mural
homeforward
7 Keuntungan Kerja Sama dengan Ekspatriat di Indonesia

7 Keuntungan Kerja Sama dengan Ekspatriat di Indonesia

Menjadi ekspatriat di Indonesia merupakan salah satu profesi yang disukai para pekerja asing. Hal itu karena Indonesia adalah negara yang memberikan berbagai kemudahan untuk para ekspatriat. Berdasar survei yang dilakukan Expat Insider 2022, disebutkan bahwa Meksiko menempati posisi pertama negara terbaik untuk ekspatriat, sementara Indonesia berada di peringkat dua. 

Hingga Mei 2022, menurut informasi yang dilansir Katadata.co.id, jumlah ekspatriat yang yang ada di Indonesia mencapai 96,57 ribu pekerja. Jumlah ini telah mengalami peningkatan dibanding pada masa pandemi Covid-19 tahun 2020-2021 lalu. 

Nah, banyaknya ekspatriat yang berkarier di Indonesia ini memberikan berbagai dampak. Salah satunya adalah terjadinya peningkatan investasi serta semakin cepatnya adopsi teknologi. Di samping itu, keberadaan ekspatriat di Indonesia juga memberikan keuntungan bagi masyarakat umum, khususnya jika mereka menjalin hubungan kerja sama. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika kamu bekerja sama dengan para ekspatriat! 

Baca juga: Ingin ke Luar Negeri? Pahami Dulu Jenis-jenis dan Cara Membuat Visa

 

1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing 

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

Sumber : Istock 

Ekspatriat memiliki berbagai macam pengertian. Ada yang mengartikan kalau ekspatriat adalah pekerja asing pada suatu negara, ada juga yang menyebut ekspatriat sebagai orang asing pada suatu negara, entah untuk bekerja ataupun melakukan aktivitas lain dalam waktu tertentu. Namun intinya, ekspatriat adalah orang asing. Maka, jika kamu bekerja sama dengan mereka, tentunya hal itu dapat meningkatkan kemampuanmu dalam menggunakan bahasa asing. Hal ini karena ketika berkomunikasi dengan mereka, kamu harus menggunakan bahasa asing sesuai dengan bahasa yang dikuasai para ekspatriat itu. 

 

2. Melatih Kedisiplinan 

Melatih Kedisiplinan

Sumber : Istock 

Salah satu contoh ekspatriat di Indonesia adalah konsultan asing yang bekerja di perusahaan-perusahaan besar. Ada yang dari Jepang, Amerika Serikat, Jerman, Prancis, dan lainnya. Tidak bisa dipungkiri jika orang-orang asing ini memiliki budaya disiplin yang sangat tinggi. Orang Jepang misalnya, mereka terkenal sangat menghargai waktu dan kerapian. 

Nah, kalau kamu bekerja sama dengan orang seperti ini, kamu pasti juga akan menjadi sosok yang disiplin. Jika kamu tidak menyesuaikan diri dengan budaya para ekspatriat itu, tentunya hal tersebut dapat memengaruhi kerja sama. Bisa saja terjadi konflik yang menyebabkan kerja sama tidak berjalan dengan lancar, sehingga menimbulkan berbagai kerugian. 

 

3. Wawasan Jadi Semakin Luas 

Wawasan Jadi Semakin Luas

Sumber : Istock 

Bekerja sama dengan ekspatriat yang ada di Indonesia juga akan membuat wawasanmu menjadi semakin luas. Salah satu alasannya adalah para ekspatriat itu biasanya suka menceritakan berbagai hal seputar kehidupan di negara asalnya. Nah, mendengarkan cerita dari para ekspatriat ini pastinya akan memberikan insight baru bagi kamu. Di samping itu, tidak jarang para ekspatriat membagikan ilmu-ilmu terbaru yang barangkali belum banyak dipelajari di Indonesia. 

 

4. Penghargaan terhadap Skill Tinggi 

Penghargaan terhadap Skill Tinggi

Sumber : Istock 

Gaji ekspatriat di Indonesia maupun di negara-negara lain umumnya jauh lebih tinggi dibanding gaji para pekerja lokal. Hal ini sesuai dengan skill yang dimiliki, juga loyalitas mereka terhadap pekerjaan. Nah, di samping mendapat penghargaan yang tinggi terhadap skill yang dimiliki, para ekspatriat ini biasanya juga sangat menghargai skill orang lain, terutama rekan kerjanya. Sehingga, jika kamu bekerja sama dengan mereka, apa pun kemampuanmu—selama itu berguna untuk pekerjaan—akan mendapat penghargaan yang sepadan. 

Jika tidak dalam bentuk nominal uang, penghargaan tersebut juga bisa berupa kesempatan untuk mengembangkan karier. Para ekspatriat tidak akan pelit untuk berbagi ilmu dengan rekan kerjanya. 

 

5. Jaringan Relasi Luas 

Jaringan Relasi Luas

Sumber : Istock 

Bekerja dengan orang lain sudah pasti akan menambah jaringan relasi kamu. Apalagi jika kamu bekerja sama dengan para ekspatriat, yang mana mereka adalah orang dari luar negeri, jelas jaringan kenalanmu akan semakin luas. Hubungan kerja sama dengan ekspatriat di Indonesia ini membuka peluang bagi kamu untuk mengenal rekan-rekan ekspatriat tersebut. Bahkan, jika hubungan kerja samamu sudah sangat dekat, kamu bisa mengenal keluarga masing-masing. Hal ini akan memberikan berbagai manfaat suatu saat nanti. 

 

6. Selalu Mengutamakan Profesionalitas 

Selalu Mengutamakan Profesionalitas

Sumber : Istock 

Ekspatriat adalah kelompok pekerja yang sangat terkenal dengan profesionalitasnya. Mereka adalah orang-orang kompeten yang senantiasa menjalankan berbagai pekerjaan sesuai prosedur yang berlaku. Hal ini jelas akan memberikan keuntungan bagi kamu jika bekerja sama dengan mereka. Misalnya dalam hal pembayaran pajak penghasilan (PPh Pasal 21). Sebagaimana para pekerja lokal, para ekspatriat juga wajib membayar pajak

Sesuai aturan yang berlaku, pajak ekspatriat di Indonesia wajib dibayarkan jika tenaga kerja asing tersebut telah berada di Indonesia selama 183 hari lebih, dalam kurun waktu 12 bulan berturut-turut. Nah, para ekspatriat biasanya akan taat membayar pajak, sebagaimana sikap profesionalitas yang selalu dijunjung tinggi. Bekerja sama dengan orang-orang seperti ini, pastinya memberikan berbagai keuntungan buat kamu. 

 

7. Menambah Nilai CV 

Menambah Nilai CV

Sumber : Istock 

Punya pengalaman bekerja sama dengan ekspatriat dapat kamu gunakan untuk meng-upgrade CV atau Curriculum Vitae-mu. Hal ini akan membuat penilaian atas kemampuanmu semakin tinggi. Kelak, saat kamu akan melamar kerja di perusahaan lain, pengalaman ini akan menjadi bahan pertimbangan penting bagi perekrut. 

Nah, itulah beberapa keuntungan jika kamu menjalin kerja sama dengan para ekspatriat di Indonesia. Selain itu, bekerja sama dengan orang asing juga memungkinkan kamu untuk kerap melakukan transaksi keuangan secara internasional. Misalnya, mentransfer sejumlah uang ke luar negeri untuk suatu keperluan. 

 

Baca juga: Ingin Pergi ke Luar Negeri? Pahami Perbedaan Visa dan Paspor, Yuk!

Kalau kamu ingin lebih hemat dalam melakukan transfer internasional, kamu bisa memanfaatkan layanan Flip Globe pada aplikasi Flip yang memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan saat bertransaksi. Lewat Flip Globe, biaya transfer ke luar negeri akan lebih hemat, sebab berapa pun jumlah uang yang ditransfer, biayanya akan selalu flat alias sama. 

Kamu juga tidak perlu melakukan penukaran uang rupiah dengan uang asing. Cukup memilih bank dan jenis mata uang, uang rupiahmu akan langsung dikonversikan ke dalam bentuk mata uang negara yang dituju. Pastinya hal ini akan memengaruhi jalinan kerja samamu dengan para ekspatriat di Indonesia. Yuk, segara unduh Flip di PlayStore atau AppStore secara gratis!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi