Bisnis | 16 April 2023
Oleh : Anonim
Reversal adalah istilah yang digunakan di dunia bisnis dan perbankan. Di dunia bisnis, reversal dapat diartikan sebagai rugi, kalah, atau tidak beruntung. Berbeda dengan dunia bisnis, reversal dalam dunia perbankan diartikan sebagai keterangan ketika terjadi kesalahan saat transaksi. Istilah tersebut juga digunakan pada transaksi jual beli yang dilakukan secara online.
Sumber : Envato
Dalam transaksi keuangan, reversal menggambarkan situasi ketika dana dikembalikan ke rekening asal pemegang kartu. Reversal juga dikenal dengan sebutan pembalikan kredit atau pembayaran pembalikan. Pembalikan otorisasi, pengembalian uang, dan tolak bayar juga termasuk bentuk reversal.
Perlu diingat bahwa reversal adalah informasi mengenai kegagalan transaksi. Hal tersebut tidak membahayakan akun rekening atau saldo Anda.
Tak sedikit orang beranggapan bahwa reversal sama dengan refund. Faktanya, kedua istilah ini memiliki arti yang berbeda. Supaya lebih jelas, berikut perbedaannya.
Pengertian reversal adalah pembalikan. Transaksi pembalikan mengacu pada situasi saat pembeli telah mengirim uang, tetapi belum diterima oleh akun pedagang. Selama masih dalam proses, transaksi masih bisa dibatalkan. Lantaran dilakukan sebelum transaksi selesai diproses, proses pembalikan dana relatif lebih cepat.
Dalam kegiatan jual beli, reversal terjadi karena beberapa penyebab berikut:
Anda memesan kemeja satin dari salah satu toko di marketplace. Setelah mengisi detail pembayaran dan mengkonfirmasi pesanan, penjual menginformasikan pada Anda bahwa kemeja yang dipesan habis terjual. Mengingat pembayaran ke penjual masih tertunda, Anda bisa memilih tombol pembatalan yang tersedia atau menghubungi customer service untuk membatalkan transaksi.
Refund adalah pengembalian dana. Dibandingkan reversal, istilah ini paling sering digunakan dalam dunia transaksi. Dari perspektif bisnis, pengembalian uang merupakan hal buruk lantaran memengaruhi proyeksi keuangan. Pengembalian dana terjadi setelah transaksi selesai, saat uang pembeli telah diproses dan disimpan di rekening penjual.
Ketika terjadi refund, uang akan dikembalikan menggunakan metode yang sama sesuai dengan metode saat pembayaran. Apabila Anda membayar pesanan dengan kartu kredit, pengembalian uang tersebut akan disimpan di kartu kredit yang sama. Jika Anda menggunakan kartu debit, dana akan dikembalikan ke rekening bank yang terhubung dengan kartu debit tersebut.
Biasanya diperlukan waktu sekitar 5 hingga 14 hari untuk memproses pengembalian dana. Apabila dalam waktu 14 hari pengembalian dana belum masuk, hubungi penjual untuk dilakukan pengecekan dan tindak lanjut.
Kendati demikian, ketika Anda melakukan transaksi di marketplace, dana tersebut akan menjadi saldo yang bisa digunakan untuk berbelanja atau ditarik ke rekening asal. Perlu diingat bahwa setiap marketplace memiliki kebijakan tersendiri. Dalam proses penarikan ke rekening asal, transaksi tersebut bisa saja dikenakan biaya admin.
Anda memesan gaun pesta di salah satu toko di Amazon. Paket akan tiba sekitar 7 hari setelah pembayaran diproses. Ketika paket berada dalam perjalanan, Anda menyadari bahwa gaun pesta tersebut salah ukuran. Setelah barang diterima, Anda mengajukan pengembalian dana. Lantaran pembayaran telah selesai, Anda diminta menghubungi penjual.
Sumber : Envato
Alasan pembalikan pembayaran biasanya terkait dengan pihak yang memulai proses tersebut. Sejumlah alasan yang memicu terjadinya reversal, antara lain:
Terdapat sejumlah solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi reversal. Adapun caranya, sebagai berikut.
Jangan lupa, untuk mulai transaksi bisnis yang lebih mudah, aman, dan efisien bersama Flip for Business. Sistem andal dan otomatis dari Flip siap pecepat pertumbuhan bisnis Anda! Cek selengkapnya di sini.
Bagikan