mural
homeforward
Mengenal Apa Itu QRIS dan Manfaatnya untuk Pelaku Bisnis

Mengenal Apa Itu QRIS dan Manfaatnya untuk Pelaku Bisnis

Cara pembayaran modern saat ini kian praktis. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang dari dompet atau menyiapkan uang pas saat membayar belanjaan. Sebagai gantinya, kamu perlu mengenal apa itu QRIS, sebuah metode pembayaran yang praktis. Dengan menggunakan QRIS, kamu pun bisa melakukan pembayaran nontunai dengan cukup menggunakan smartphone.   

Baca juga: Gampang Banget, Ini Cara Bayar via QRIS Gopay

 

Apa Itu QRIS? 

QRIS

Sumber : Envato 

QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Keberadaannya menjadi upaya nyata Bank Indonesia dalam melakukan standardisasi cara pembayaran dengan memanfaatkan teknologi canggih saat ini. Dalam penerapannya, QRIS mempersatukan berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Sesuai ketentuan Bank Indonesia tentang Implementasi Standar Internasional QRIS untuk pembayaran, dalam aturan PADG No.21/18/2019, setiap PJSP yang menyediakan layanan pembayaran berbasis kode QR, baik lokal ataupun asing, wajib menggunakan QRIS. Dengan kata lain, lewat aturan tersebut, hanya ada 1 jenis kode QR yang berlaku untuk sarana pembayaran. 

 

Manfaat QRIS

Manfaat QRIS untuk Pengguna 

Sebagai sistem pembayaran dengan teknologi canggih, QRIS menawarkan banyak manfaat bagi para penggunanya. Manfaat tersebut bisa dirasakan oleh pihak pembeli maupun merchant atau penjual. 

 

Manfaat QRIS untuk Merchant 

Pihak merchant akan mendapatkan manfaat pemakaian QRIS berupa: 

Proses transaksi yang praktis. 

Merchant yang memahami apa itu QRIS bisa merasakan manfaat pemrosesan transaksi yang praktis. Karyawan di bagian kasir tidak akan butuh waktu lama dalam melayani pembayaran pelanggan. Terjadinya antrean panjang di depan meja kasir pun bisa diminimalkan. 

Keamanan bertransaksi. 

QRIS mempunyai sistem keamanan berstandar internasional. Dengan jaminan sistem keamanan yang bagus, merchant pun tidak perlu khawatir dana pembayaran dari para pelanggan tidak masuk ke rekening. 

Mencegah pembayaran dengan uang palsu. 

Manfaat yang tidak kalah penting adalah terkait bagaimana QRIS mampu mencegah peredaran uang palsu. Alhasil, merchant bisa terhindar dari risiko kerugian. 

Tidak perlu bingung menyiapkan uang kembalian. 

Ketika menggunakan sistem pembayaran tunai, merchant perlu menyiapkan uang receh untuk kembalian. Kalau menggunakan sistem pembayaran QRIS, merchant tidak perlu melakukannya. 

Terdapat catatan transaksi yang jelas. 

Keuntungan selanjutnya adalah mendorong praktik keuangan yang transparan dan jujur. Karyawan tak bisa berlaku curang saat melayani pembayaran dari konsumen. Alasannya, setiap transaksi lewat QRIS tercatat secara jelas dan lengkap. 

Berpotensi meningkatkan omzet. 

Manfaat QRIS untuk merchant yang tidak kalah penting adalah potensi meningkatkan angka penjualan. Hal ini bisa terjadi karena QRIS memungkinkan merchant untuk menerima pembayaran dengan berbagai cara. Dengan begitu, pembeli tidak perlu membatalkan transaksi karena permasalahan pembayaran. 

 

Manfaat QRIS untuk Pembeli 

Pembeli juga memperoleh banyak manfaat ketika melakukan transaksi dengan merchant yang memahami apa itu QRIS. Manfaat tersebut di antaranya adalah: 

Kecepatan transaksi. 

Pembeli bisa merasakan manfaat QRIS berkat cara pelayanan yang praktis. Kamu tidak perlu menunggu lama dan membuang-buang banyak waktu di depan meja kasir. 

Kemudahan cara pembayaran. 

Setiap orang bisa menggunakan QRIS dengan mudah. Kamu hanya perlu menjalankan aplikasi pembayaran dan melakukan pemindaian kode QRIS milik penjual. Dengan cara penggunaan seperti ini, siapa saja bisa memanfaatkan cara pembayaran praktis memakai QRIS. 

Ringkas, tidak perlu bawa uang tunai. 

Sistem pembayaran QRIS menawarkan kemudahan karena kamu tidak perlu bawa uang tunai ke mana-mana. Sebagai gantinya, kamu cukup menyimpan uang lewat e-wallet atau rekening.  

 

Cara Menggunakan QRIS Sebagai Sarana Pembayaran 

QRIS

Sumber : Envato 

Pemakaian QRIS untuk sarana pembayaran sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan smartphone untuk bisa menyelesaikan pembayaran. Namun, sebelumnya kamu perlu terlebih dahulu memahami jenis-jenis QRIS. 

 

Jenis-Jenis QRIS 

Terdapat 3 jenis layanan QRIS yang bisa kamu temukan, yakni: Merchant Presented Mode (MPM) statis. Jenis QRIS yang satu ini paling umum digunakan dan bakal banyak kamu temukan saat melakukan pembayaran. Pemakaiannya sangat mudah, merchant hanya perlu menggunakan satu kode QRIS untuk pembayaran. Selanjutnya, pembeli tinggal memindai kode tersebut untuk menyelesaikan transaksi. 

Merchant Presented Mode (MPM) dinamis. 

Berbeda dengan MPM statis yang hanya menggunakan satu kode QRIS untuk setiap transaksi, MPM dinamis mempunyai skema kerja berbeda. Dalam penggunaannya, MPM dinamis menggunakan kode unik untuk berbagai proses transaksi. Dalam praktiknya, pihak merchant akan menuliskan tagihan terlebih dahulu. Selanjutnya, mereka menggunakan mesin yang berguna untuk mencetak kode QRIS. Pembeli pun perlu melakukan pemindaian untuk melakukan pembayaran. 

Customer Presented Mode (CPM). 

Terakhir, ada kode QRIS CPM yang mempunyai cara kerja berbeda. Dalam pemakaiannya, pihak yang perlu melakukan pemindaian kode bukanlah pembeli, melainkan merchant. Jadi, setiap pembeli akan mempunyai kode QRIS-nya masing-masing.   

 

Cara Menggunakan QRIS 

QRIS

Sumber : Envato 

Terlepas dari jenis-jenis QRIS yang kamu temui, cara penggunaannya tidaklah jauh berbeda. Kamu perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 

- Sediakan saldo yang mencukupi, baik saldo di e-wallet maupun rekening 

- Pastikan merchant tempat kamu berbelanja memahami apa itu QRIS dan menyediakannya 

- Buka aplikasi mobile banking atau e-wallet yang mendukung layanan pembayaran QRIS 

- Lakukan pemindaian atau scan pada kode QRIS milik merchant menggunakan aplikasi 

- Cek identitas pemilik kode dan masukkan nominal pembayaran 

- Transaksi selesai dan saldo rekening atau e-wallet kamu akan berkurang secara otomatis 

Sangat mudah, bukan? Hanya saja, tidak semua merchant menyiapkan fasilitas pembayaran lewat QRIS. Alasannya beragam, termasuk di antaranya adalah adanya biaya yang perlu mereka bayarkan saat menggunakan layanan QRIS. Biaya tersebut adalah MDR sebesar 0,7% yang harus mereka bayar ke pihak Telkom sebagai penyelenggara layanan QRIS. 

 

Baca juga: 5 Cara Bayar Tagihan dan Belanjaan via QRIS DANA

Kabar baiknya, kamu bisa menggunakan cara pembayaran alternatif yang bisa digunakan kapan saja dan di mana saja. Cara pembayaran tersebut adalah menggunakan aplikasi Flip. 

Flip memberi kemudahan kamu dalam melakukan pembayaran ke mana saja, baik rekening beda bank ataupun e-wallet. Menariknya lagi, Flip menyediakan berbagai kemudahan cara pembayaran tersebut secara gratis. Kamu tidak perlu bayar biaya administrasi atau biaya sejenis. Ingin mendapatkan manfaat Flip? Yuk, segera download dan instal Flip di HP kamu!

Top up e-wallet di Flip.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi