mural
homeforward
Wow! Ternyata Begini Kondisi Kehidupan dan Budaya di Inggris

Wow! Ternyata Begini Kondisi Kehidupan dan Budaya di Inggris

Budaya Inggris tercatat sebagai salah satu yang tertua di dunia. Tak heran apabila kebudayaan Inggris begitu menarik untuk dipelajari. Apabila kamu hendak berkunjung ke Inggris selama liburan atau melanjutkan pendidikan, pastikan untuk mempelajari sosial budaya Inggris lebih dulu.

Baca juga: Info Terkini Biaya Hidup di Inggris untuk Para Diaspora

 

Sekilas Tentang Kondisi Sosial Budaya Inggris 

mengenal budaya inggris.jpeg

Sumber : Pikiran Rakyat

Kondisi sosial budaya Inggris dipengaruhi oleh kondisi ekonominya. Inggris merupakan negara dengan perekonomian industri yang maju dan termasuk sepuluh besar negara penghasil prodyk dalam negeri terbesar di dunia. Hampir 80% perekonomian rakyat Inggris berasal dari jasa dan sisanya berasal dari industri, pertanian, peternakan, perikanan, maupun pertambangan.

Peradaban Inggris dalam bidang pendidikan, teknologi, dan seni tergolong sangat maju. Di Inggris, London merupakan pusat kota sekaligus pusat kebudayaan terpenting. Pasalnya, di London terdapat sejumlah teater bertaraf internasional dengan reputasi yang baik. Di negara ini, kesetaraan gender telah diterapkan dengan sangat baik. 

Mengingat Inggris masih menganut pemerintahan monarki, pengetahuan mengenai sejarah dan table manner sangatlah penting. Serupa dengan Jerman, orang-orang Inggris juga sangat menghargai waktu. Mereka tidak menyukai segala bentuk keterlambatan.

Sebelum bertolak ke Inggris, alangkah bijak apabila kamu sudah mengerti perbedaan paspor biasa dan elektronik serta cara membuat visa online. Cara ini akan meminimalisasi kamu dari masalah imigrasi.

 

Tradisi dan Kebiasaan Orang Inggris 

mengenal budaya inggris 1.jpeg

Sumber : Grid

Menariknya, di era modern ini orang-orang Inggris masih menjaga tradisi dan budayanya agar tetap lestari. Beberapa tradisi, kebiasaan, dan budaya Inggris yang perlu kamu ketahui, di antaranya sebagai berikut.

Cara Berpakaian

Berpakaian di Inggris cukup santai. Kamu hanya perlu menyesuaikan pakaian yang dikenakan sesuai musimnya. Namun, ketika kamu hendak menghadiri acara jamuan, rapat, wawancara, atau acara resmi lainnya gunakan pakaian yang rapi dan sopan. Apabila terdapat informasi mengenai dress code, pastikan untuk menggunakan pakaian yang sesuai.

Memberi Salam

Ketika hendak menyapa seseorang pertama kalinya, cukup jabat tangan orang tersebut. Kamu boleh melakukan kontak mata sekadarnya, hindari kontak mata berlebihan karena akan dianggap menganggu. 

Memulai Percakapan 

Perlu kamu ketahui bahwa orang Inggris terkesan pendiam pada awalnya, tetapi mereka adalah pribadi yang hangat jika sudah mengenal lebih dekat. Namun, perlu diingat bahwa seakrab apa pun menanyakan usia akan dianggap sebagai tindakan kurang sopan. 

Kamu juga dilarang meminta pendapat seseorang yang belum dikenal jika tidak ingin dicap tidak sopan. Ketika hendak memulai percakapan, pilih topik yang aman. Contohnya: cuaca atau seputar kegiatan yang akan kamu kerjakan.

Berjalan Cepat

Orang Inggris memiliki kebiasaan berjalan cepat untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat, utamanya di musim dingin. Mereka juga tidak menyukai berlama-lama di luar ruangan sekalipun telah menggunakan pakaian hangat.

Minum Teh

Masyarakat Inggris memiliki kebiasaan unik, yakni minum teh di sore hari atau disebut Cuppa. Tradisi ini telah ada sejak abad 19 dan masih dilestarikan hingga saat ini. Biasanya, secangkir teh akan disajikan dengan sepiring sandwich atau kue kering. Kamu bisa menikmati suasana sore atau membaca buku favoritmu sembari minum teh.

Tertib

Orang Inggris terbiasa tertib dan mau mengantre. Menerobos antrean merupakan tindakan yang tidak sopan dan kamu akan dicap menganggu ketertiban. Di Inggris, pemandangan petugas keamanan yang datang untuk mengamankan penerobos antrean merupakan hal biasa.

Memberi Tip

Memberikan uang tip juga menjadi tradisi masyarakat Inggris ketika mengadakan perjamuan di restoran, menginap di hotel, atau setelah menaikki taksi. Besaran tip bervariasi. Umumnya 10 sampai 15% dari tagihan.

Membawa Hadiah

Tradisi unik masyarakat Inggris lainnya adalah membawa hadiah ketika berkunjung ke rumah teman, saudara, atau tetangga. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kesopanan. Hadiah yang umumnya dibawa, meliputi kue, tas, mug, buku, atau hiasan rumah.

 

Perbedaan Budaya Inggris dan Indonesia

mengenal budaya inggris 2.jpeg

Sumber : Qiwii

Perbedaan budaya Inggris dan Indonesia tampak dari kebiasaan masyarakatnya. Orang Inggris sangat mematuhi aturan dan membiasakan budaya mengantre. Lain halnya dengan masyarakat Indonesia yang cenderung melanggar aturan dan menyela antrean. Orang Inggris juga terbiasa berjalan cepat, berbeda dengan Indonesia yang lebih santai.

Jika di Inggris terdapat tradisi minum teh, sebagian besar orang Indonesia menyukai kopi. Kopi dinilai mampu memberikan kesegaran dan membuat pekerja yang memiliki shift malam tetap terjaga. Berbeda dengan orang Inggris yang terkesan dingin, orang Indonesia justru sangat ramah terhadap wisatawan asing.

Kendati terdapat cukup banyak perbedaan, Indonesia juga memiliki kesamaan dalam bersikap sopan terhadap orang lain. Orang Indonesia tidak segan memberikan tenaga maupun harta untuk membantu orang yang kesulitan. 

 

Baca juga: Mengagumkan, Begini Budaya Jerman yang Bisa Kamu Pelajari!

Demikianlah informasi singkat mengenai budaya Inggris yang bisa kamu pelajari. Pastikan untuk menerapkan hal positif dari perbedaan budaya Inggris dan Indonesia supaya kamu bisa meraih kesuksesan di masa depan. Gunakan Flip Globe untuk kemudahan transfer internasional tanpa repot dan dijamin aman. Ayo, pakai Flip Globe sekarang! 

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi