mural
homeforward
Sesama Produk Telkom, Apa Beda IndiHome dan Wifi.id?

Sesama Produk Telkom, Apa Beda IndiHome dan Wifi.id?

Pada masa ini, jaringan internet seperti telah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Tak hanya memudahkan komunikasi, internet kini juga menjadi sumber hiburan yang memungkinkan kita mengakses beragam konten dari device pintar di tangan. 

Salah satu penyedia layanan internet terbesar di Indonesia adalah Telkom yang telah dipercaya sebagian besar masyarakat Indonesia. Dari perusahaan ini pulalah lahir dua jaringan internet yang paling umum dikenal masyarakat, yakni IndiHome dan Wifi.id. Nah, apa sih sebenarnya perbedaan kedua produk ini? 

Untuk lebih memahami perbedaan IndiHome dan Wifi.id, berikut ini beberapa perbandingan keduanya dari berbagai sisi yang dapat kamu jadikan pertimbangan.

Baca Juga: Daftar Lengkap Harga Paket Smartfren, dari Termurah Sampai Termahal

Perbedaan Mendasar

indihome dan wifi id

Sumber : Kampung Gadget

Perbedaan paling mendasar antara IndiHome dan Wifi.id adalah soal tujuan pemakaiannya. Pada umumnya, Wifi.id cenderung digunakan untuk layanan publik. Misalnya, lokasi wisata, sekolah, perpustakaan umum, hingga café. 

Sementara itu, IndiHome umumnya dimanfaatkan untuk kebutukan penggunaan pribadi. Misalnya, untuk memenuhi kebutuhan jaringan internet di rumah. Selain penggunaan pribadi di rumah, IndiHome juga banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan internet perkantoran.  

Layanan yang Ditawarkan

Perbedaan IndiHome dan Wifi.id berikutnya adalah dari segi layanan yang ditawarkan. Dalam hal ini, Wifi.id hanya menawarkan layanan untuk memenuhi kebutuhan koneksi internet saja. Jaringan internet yang diberikan pun berbasis wireless atau tanpa kabel. 

Sementara itu, IndiHome memiliki lebih banyak fitur layanan yang bisa kamu pilih. Tak hanya jaringan internet, IndiHome juga menyediakan layanan telepon rumah dan TV kabel. Biasanya, layanan tersebut ditawarkan dalam bentuk add-on sehingga dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. 

Konektivitas

IndiHome dan Wifi.id juga memiliki perbedaan dari segi konektivitas. Wifi.id berbasis wireless atau nirkabel. Poin ini jugalah yang membuat Wifi.id dikhususkan untuk layanan internet publik. 

Berbeda dengan Wifi.id yang tidak menggunakan kabel, IndiHome memiliki modem yang bisa disambungkan ke computer atau laptop menggunakan kabel LAN. Setelah disambungkan, koneksi akan langsung aktif.  

Kecepatan Minimal 

Perbedaan IndiHome dan Wifi.id selanjutnya yang dapat dibandingkan adalah soal kecepatan minimal. Dalam hal ini, kecepatan minimal IndiHome adalah 10 MBps, sedangkan Wifi.id 20 MBps. Dengan kata lain, dalam poin ini Wifi.id dua kali lebih cepat jika dibandingkan IndiHome. 

Alasan Wifi.id punya kecepatan lebih tinggi adalah agar koneksi internet tetap stabil meskipun digunakan banyak perangkat. Sementara untuk IndiHome, kecepatan internet 10 MBps dinilai masih cukup untuk memenuhi kebutuhan personal atau rumahan. 

Jenis Modem 

Jenis modem yang diberikan saat kamu berlangganan IndiHome atau Wifi.id juga berbeda. Apabila berlangganan IndiHome, kamu akan mendapatkan satu modem saja. Modem tersebut kemudian dapat kamu sambungkan ke perangkat yang kamu gunakan di rumah. 

Sementara itu, jika memasang Wifi.id, kamu akan mendapatkan dua jenis perangkat, yakni satu buah modem dan satu buah akses point. Fungsi akses point dari Wifi.id adalah untuk memperluas jangkauan WiFi dan memperkuat sinyal. Dengan demikian, internet masih bisa diakses meskipun terhalang dinding.

Peraturan FUP

FUP atau fair usage policy merupakan aturan untuk menurunkan kecepatan internet saat pemakaian telah melampaui batasan yang ditentukan. Sebagai contoh, FUP internet kamu 300 GB dengan kecepatan 20 MBps. Nah, bila pemakaianmu sudah melewati 300 GB, maka kecepatan internetmu akan diturunkan hingga batas tertentu. 

Nah, IndiHome dan Wifi.id punya perbedaan kebijakan mengenai peraturan FUP ini. Dalam layanan IndiHome, FUP berbeda-beda, sesuai paket yang kamu pilih. Sementara itu, Wifi.id tidak memiliki FUP atau unlimited

Service Set Identifier (SSID)

SSID atau service set identifier adalah nama yang digunakan dalam mengidentifikasi jaringan WiFi. Secara default, SSID sudah ada di setiap router. Namun demikian, terdapat perbedaan antara SSID router yang digunakan secara personal dan komunal. 

Karena diperuntukkan untuk penggunaan personal, IndiHome hanya punya satu SSID. Sementara itu, Wifi.id punya beberapa SSID yang umumnya sesuai voucher yang kamu beli. Dalam hal ini, biasanya setiap voucher punya ID dan sandi yang berbeda. 

Kecepatan Unduh dan Unggah

indihome dan wifi id

Sumber : Kampung Gadget

Barang kali dari semua perbandingan dan perbedaan IndiHome dan Wifi.id ini, hal yang paling jadi perhatian kamu adalah masalah kecepatan unduh (download) dan unggah (upload). Dalam poin ini, Wifi.id cenderung lebih unggul karena lebih stabil. Misalnya, paket yang kamu pilih memiliki kecepatan 20 MBps, maka kecepatan unduh dan unggah yang kamu dapatkan juga 20 MBps. 

Sementara itu, IndiHome menggunakan sistem up to. Dengan kata lain, bila paket yang kamu pilih memiliki minimal kecepatan 10 MBps, ada kemungkinan kecepatan yang akan kamu dapatkan hanya 2 MBps. Meski begitu, apabila konektivitas internetmu menggunakan kabel LAN, biasanya kualitas koneksi yang kamu dapatkan akan lebih stabil jika dibandingkan dengan Wifi.id.

Itulah beberapa perbedaan IndiHome dan Wifi.id yang bisa kamu jadikan perbandingan. Jadi, mana yang lebih baik? Jawabannya adalah tergantung kebutuhanmu. Untuk penggunaan personal, IndiHome mungkin akan lebih cocok, sedangkan Wifi.id akan lebih pas bila digunakan untuk ruang publik. 

Namun demikian, biasanya harga berlangganan Wifi.id lebih murah karena hanya menawarkan akses internet. Biaya untuk berlangganan IndiHome kemungkinan akan lebih mahal, terutama bila kamu memilih paket yang tidak hanya berisi layanan intenet.

Baca Juga: Begini Cara Bayar IndiHome Via M-Banking BCA

Agar bayar tagihannya lebih mudah, kamu bisa pakai Flip untuk melunasi tagihan WiFi dan TV Kabel biar lebih praktis dan hemat! Yuk, unduh Flip sekarang juga!

New Banner ITV

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi