mural
homeforward
Alasan Kamu Perlu Study Abroad, Buka Banyak Pintu Peluang

Alasan Kamu Perlu Study Abroad, Buka Banyak Pintu Peluang

Study abroad adalah salah satu pengalaman yang sebaiknya jangan kamu lewatkan jika memiliki kesempatannya. Pembelajaran yang kamu dapatkan bukan hanya sebatas ilmu akademis, tetapi juga pembelajaran mengenai budaya serta berbagai keterampilan pengembangan diri lain yang akan sangat bermanfaat untukmu di masa mendatang.

Study Abroad vs Student Exchange

Kesempatan untuk studi di luar negeri memang tidak hanya study abroad. Salah satu program lain yang bisa kamu manfaatkan untuk berkuliah di luar negeri adalah dengan mengikuti student exchange.

Adapun perbedaan study abroad dan student exchange yang paling umum adalah dari segi durasi. Study abroad adalah studi di luar negeri yang kamu lakukan dalam satu masa studi penuh, yakni sejak awal hingga akhir perkuliahan. Sementara itu, student exchange adalah studi di luar negeri yang biasanya hanya beberapa semester, biasanya satu hingga empat semester.

Selain itu, jika memutuskan untuk study abroad maka biasanya kamu mencari sendiri perguruan tinggi yang akan jadi tempat belajar. Berbeda dengan student exchange yang biasanya sudah difasilitasi oleh pihak kampus dalam negeri (umumnya sudah ada kerja sama antara kampus di Indonesia dengan kampus di negara tujuan).

Dari segi biaya pun berbeda. Biaya study abroad cenderung lebih mahal karena kamu benar-benar harus membayar sejak awal hingga akhir perkuliahan sekaligus menyiapkan berbagai biaya-biaya lain. Namun, hal ini tak perlu kamu khawatirkan jika kamu mendapat beasiswa.

Biaya exchange student pun biasanya juga tidak murah, tetapi relatif lebih rendah dibandingkan study abroad . Besarnya biaya ini tentu ditentukan pula dengan kebutuhan serta negara tujuan.

Keuntungan Study Abroad

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat berkuliah di luar negeri apalagi sejak awal hingga akhir masa studi. Selengkapnya, berikut adalah beberapa keuntungan utama study abroad.

Memperkaya Wawasan 

Benefit yang paling terasa saat kamu menjalani study abroad adalah wawasan yang makin luas. Wawasan yang dimaksud pun mencakup banyak aspek, termasuk dalam kehidupan sehari-hari.

Pertama, kamu akan mendapat pengalaman belajar akademis dengan sistem, lingkungan, dan bahkan cara pembelajaran yang berbeda. Mayoritas pembelajaran dengan mahasiswa internasional pun menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar, berbeda dengan mayoritas sekolah di Indonesia pada umumnya.

Selain itu, kamu juga akan belajar untuk beradaptasi di lingkungan dengan budaya baru. Kamu mungkin akan mengalami culture shock (terutama jika menempuh studi di negara dengan budaya yang cukup berbeda dari Indonesia, seperti di Asia Timur, Eropa, Australia, dan lainnya).

 

Baca Juga : Punya Mimpi Kuliah di Luar Negeri? Wujudkan dengan 7 Cara Ini!

 Memperluas Networking 

Study abroad adalah kesempatan emas untuk kamu memperluas networking dengan orang-orang dari berbagai negara asal. Makin banyak networking yang kamu miliki, makin banyak pembelajaran dan wawasan yang bisa kamu peroleh. Kamu pun juga dapat sekaligus melatih kemampuan public speaking melalui hal ini.

Selain itu, bukan tak mungkin luasnya networking ini akan menjadi bekal utamamu saat nanti berkarier. Seperti kata pepatah: your network is your net worth. Boleh jadi kamu akan mendapat berbagai kesempatan karier di berbagai belahan dunia lewat relasi yang kamu miliki dan jaga saat menjalani study abroad.

Melatih Kemandirian

Merantau di kota lain saja akan membantumu melatih kemandirian, apalagi jika kamu sampai merantau di negara yang memiliki kultur dan kondisi berbeda dari zona nyamanmu selama ini. Ada banyak hal yang harus kamu lakukan sendiri dengan cara-cara baru dan tak bisa mengandalkan siapa pun kecuali diri sendiri.

Kemandirian ini pun dimulai dari hal-hal sederhana seperti merawat diri sehari-hari. Sekalipun terasa berat di awal, kesempatan ini akan mengajarkan dan menyadarkan dirimu atas kemampuan yang selama ini barangkali tidak pernah kamu sadari. Menyenangkan bukan, mengetahui ada hal-hal baru tentang dirimu setiap hari, sekecil apa pun itu?

 

Baca Juga : Persiapan Penting Sebelum Kuliah di Jerman

 

 Kuliah di Perguruan Tinggi Terbaik 

Tak dimungkiri, perguruan tinggi terbaik di dunia masih didominasi oleh negara-negara di Indonesia. Belajar di kampus-kampus tersebut tentu akan memberi banyak pembelajaran untukmu.

Kamu dapat belajar dari para profesor dengan kompetensi yang tak diragukan secara langsung. Mahasiswa lain di sekitarmu pun tentu tak kalah berkualitas sehingga dapat mendorongmu untuk terus belajar dan berkembang lebih baik.

Peluang Kerja Lebih Luas 

Keuntungan yang tak kalah penting lainnya dari mengikuti study abroad adalah memiliki peluang kerja yang lebih luas apalagi jika kamu merupakan lulusan universitas bergengsi. Kamu punya nilai jual yang lebih tinggi, baik di dalam maupun luar negeri.

Setidaknya kemampuan berbahasa Inggris-mu tak akan diragukan, terlebih lagi jika kamu juga berkuliah di negara lain yang menggunakan bahasa asal. Selain itu, pengalaman bertahan dan bertumbuh di tengah lingkungan yang sama sekali baru juga menjadi catatan tersendiri. Mereka yang berkuliah di luar negeri pun biasanya dinilai memiliki kemampuan leadership, komunikasi, dan manajemen yang baik.

Study abroad adalah pengalaman yang bahkan kesempatannya tidak dapat dimiliki oleh setiap orang. Maka dari itu, dengan berbagai benefit yang ditawarkan, jangan ragu untuk mengambil kesempatan tersebut jika memang memungkinkan.

Flip akan terus mendukungmu lewat layanan Flip Globe. Berbagai transaksi internasional dari Indonesia ke 50+ negara lain kini bisa kamu lakukan dengan lebih cepat dan mudah sehingga dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus menunda lama. Tentunya, Flip Globe juga hadir dengan biaya terjangkau.

Yuk, download Flip sekarang di App Store atau Play Store dan nikmati mudah dan murahnya transaksi ke luar negeri!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi