonesia alias WNI. Jenis perusahaan ini juga memiliki ciri khas tidak ada batasan modal minimal dan hanya perlu membuat surat pendirian bisnis. Tak hanya itu, PT Perorangan juga tidak membutuhkan akta notaris. 

Cara Membuat Rekening PT Perorangan Setelah memiliki Sertifikat Pendaftaran Perseroan Perorangan, pemilik wajib mengurus dokumen lainnya, seperti NIB dan nomor rekening PT Perorangan. Adanya rekening membuat bisnis Anda lebih mudah diakui oleh mitra atau pelanggan. Tak hanya itu, memiliki rekening juga memudahkan Anda dalam mengelola bisnis usaha. Lalu, bagaimana cara membuat rekening PT Perorangan di bank? Berikut beberapa caranya: 

 

1. Cara membuat rekening PT Perorangan di Bank BNI 

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau disebut juga Bank BNI adalah salah satu lembaga keuangan milik negara yang sudah memberikan informasi pada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sebagai perbankan yang dapat memberikan pelayanan pembukaan rekening deposito maupun giro PT Perorangan. Pembukaan rekening PT Perorangan bisa dilakukan di semua kantor cabang Bank BNI di mana saja. Jika ingin melakukan pembukaan rekening baru untuk perusahaan perorangan, Anda bisa datang ke kantor cabang Bank BNI yang terdekat dan membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan, yaitu: 

  • Sertifikat dari Kementerian Hukum dan HAM yang berisi informasi bahwa pendirian PT Perorangan Anda telah terdaftar secara sah. 
  • Surat pernyataan dari Kementerian Hukum dan HAM yang berisikan informasi tentang pendirian perusahaan perorangan Anda. 
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan. 
  • Nomor Induk Berusaha atau NIB. 

Selain itu, Anda juga perlu melampirkan surat lainnya apabila memang diperlukan. Misalnya, Surat Keterangan Domisili Perusahaan atau SKDP, surat perizinan yang berhubungan dengan analisis terhadap dampak lingkungan atau AMDAL, dan surat izin gangguan atau HO. 

2. Cara Membuat Rekening PT Perorangan di Bank BCA 

Selain di Bank BNI pembuatan rekening PT Perorangan juga dapat dilakukan di Bank BCA. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi yaitu: 

  • Surat Pernyataan yang berkaitan dengan Pendirian PT Perorangan dari Kementerian Hukum dan HAM. 
  • Surat Sertifikat dari Kementerian Hukum dan HAM yang berisi informasi tentang Pendaftaran Pendirian PT Perorangan. 
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perseroan Perorangan. 
  • Nomor Induk Berusaha atau NIB. 
  • Surat izin Sertifikasi Standar apabila ada. 
  • Surat perizinan lokasi dari PT perorangan (setidaknya izin dari RT dan RW setempat atau surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) apabila lokasi perusahaan adalah milik sendiri. Apabila lokasi perusahaan merupakan sewa, maka wajib pula menyertakan Surat Perjanjian Sewa. 
  • Lalu, jangan lupa pula untuk membawa kartu identitas berupa KTP dan NPWP dari pemilik perusahaan. 

3. Cara Membuat Rekening PT Perorangan di Bank Mandiri 

Berikutnya adalah membuka rekening PT Perorangan di Bank Mandiri melalui Mandiri Tabungan Bisnis. Persyaratan yang perlu dipenuhi yaitu: 

  • Membawa kartu identitas (KTP) dan NPWP. 
  • Menyertakan Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. 
  • Menyertakan Akta Pendirian Perusahaan. 
  • Menyertakan Anggaran Dasar Perusahaan lengkap dengan perubahan terakhirnya. 
  • Selain itu, sertakan pula Surat Kuasa jika Anda memberikan penugasan pengelolaan rekening kepada orang lain serta bukti identitas dari pemberi sekaligus penerima kuasa. 

4. Cara Membuat Rekening PT Perorangan di Bank BRI 

Anda juga dapat membuka rekening PT Perorangan di Bank BRI. Lembaga keuangan ini disebutkan menjadi perbankan terbaik di Indonesia dengan banyaknya produk finansial yang ditawarkan pada calon nasabah, salah satunya adalah rekening PT Perorangan. Adapun langkah membuka rekening perseroan perorangan di Bank BRI yaitu: 

  • Melakukan pengisian formulir aplikasi untuk membuat rekening baru. 
  • Mengisikan identitas dari pemilik usaha. 
  • Menyertakan kartu identitas berupa Kartu Tanda Penduduk atau KTP dan kartu Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP. 
  • Menyertakan salinan Akta Pendirian atau Anggaran Dasar perusahaan. 
  • Menyertakan Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP dan Tanda Daftar Perusahaan atau TDP. 

Sementara itu, apabila Anda memberikan kepercayaan kepada orang lain untuk menggantikan Anda melakukan pembukaan rekening PT Perorangan di Bank BRI, pastikan juga Anda menyertakan Surat Kuasa penanggung jawab pembuatan rekening sekaligus pemegang kartu. 

Perlu diketahui bahwa pembuatan rekening perseroan perorangan harus dilakukan di kantor cabang Bank BRI yang sesuai dengan domisili pemilik usaha. Apabila pembuatan rekening dilakukan di kantor cabang yang tidak sesuai dengan domisili, maka Anda harus menyertakan Surat Keterangan Domisili. 

membuat rekening PT di bank.jpg

Demikian tadi cara membuka rekening PT Perorangan di bank yang perlu Anda perhatikan. Jangan lupa, pastikan aktivitas bisnis Anda berjalan lancar, terutama dalam transaksi dengan pihak lain. Agar lebih praktis dan mudah, Anda bisa menggunakan Flip for Business, solusi satu pintu untuk segala transaksi bisnis. Flip for Business menawarkan berbagai fitur untuk kemudahan bertransaksi, baik ke rekening domestik maupun internasional, seperti International Transfer, dan Money Transfer. Sekarang, transfer hingga ke 20 ribu rekening tidak lagi perlu waktu lama. Anda juga bisa melakukan transfer ke rekening luar negeri dengan biaya 50 persen lebih murah daripada produk yang serupa. 

Informasi lebih lanjut tentang Flip for Business bisa Anda dapatkan dengan langsung menghubungi sales atau klik banner di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Flip for Business in general.png

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi