mural
homeforward
Fakta Negara Thailand, Jumlah Kuil dan Festival Tahunannya Bikin Kaget!

Fakta Negara Thailand, Jumlah Kuil dan Festival Tahunannya Bikin Kaget!

Tahukah kamu bahwa terdapat sejumlah fakta negara Thailand yang masih belum diketahui banyak orang? Thailand merupakan negara di kawasan ASEAN yang menawarkan panorama alam menakjubkan. Tak hanya memiliki potensi wisata yang bisa kamu eksplorasi, Thailand juga mempunyai sejarah dan budaya yang tak kalah menarik untuk dipelajari. 

Baca juga: Lagi Naik Daun, Mengapa Kuliah di Thailand Makin Diminati?

 

Sederet Fakta Negara Thailand yang Perlu Kamu Ketahui!

fakta negara thailand.jpeg

Sumber : Okezone

Di Indonesia, popularitas Thailand meningkat karena kulinernya yang menggoda selera. Makanan, seperti Tom Yum, Pad Thai, dan Mango Sticky Rice merupakan favorit banyak orang Indonesia. Selain kuliner, Thailand juga makin disukai karena menampilkan hiburan berupa drama dan film berkualitas melalui aplikasi streaming.

Kendati demikian, hal tersebut hanyalah sebagian kecil dari Negeri Gajah Putih yang kamu ketahui. Realitanya, masih banyak fakta Negara Thailand yang masih jarang diketahui publik. Adapun beberapa fakta tersebut, antara lain sebagai berikut.

Nama Asli 

Sebagaimana diketahui, ibu kota Thailand adalah Bangkok. Namun, tahukah kamu bahwa masyarakat Thailand telah mengganti nama Bangkok dengan nama asli menggunakan bahasa setempat? Nama asli Bangkok secara resmi sangat panjang, yakni Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom. Untuk memudahkan penyebutannya, nama tersebut disingkat Krung Thep. 

Bendera 

Tak banyak yang menyadari bahwa sebelum tahun 1917, bendera Thailand memiliki gambar gajah putih berlatar belakang warna merah. Setelah mengalami perubahan, bendera Thailand terdiri dari tiga warna, yakni merah, putih, dan biru. 

Lantaran warnanya tersebut, bendera Thailand sering disebut Thong Trairong (bendera tiga warna). Sebagaimana bendera negara pada umumnya, bendera Thailand memiliki arti di setiap warnanya.

Dua garis horizontal melambangkan tanah dan rakyat Thailand, sedangkan horizontal putih menggambarkan kemurnian ajaran agama Buddha. Pita biru yang melintang di bagian tengah melambangkan konstitusi monarki. 

Menariknya, Thong Trairong akan dikibarkan setiap pukul 08:00 waktu setempat dan diturunkan pada pukul 18:00 waktu setempat. Tradisi ini telah dimulai sejak 1917 pada masa Raja Vajiravudh (Rama VI).

Bahasa dan Huruf 

Fakta negara Thailand selanjutnya adalah mengenai bahasa dan huruf. Thailand memiliki bahasa resmi yang disebut Thai. Lantaran sangat ‘tonal’ bahasa Thai diyakini sebagai salah satu bentuk dari Bahasa Mandarin yang dibawa secara bertahap ke Thailand pada abad ke-7 hingga ke-13. 

Bahasa Thai memiliki 32 huruf vokal dan 44 huruf konsonan yang apabila dirangkai dapat menjadi satu kalimat utuh. Kamu harus mempelajarinya apabila ingin kuliah di universitas Thailand.

Bunga Nasional 

Bunga nasional Thailand adalah Ratchaphruek. Bunga yang mempunyai nama ilmiah Cassia fistula ini bisa ditemukan di negara tropis, seperti Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ratchaphruek berwarna kuning cerah dan masuk sebagai salah satu keluarga Fabaceae. Bunga yang dikenal dengan sebutan Tengguli di Indonesia ini mempunyai lima kelopak dalam satu tangkai. Bagi Thailand, warna kuning pada Ratchaphruek melambangkan kesatuan dan keharmonisan.

Jumlah Kuil 

Tak hanya dikenal sebagai tanah kelahiran kucing jenis siam, Thailand juga populer karena keindahan kuilnya. Diperkirakan jumlah kuil vihara yang tersebar di kawasan Thailand mencapai 35 ribu. Beberapa vihara yang kerap dikunjungi wisatawan, antara lain Wat Phra Kaew yang terletak di area istana, Wat Rong Seur Teng yang memiliki ukiran rumit, serta Wat Pho atau disebut Kuil Buddha Merenung dengan panjang mencapai 46 meter dan tinggi 15 meter.

Tak Pernah Dijajah

Thailand tercatat sebagai negara ASEAN yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lain. Nyatanya, pemilihan nama Thailand bukan tanpa arti. Dalam bahasa Thai, Thailand disebut Prathet Thai yang apabila diterjemahkan artinya adalah ‘Tanah Bebas’. 

Festival Tahunan 

Thailand memiliki banyak festival tahunan yang menarik atensi wisatawan asing. Tak jarang wisatawan akan berkunjung pada bulan diadakannya festival. Tujuannya untuk ikut menikmati dan menjadi bagian dari festival tahunan tersebut. 

Beberapa festival tahunan yang populer di Thailand, antara lain:

  • Festival Songkrang diadakan pada pertengahan bulan April. Festival air ini bertujuan untuk pembersihan. Kegiatan wajib dalam festival ini adalah membersihkan patung Buddha dan menyajikan makanan untuk biksu.
  • Festival Loy Krathong digelar setiap bulan November sebagai perayaan akhir tahun. Tujuan festival ini adalah memberikan penghormatan dan melarungkan sajen untuk Dewi Air Mae Kongkha. Festival ini juga kerap digunakan sebagai ajang mensucikan diri dari amarah maupun hal buruk lainnya.
  • Lopburi Monkey Banquet Festival diadakan di kuil monyet di Kota Lopburi. Pada festival ini, kamu akan memberikan makanan pada sekumpulan monyet yang tinggal di Hutan Kuil Phra Prang Sam.

 

Baca juga: Restoran Makanan Thailand di Jakarta, Rasa Autentik dan Istimewa

Demikianlah sejumlah fakta Negara Thailand yang perlu kamu ketahui untuk menambah pengetahuan. Kalau kamu hendak berlibur ke Thailand, jangan ragu menggunakan Flip Globe untuk transfer internasional. Cukup dengan Flip Globe, transfer ke berbagai negara makin praktis, prosesnya pun cepat, dan dijamin aman. Keren kan? Yuk, pakai Flip Globe sekarang! 

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi