mural
homeforward
Ingin Kuliah ke Universitas Chulalongkorn di Thailand? Ini Fakta Penting yang Perlu Kamu Ketahui!

Ingin Kuliah ke Universitas Chulalongkorn di Thailand? Ini Fakta Penting yang Perlu Kamu Ketahui!

Kuliah ke luar negeri menjadi keinginan banyak anak muda di Indonesia. Bisa jadi kamu adalah salah satu di antaranya. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, kamu bisa menentukan pilihan tempat kuliah yang sangat banyak. Kalau ingin kuliah luar negeri yang tak terlalu jauh, bisa mempertimbangkan ke Universitas Chulalongkorn di Thailand. 

Terkait keinginan kamu berkuliah ke universitas di Thailand, ada 5 fakta menarik tentang Universitas Chulalongkorn atau populer dengan sebutan CU atau Chula sebagai berikut: 

1. Kampus Tertua di Thailand

Cikal bakal pendirian universitas ini bermula dari kebijakan Raja Chulalongkorn yang membangun Sekolah Abdi Kerajaan pada 1902. Sekolah tersebut kemudian difungsikan sebagai universitas nasional oleh Raja Chulalongkorn pada tahun 1917. Kebijakan tersebut pun membuat Chula sebagai lembaga pendidikan tinggi tertua di Thailand. 

Keberadaan Chula merupakan inisiatif dari Raja Chulalongkorn mempertahankan kekuasaan kerajaan Thailand dari pengaruh kolonialisme. Lewat Chula, Raja Chulalongkorn berharap agar Thailand bisa mempunyai sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi. Oleh karena itu, Chula terbuka sebagai akses pendidikan untuk setiap lapisan masyarakat. 

 

          Baca Juga : Begini Cara Ekspor Barang yang Aman ke Luar Negeri

2. Kampus Terbaik di Negeri Gajah Putih

Chula bukan hanya kampus tertua di Thailand. Namun, kamu juga akan menjumpai kalau Universitas Chulalongkorn adalah perguruan tinggi nomor satu di sana. Kualitas pendidikan di Chula pun mendapatkan pengakuan dari berbagai lembaga, termasuk di antaranya adalah: 

  • QS World University Ranking menyebutkan Chula sebagai kampus terbaik di Thailand selama 8 tahun berturut-turut, dari tahun 2012 hingga 2021
  • QS Asia University Rankings menuliskan Universitas Chulalongkorn sebagai perguruan tinggi nomor 1 di Thailand secara berturut-turut dari 2017 hingga 2021
  • Times Higher Education World University Rankings by Subject 2021 menyebutkan Chula sebagai perguruan tinggi nomor 1 di Thailand

3. Termasuk dalam Deretan Perguruan Tinggi Terbaik Dunia

Tidak cuma menjanjikan sarana pendidikan terbaik di Thailand, Chula merupakan salah satu institusi pendidikan berkelas dunia. Hal itu terbukti dengan pencapaian Chula yang bisa kamu ketahui dari QS World University Rankings. 

Pada 2021, Chula termasuk dalam World's Tops 100 Univerisities untuk kategori reputasi akademik. Secara keseluruhan, Universitas Chulalongkorn berada di posisi ke-208, naik sebanyak 39 peringkat dibandingkan tahun sebelumnya. 

4. Biaya Kuliah di Universitas Chulalongkorn

Chulalongkorn University merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Thailand. Oleh karena itu, biaya kuliah di sini relatif cukup terjangkau. Kamu perlu menyiapkan biaya kuliah berkisar di angka 61.500 Baht hingga 65.500 Baht atau setara Rp26 hingga 28 juta. 

Perhitungan biaya kuliah belum mencakup pengeluaran untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari selama di Thailand. Sebagai referensi, kamu perlu mengalokasikan dana untuk kebutuhan biaya hidup meliputi: 

  • 5.000 Baht atau setara Rp2,2 juta per semester untuk buku
  • 15.000 Baht atau sekitar Rp6,6 juta per bulan untuk asrama
  • Pengeluaran lain kurang lebih 10.000 Baht atau setara Rp4,4 juta per bulan

Kamu tidak harus menyiapkan keseluruhan biaya tersebut secara mandiri. Chula kerap menawarkan berbagai kesempatan beasiswa yang bisa kamu peroleh. Beasiswa tersebut ada yang berlaku secara penuh ataupun sebagian. 

 

          Baca Juga : Kuliah di Negeri Gajah Putih, Ini 8 Universitas Terbaik di Thailand

5. Tempat Kuliah Favorit Para Artis

Sebagai kampus terbaik di Thailand, tidak heran kalau Chula menjadi tempat kuliah favorit. Oleh karenanya, kamu bakal menemukan banyak tokoh terkenal berkuliah di sini, termasuk di antaranya adalah para artis terkemuka di Thailand. 

Beberapa nama terkenal yang mencatatkan dirinya sebagai salah satu mahasiswa di Universitas Chulalongkorn di antaranya adalah: 

  • Peach Pachara
  • New Thitipoom
  • March Chutavuth
  • Tay Tawan
  • Joss Wayar
  • Max Nattapol

Itulah berbagai fakta serta informasi menarik yang perlu kamu ketahui tentang Universitas Chulalongkorn. Selama berkuliah di sini, kamu pun bisa menyempatkan waktu untuk berkeliling ke berbagai tempat menarik. Apalagi, Thailand terkenal sebagai salah satu negara destinasi wisatawan terbaik di Asia Tenggara. 

Tak lupa, kamu perlu memanfaatkan layanan pengiriman uang ke luar negeri untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan selama di Thailand. Solusi terbaik, bisa kamu dapatkan dari layanan Flip Globe. Dengan Flip Globe, kamu hanya perlu membayar biaya transfer senilai Rp65 ribu per pengiriman. 

Biaya tersebut sangat murah. Apalagi, uang kiriman akan sampai dalam waktu singkat. So, tunggu apa lagi? Selalu gunakan Flip Globe ketika ingin melakukan pengiriman uang ke luar negeri. 

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi