mural
homeforward
5 Cara Transfer Uang Lewat HP Tanpa Harus Keluar Rumah

5 Cara Transfer Uang Lewat HP Tanpa Harus Keluar Rumah

Mengirim uang adalah salah satu transaksi keuangan yang dulu hanya bisa dilakukan di bank atau kantor pos. Namun, kini seiring perkembangan zaman, transfer uang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja melalui gawai, bahkan di dalam rumah. 

Perkembangan transaksi pengiriman uang telah beralih dari mengunjungi bank atau kantor pos ke tempat mesin ATM. Sekarang, siapa pun bisa mengirimkan uang tanpa perlu bangkit dari kursinya. Hal ini terjadi berkat kecanggihan teknologi keuangan dalam perangkat handphone. 

Nah, artikel kali ini akan membahas cara transfer uang lewat HP.

Baca Juga: Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI, BNI, BCA, Mandiri, dan BSI

Cara Transfer Uang Lewat HP

aplikasi transfer uang lewat hp

Sumber: Unsplash

Jika kamu adalah orang sibuk yang tidak punya waktu untuk keluar rumah, kelima cara transfer uang di bawah bisa sangat membantu.

1. SMS Banking

SMS banking adalah sebuah teknologi keuangan yang pertama kali muncul setelah kehadiran telepon genggam. Teknologi perbankan yang menggunakan layanan pesan teks ini dapat melakukan beberapa hal, seperti mengecek saldo, mengirim uang, dan membayar tagihan.

Agar bisa menggunakan layanan ini, kamu hanya perlu mendaftarkan nomor telepon yang akan digunakan ke bank penerbit rekeningmu. Setelah itu, kamu akan mendapatkan sandi untuk memastikan transaksimu aman.

Jika ingin mengirim uang, kamu tinggal mengetikkan format SMS yang telah ditentukan oleh pihak bank. Biasanya, format SMS standard yang digunakan adalah Transfer (spasi) nominal transfer (spasi) rekening tujuan. Lalu, SMS tersebut dikirimkan ke nomor yang telah ditentukan oleh bank.

2. Internet Banking

Untuk cara ini dan seterusnya, kamu membutuhkan koneksi internet untuk melakukan transaksi. Dengan internet banking, kamu akan membutuhkan gawai, baik itu seluler maupun komputer. 

Selain itu, kamu akan membutuhkan perangkat yang disebut token untuk menerima one time password (OTP) demi tujuan konfirmasi dan keamanan transaksi. Ada juga pihak bank yang mengirimkan OTP melalui HP.

Untuk mengakses layanan ini, kamu harus mengajukannya ke pihak bank terlebih dahulu. Pihak bank kemudian akan memintamu untuk membuat user ID dan password. Setelah mendapatkan kedua data tersebut, kamu bisa langsung menggunakan layanan ini.

Pertama, buka situs web internet banking bank pemberi layanan melalui mesin peramban di gawai yang kamu gunakan. Setelah itu, masukkan user ID dan password di kolom yang sesuai. Pilih transaksi yang ingin dilakukan dan isi kolom-kolom yang tersedia. Lalu, ikuti petunjuk yang diberikan. 

Sebelum melanjutkan proses, kamu akan diminta untuk memasukkan OTP yang bisa didapatkan melalui token atau HP. Setelah itu, transaksimu akan diproses. Kamu akan menerima bukti transaksi melalui surel.

3. Mobile Banking

Kirim uang jadi hemat pakai Flip

Tanpa OTP maupun token, mobile banking adalah alternatif yang lebih baik daripada internet banking. Seperti namanya, kamu hanya membutuhkan perangkat seluler dan akses ke internet untuk melakukan transaksi apa pun dengan cara ini.

Untuk menikmati layanan ini, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi m-banking melalui Play Store atau App Store. Saat login, aplikasi akan melakukan verifikasi nomor HP. Pastikan, nomor HP yang kamu gunakan untuk bertransaksi sama dengan nomor HP yang sudah diregistrasikan di bank untuk mengakses layanan ini. 

Namun, ada juga bank yang hanya membutuhkan nomor rekening dan identitas pribadi saja untuk mendaftar.

Mengirim uang dengan cara ini sangatlah mudah. Kamu hanya perlu memilih menu Transfer dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan. Selain lebih praktis, mobile banking memberikan kemudahan bertransaksi lainnya, seperti membayar tagihan dan membeli pulsa. Bukti transaksi berhasil akan dikirimkan ke alamat surel yang kamu daftarkan.

4. E-Wallet

Berkat kecanggihan teknologi keuangan (fintech), e-wallet tercipta untuk memudahkan pengguna bertransaksi. E-wallet sangat membantu proses transaksi di tengah pandemi. Setelah pandemi pun, pengguna masih setia menggunakan layanan cashless ini.

Beberapa aplikasi e-wallet yang banyak digunakan di Indonesia, antara lain Dana, OVO, Gopay, ShopeePay, dan LinkAja. Setelah mengunduh salah satu aplikasi di atas melalui PlayStore atau AppStore, kamu tinggal melakukan registrasi. 

Setelah itu, buka beranda dan pilih menu Transfer untuk melakukan transfer dan ikuti langkah-langkah yang diberikan. Aplikasi akan mengirimkan bukti transaksi ke alamat surelmu.

Baca Juga: Kode Bank Terlengkap di Indonesia

5. Flip

Jika keempat cara sebelumnya membutuhkan biaya admin untuk transfer ke rekening lain, berbeda dengan Flip. Flip adalah aplikasi transfer yang bisa mengirim uang ke lebih dari 100 bank di Indonesia tanpa biaya administrasi sepeser pun.

Caranya transfer menggunakan Flip sangat mudah. Setelah mengunduh aplikasinya melalui toko aplikasi milikmu (Play Store atau App Store), kamu tinggal melakukan pendaftaran standar, lalu menunggu konfirmasi bahwa akunmu telah aktif.

Setelah itu, kamu tinggal membuka aplikasi dan memilih menu Transfer berupa ikon pesawat. Lalu, pilih Rekening Bank – klik tombol “Tambah Tujuan Baru” di pojok kanan bawah – pilih bank tujuan transfer – masukkan nomor rekening tujuan – klik “Cek Rekening” – masukkan nominal transfer – klik “Lanjutkan” – periksa data transfer, lalu klik “Lanjutkan” – pilih bank yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran – klik “Lanjutkan” – salin nominal transfer yang muncul dan kamu tinggal melakukan transfer dengan cara pilihanmu tanpa biaya.

Selain praktis, penerima dana tidak perlu memiliki aplikasi yang sudah memiliki lisensi dari Bank Indonesia ini, lho.

Itulah kelima cara transfer uang lewat HP mudah tanpa harus keluar rumah.

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi