mural
homeforward
Ingin Ajukan Kredit? Cek Skor Kredit Terlebih Dulu!

Ingin Ajukan Kredit? Cek Skor Kredit Terlebih Dulu!

Apakah kamu sedang ingin mengajukan kredit? Sebelum itu, pastikan untuk mengecek skor kredit dulu, ya. Skor kredit merupakan salah satu indikator yang menggambarkan risiko kreditmu. Dari situlah bank kemudian menentukan apakah kamu layak mendapat pinjaman atau tidak. Lalu, bagaimana cara mengetahui skor kredit ini? Kamu bisa simak langkah demi langkahnya berikut ini!

Skor Kredit itu Apa, sih?

apakah skor kredit itu Sumber: Freepik

Skor kredit adalah deretan angka yang mewakili risiko kredit. Angka ini dihitung berdasarkan informasi dalam laporan kredit, termasuk riwayat pembayaran, jumlah utang, dan riwayat kredit. Skor yang tinggi berarti kamu telah menunjukkan perilaku kredit yang bertanggung jawab di masa lalu. Artinya, posisimu pun akan lebih menjanjikan di mata calon pemberi pinjaman.

Di Indonesia sendiri ada suatu sistem penilaian yang mirip bernama BI Checking. Jika skor kredit diberikan oleh pihak pemberi pinjaman, BI Checking merupakan informasi yang tersimpan dalam SID (Sistem Informasi Debitur) dan dapat diakses secara online. Disebut BI Checking karena informasi ini disediakan oleh BI (Bank Indonesia).

Syarat Skor Kredit Baik

Lalu, bagaimana agar skor kredit baik sehingga mudah mengajukan pinjaman? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan skor yang baik, di antaranya:

  • Lakukan pembayaran cicilan tepat waktu - Riwayat pembayaran adalah faktor terpenting dari skor kredit. Agar pembayaran tidak terlambat, gunakan pembayaran otomatis atau pasang pengingat.
  • Membayar penuh - Bagi kamu yang memiliki kartu kredit, usahakan untuk selalu bayar tagihan penuh tiap bulannya. Ini berfungsi untuk mengurangi tingkat penggunaan kartu kredit. Sedikit informasi tambahan, tingkat penggunaan kartu kredit dihitung dari total saldo kartu kredit yang dibagi total batas kredit.
  • Jangan membuka terlalu banyak akun sekaligus - Setiap kali mengajukan pinjaman, baik itu kartu kredit atau cicilan, semua akan muncul dalam laporan kredit. Bahkan jika pengajuan ditolak, data penolakan tersebut akan muncul. Karenanya, cobalah untuk membatasi pengajuan kredit.

 

Cara Cek Skor Kredit

cara cek skor kredit Sumber: Freepik

Untuk cek skor kredit sebenarnya tidaklah sulit. Menurut PJOK No. 18/POJK.03/2017 tentang Pelaporan dan Permintaan Informasi Debitur, pengecekan skor kredit kini dilayani melalui SLIK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan. Sistem ini bisa diakses melalui internet. Berikut langkah-langkahnya:

1. Registrasi akun

Cek skor kredit dimulai dengan membuat akun terlebih dulu. Lakukan registrasi akun di halaman https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi. Halaman ini akan mengarahkanmu untuk mengisi Formulir Permohonan Informasi Debitur (IDEB).

2. Lengkapi informasi

Pada halaman tersebut, pilihlah opsi yang disediakan. Opsi tersebut di antaranya adalah mengisi jenis pemohon (perseorangan atau badan usaha), tanggal layanan, dan kantor OJK yang akan dituju. Selain itu, kamu juga harus memilih antrean. Setelah memilih, tekan tombol “Lanjut”.

Dari situ, kamu akan diarahkan untuk mengisi informasi pribadi debitur. Informasi ini meliputi nama debitur, NIK, detail kontak (nomor HP dan email), hingga alamat lengkap. Pastikan untuk mengisi seluruh informasi dengan benar dan jelas. Sebab, hal ini akan dibutuhkan dalam tahapan selanjutnya.

3. Upload dokumen

Setelah seluruh informasi terisi, sistem selanjutnya akan mengarahkanmu untuk upload dokumen terkait. Dokumen ini akan berbeda pada tiap debitur. Namun, ada beberapa jenis dokumen yang akan diminta, di antaranya adalah bukti identitas pribadi (KTP atau Paspor), bukti identitas pengurus (khusus untuk badan usaha), dan akta pendirian usaha. Seluruh dokumen harus memiliki resolusi yang bagus dan semua informasi yang tercantum dapat terbaca dengan jelas.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Agar Skor Kredit Bagus

Secara garis besar, skor kredit adalah gambaran dari pola konsumsimu, terutama jika konsumsi tersebut berhubungan dengan layanan perbankan atau layanan keuangan. Misalnya ketika kamu membeli mobil dengan cara mengangsur atau saat kamu mengajukan KPR. Asalkan kamu membayar tepat waktu dan tidak pernah terjadi kredit macet, skor kredit tidak akan terpengaruh. Selain itu, skor juga bisa dipengaruhi oleh aplikasi kartu kredit serta penggunaannya.

Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya cek skor kreditmu. Jadi, kamu bisa tahu kapasitas kreditmu, apakah bisa menerima pinjaman atau tidak. Makin tinggi skor kredit, maka makin besar peluang kamu mendapat pinjaman.

Salah satu indikator yang diperhatikan dalam menghitung skor kredit adalah ketepatan pembayaran cicilan kredit. Jika pembayaran tepat waktu, maka skor tidak akan berkurang. Agar cicilan tetap terasa ringan, jangan lupa gunakan fitur Bebas Biaya Transfer dari aplikasi Flip. Lewat Flip, pembayaran cicilan melalui transfer bank akan bebas biaya administrasi. Download aplikasi Flip melalui App Store atau Play Store, gratis!

Bagikan

Lainnya

Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.5

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan Ketentuan

Hubungi Flip

Layanan Pengguna

+62 21 - 30002424

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2022 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi