mural
homeforward
Mengenal Budaya Jepang Beserta Tradisi dan Kebiasaannya yang Patut Ditiru

Mengenal Budaya Jepang Beserta Tradisi dan Kebiasaannya yang Patut Ditiru

Budaya Jepang yang memesona merupakan salah satu daya tarik Negeri Sakura. Sesuai julukannya, Jepang dikenal akan keindahan bunga sakura. Ciri khas budaya Jepang tampak dari pakaian, tradisi, dan keseniannya.

Jepang tak hanya menjadi destinasi wisata favorit, melainkan juga negara terbaik untuk menimba ilmu dan merintis karier. Tak heran banyak orang yang tertarik mencari beasiswa dan lowongan pekerjaan di Jepang.

Kalau kamu juga ingin berkuliah di Jepang, cobalah mewujudkannya dengan cara kuliah di luar negeri ini cukup efektif. Namun, pastikan kamu mempelajari sejarah dan budaya negara tujuan supaya terhindar dari culture shock

Baca juga: Mau Tahu Cara Kerja di Jepang? Simak Tipsnya!

 

Perkembangan dan Kondisi Sosial Budaya Jepang 

mengenal budaya jepang.jpeg

Sumber : Envato

Perkembangan sosial budaya Jepang tak lepas dari sejarah di masa lampau. Meskipun Jepang dikenal sebagai negara dengan teknologi maju, masyarakatnya tetap memegang teguh tradisi dan nilai leluhur. 

Modernisasi hanya membuat masyarakat Jepang dimudahkan dalam beraktivitas, bukan justru melupakan sejarah dan adat istiadat. Modernisasi juga memberikan warna baru dan dampak positif pada kondisi sosial budaya Jepang

Salah satunya adalah peran wanita dalam berbagai industri. Selain itu, masyarakat Jepang yang cenderung berkelompok membuat kerja sama di antara mereka sangat kuat. Mereka juga dikenal setia dan loyal. Namun, orang Jepang cenderung tertutup pada orang baru. Mereka juga akan mengikuti alur agar kondisi tetap harmonis.

 

Ciri Khas Budaya Jepang

Kendati Jepang mempunyai kebudayaan beragam, berikut ciri khas yang identik dengan Negeri Sakura.

  • Hanami: tradisi menyambut bunga sakura bersemi. Hanami diadakan pada bulan April setiap tahun. Ketika Hanami, orang Jepang akan menikmati keindahannya bersama keluarga atau teman di Taman Ueno dan Koukyo.
  • Koinobori: festival layang-layang bentuk ikan yang diadakan untuk memperingati Hari Anak setiap 5 Mei. Layang-layang ini terbuat dari kain berbagai motif yang dijahit sesuai ukuran yang diinginkan. 
  • Fuji Matsuri: tradisi menyambut bunga fuji bermekaran. Untuk menikmati keindahan bunga fuji, masyarakat Jepang akan mengunjungi Kuil Kameido Tenjin.
  • Hiwatari-Sai: tradisi berjalan di atas api. Biasanya Yamabushi (pendeta Buddha) yang sudah bertapa di gunung akan melakukan tradisi ini sembari mendoakan dunia tetap damai.
  • Chanoyu: tradisi menyajikan dan meminum teh. Terdapat 3 hal penting dalam menyajikan teh, yakni tidak menggunakan gula, teh harus diminum dalam keadaan panas, dan pembuatan harus steril tidak ada kotoran.

 

Kebiasaan dan Tradisi Orang Jepang

mengenal budaya jepang 1.jpeg

Sumber : Envato

Selain ciri khas di atas, Jepang juga dikenal luas karena kebiasaan dan tradisi yang mengakar kuat. Beberapa tradisi budaya Jepang yang bisa dijadikan inspirasi, antara lain sebagai berikut.

Disiplin

Orang Jepang sangat disiplin dan menghargai waktu. Sekalipun mendapatkan waktu toleransi keterlambatan hingga 10 menit dari acara, mereka jarang datang terlambat dan merasa malu apabila melakukannya. Kalau kamu mendapatkan kesempatan study abroad, pastikan kamu datang tepat waktu.

Bertamu Membawa Bingkisan

Ketika datang berkunjung, orang Jepang selalu membawa bingkisan atau disebut omiyage. Makanan ini tidak boleh dipotong atau berjumlah empat dan sembilan karena dipercaya sebagai simbol kesialan dan penderitaan. Selain makanan, mereka kerap membawa benda yang bermanfaat bagi pemilik rumah. 

Melepas Alas Kaki

Orang Jepang memiliki kebiasaan melepas alas kaki sebelum memasuki area genkan (pintu masuk ke ruang tamu). Alas kaki harus disimpan rapi dan menghadap arah luar untuk memudahkan pemakaian ketika hendak keluar rumah.

Tata Krama Ketika Perjamuan

Hendaklah menunggu tuan rumah mempersilakan duduk dan mencicipi makanan. Jangan sampai kamu duduk dan makan lebih dulu sebelum dipersilakan tuan rumah karena hal ini dianggap tidak sopan.

Etika Memperkenalkan Diri

Orang Jepang senang memperkenalkan diri, baik di lingkungan sekolah, universitas, maupun bisnis. Biasanya mereka akan menyebut nama lengkap beserta nama panggilan, jurusan kuliah atau unit pekerjaan, dan hal lain yang ingin disampaikan.

Membungkuk dan Memberi Salam

Ojigi (membungkuk) merupakan salah satu budaya Negeri Sakura yang menandakan penghormatan. Selain ojigi, orang Jepang akan menyapa dan memberi salam di berbagai situasi. 

Meminta Maaf dan Terima Kasih

Bagi masyarakat Jepang meminta maaf adalah hal yang semestinya. Mereka tidak segan mengucapkan maaf sembari membungkuk ketika melakukan kesalahan. Ucapan terima kasih juga biasa diucapkan dalam berbagai kesempatan.

 

Perbedaan Budaya Jepang dan Indonesia

Perbedaan budaya Jepang dan Indonesia terlihat jelas dari kebiasaan sehari-hari. Orang Jepang sangat taat aturan dan disiplin, hal inilah yang harus dipelajari orang Indonesia. Disiplin dan menghargai waktu adalah kunci kesuksesan. 

Budaya meminta maaf dan mengucapkan terima kasih juga perlu dicontoh. Meminta maaf atas kesalahan akan membuat kita menjadi pribadi pemberani mengakui kesalahan dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukan.

Kendati sepele, mengucapkan terima kasih bisa berarti besar bagi orang lain. Melalui ucapan terima kasih, orang lain merasa bahwa apa yang dikerjakannya bisa diterima dan dihargai oleh orang lain.

 

Baca juga: Mengupas Salah Satu Kampus Top di Jepang – Universitas Tokyo

Demikianlah informasi tentang budaya Jepang yang bisa kamu jadikan pelajaran. Ambil dan terapkan hal positif dari perbedaan budaya Jepang dan Indonesia di keseharianmu supaya kamu bisa tumbuh menjadi pribadi menawan dan sukses di masa depan. Untuk memudahkan transfer internasional tanpa repot dan dijamin aman, kamu bisa menggunakan Flip Globe. Ayo, pakai Flip Globe sekarang! 

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi