mural
homeforward
Cara Praktis dan Mudah Kirim Uang Menggunakan QRIS Mandiri

Cara Praktis dan Mudah Kirim Uang Menggunakan QRIS Mandiri

Teknologi yang kian canggih menyediakan berbagai kemudahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satu bentuk kemudahan tersebut bisa kamu temukan pada QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard. Untuk menggunakannya, kamu pun bisa menggunakan produk QRIS Mandiri. 

Layanan QRIS memungkinkan kamu untuk menerima pembayaran atau pengiriman dari siapa saja dan kapan saja. Cara penggunaannya juga gampang. Oleh karena itu, tak heran kalau banyak merchant dan pelaku bisnis yang kini mulai menggunakan QRIS sebagai pilihan metode pembayaran.   

Baca juga: Isi E-money Mandiri Makin Simpel dengan Flip!

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Layanan QRIS Mandiri 

kelebihan dan kekurangan qris mandiri

Sumber: Suarasurabaya

Kamu mungkin berpikir, kenapa harus menggunakan sistem pembayaran berbasis QRIS? Sebelum memutuskan untuk menggunakan sistem pembayaran ini, ada baiknya kamu perlu terlebih dahulu memahami kelebihan serta kekurangannya. 

Kelebihan QRIS Mandiri 

Terdapat beberapa kelebihan penggunaan QRIS sebagai berikut: 

1. Cara Pendaftaran yang Gampang 

Bank Mandiri memberi kemudahan bagi siapa saja yang ingin menggunakan QRIS. Bahkan, pihak Bank Mandiri menjanjikan kalau pemrosesan pendaftaran QRIS bisa selesai hanya dalam hitungan hari. 

2. Sistem Laporan Transaksi yang Akurat 

Kelebihan selanjutnya berkaitan dengan fitur pencatatan riwayat transaksi yang bersifat otomatis kalau kamu menggunakan QRIS Mandiri. Kehadiran fitur ini dapat membantu kamu dalam menyusun laporan penjualan. 

3. Cara Penggunaan yang Gampang 

QRIS Mandiri menyediakan pilihan cara transaksi yang sangat mudah. Siapa saja bisa menyelesaikan proses transaksi dengan QRIS. Apalagi, kode QR pembayaran yang dari Bank Mandiri, tak cuma bisa melayani pembayaran khusus untuk nasabah Mandiri. Pemakaian QRIS memungkinkan pelanggan dari bank lain untuk membayar atau mengirim uang. 

Di waktu yang sama, kamu pun bisa mendapatkan pengiriman atau pembayaran dari para pengguna dompet digital. Cara penggunaannya sederhana. Pelanggan atau konsumen perlu terlebih dahulu menjalankan aplikasi pembayaran yang mereka pakai. 

4. Tersedia Berbagai Pilihan Jenis QRIS Sesuai Kebutuhan 

Selanjutnya, QRIS Mandiri menawarkan keleluasaan pemakaian. Apalagi, Bank Mandiri menyediakan 4 pilihan produk QRIS, yakni: 

- QRIS Statis. 

Produk QRIS yang satu ini cocok untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dalam pemakaiannya, merchant hanya perlu menggunakan satu kode QRIS untuk segala jenis pembayaran. Dalam penggunaannya, konsumen perlu memasukkan nilai transaksi saat melakukan pembayaran. 

- QRIS EDC. 

Produk yang satu ini termasuk model QRIS dinamis. Pemakaiannya harus disertai dengan mesin EDC dari Bank Mandiri. Penggunaannya lebih mudah, karena konsumen tidak perlu memasukkan nominal transaksi yang ingin mereka bayar. 

- QRIS API. 

Ada pula QRIS API yang bersifat dinamis. Sistem kerjanya mirip dengan QRIS EDC. Hanya saja, merchant bisa memanfaatkan QRIS API tanpa perlu mesin EDC. Sebagai gantinya, mereka perlu mengintegrasikan layanan ini pada aplikasi pembayaran atau POS. 

- QRIS Customer Presented Mode (CPM). 

Jenis QRIS terakhir adalah QRIS CPM. Berbeda dengan tipe QRIS yang sebelumnya, kode QR yang satu ini dipunyai oleh pelanggan. Mereka bisa mendapatkannya dengan melakukan generate kode QR menggunakan aplikasi Livin By Mandiri.   

5. Dapat Digunakan Siapa Saja 

Manfaat yang tak kalah penting dari pemakaian layanan QRIS Mandiri adalah kemudahan pemakaiannya. Berkat kemudahan tersebut, siapa saja bisa secara aktif mulai menggunakan layanan ini. Kamu hanya perlu memilih jenis QRIS yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, UMKM cocok memakai QRIS statis. 

Sementara itu, pelaku usaha yang menangani transaksi banyak setiap harinya, bisa memilih QRIS EDC atau QRIS API yang dinamis. Selanjutnya, Bank Mandiri menyediakan pilihan bagi konsumen untuk mempunyai kode QRIS sendiri lewat QRIS CPM.  

Kekurangan QRIS Mandiri 

Meski menawarkan banyak kelebihan, QRIS juga mempunyai beberapa kekurangan yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja, yakni: 

1. Ada Batasan Transaksi 

QRIS Mandiri memang dapat memproses berbagai jenis cara pembayaran. Hanya saja, ada batasan nominal pembayaran yang bisa diproses, yakni maksimal Rp10 juta. Kalau melebihi angka tersebut, kamu perlu melakukan metode pembayaran lain. 

2. Biaya Pemakaian 

Merchant yang menggunakan QRIS akan mendapatkan beban pembayaran tambahan, yakni biaya MDR. Nominalnya sebesar 0,7% dari nilai transaksi. 

Cara Menggunakan QRIS Mandiri 

QRIS Mandiri

Sumber : Money Kompas 

Dengan berbagai kelebihan serta kekurangan tersebut, kamu tertarik untuk mulai menggunakan QRIS? Lalu, bagaimana cara memakai layanan ini? Terdapat 2 cara penggunaan yang bisa kamu lakukan, yakni: 

1. Merchant Presented Mode 

Dalam mode ini, kamu tinggal melakukan pemindaian kode QRIS milik merchant. Setelah itu, kamu perlu melaksanakan konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN dan nominal pembayaran. Selanjutnya, sistem pun akan menyelesaikan pembayaran secara otomatis. 

2. Customer Presented Mode 

Dalam mode CPM, kamu bisa menggunakan QRIS dengan memakai aplikasi Livin by Mandiri. Di situ, terdapat opsi QR Bayar > Tampilkan QR. Berikutnya, kamu tinggal memasukkan PIN dan muncul kode QRIS di layar. Tak sulit untuk menggunakan QRIS Mandiri, kan? Sebagai tambahan, kamu bisa pula mempertimbangkan cara pembayaran alternatif menggunakan aplikasi Flip. 

Kenapa Flip? Alasan utamanya adalah karena Flip menawarkan sistem pembayaran yang hemat. Dengan Flip, kamu bisa menyelesaikan pembayaran tanpa perlu biaya tambahan*. Kamu pun bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk melakukan pembayaran atau pengiriman ke beda bank ataupun ke dompet digital. Dijamin, hemat deh kalau pakai Flip!

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi