mural
homeforward
Kuliah di Negeri Gajah Putih, Ini 8 Universitas Terbaik di Thailand

Kuliah di Negeri Gajah Putih, Ini 8 Universitas Terbaik di Thailand

Ingin kuliah di luar negeri, tetapi ingin memilih tempat yang relatif dekat dengan Indonesia? Selain Singapura dan Malaysia, Thailand juga bisa kamu tambahkan dalam destinasi studi, baik melanjutkan pendidikan sarjana maupun pascasarjana. Tak usah khawatir soal kendala bahasa sebab sebagian besar universitas terbaik di Thailand membuka program studi internasional dengan bahasa Inggris sebagai pengantar perkuliahan. Kabar baiknya, biaya hidup dan kuliah di Thailand relatif terjangkau lho. Penasaran mana saja universitas terbaik di Thailand berikut jurusan unggulan yang cocok untuk kamu? Ini daftar pendeknya. 

Baca juga: Ingin Kuliah ke Universitas Chulalongkorn di Thailand? Ini Fakta Penting yang Perlu Kamu Ketahui!

 

1. Universitas Mahidol 

Berdiri tahun 1943, Mahidol University (MU) jadi universitas ternama di Thailand yang mempunyai anggaran terbesar dalam pembiayaan program penelitian. Mahidol juga menjadi universitas negeri yang pertama kali menyelenggarakan program internasional. Seluruh program internasional di MU berada di bawah naungan satu kolese, yaitu Mahidol University International College atau MUIC. Kalau kamu berminat melanjutkan pendidikan kedokteran, MU adalah pilihan terbaik. Bahkan, MU mempunyai dua fakultas kedokteran, terdiri atas Fakultas Kedokteran RS Ramathibodi dan Fakultas Kedokteran RS Siriraj. 

 

2. Universitas Chulalongkorn 

Chulalongkorn University atau CU langsung muncul saat mencari tahu mana universitas terbaik Thailand. Selama satu dekade terakhir, CU memuncaki posisi teratas dalam daftar QS World University Rankings 2023. Universitas tertua di Thailand ini mempunyai sekitar 99 program internasional di semua jenjang pendidikan. Mulai dari 17 program studi di jenjang S1, 48 program studi di S2, dan 34 program studi di S3. Universitas ternama Thailand ini melahirkan deretan alumni ternama yang memiliki karier sukses, antara lain Putri Sirivannavari Nariratana Rajakanya (putri Raja Vajiralongkorn) dan Suppasit “Mew” Jongcheveevat. 

 

3. Universitas Khon Kaen 

Khon Kaen University atau KKU dikenal sebagai universitas riset negeri yang pertama sekaligus terbesar di kawasan timur laut Thailand. Berdiri pada tahun 1966, KKU juga masih menjadi universitas tertua yang paling diminati di wilayah tersebut. KKU masuk dalam deretan universitas terbaik di Thailand yang berkomitmen menggerakkan pemanfaatan energi bersih di lingkungan kampus. Reputasi KKU patut diperhitungkan melalui beberapa program studi unggulannya, terutama dalam bidang kedokteran, teknik, pertanian, sains, dan ilmu sosial. Sementara itu, pertanian, kedokteran tropis, dan kesehatan masyarakat merupakan bidang riset unggulan KKU yang menarik para peneliti dari berbagai belahan dunia untuk datang ke sini. 

 

4. Universitas Prince of Songkla 

Universitas ternama di Thailand bukan cuma di Bangkok. Prince of Songkla University atau PSU menyandang status universitas terbesar di daerah selatan Thailand. PSU berdiri sejak tahun 1967 dan memiliki lima lokasi kampus dengan kampus utama berada di Hat Yai. Saat ini PSU mengelola 30 fakultas, dua rumah sakit, dan serta lebih dari 40 pusat riset. Dengan jejaring riset internasional yang mumpuni, PSU memiliki visi sebagai universitas riset terdepan di Asia. PSU pun bisa jadi destinasi studi lanjutan melalui jalur riset, khususnya dalam bidang unggulan mereka: kedokteran, biologi, pertanian, dan fisika.   

 

5. Universitas Kasetsart 

Kasetsart University (KU) adalah universitas negeri berbasis riset di Bangkok, sekaligus menjadi universitas terbesar di Thailand. KU juga berstatus universitas pertanian pertama sekaligus tertua ketiga di Thailand. Berdiri tahun 1943, KU menyelenggarakan deretan program internasional dalam bidang pertanian, administrasi bisnis, ekonomi, teknik, agro industri, sains, manajemen hotel dan pariwisata, serta humaniora. Bahkan, untuk program magister, terdapat juga jurusan perikanan dan kehutanan. Tertarik berkuliah di KU? 

 

6. Universitas Chiang Mai 

Chiang Mai University atau CMU adalah universitas di Thailand dan jurusannya diminati oleh mahasiswa yang ingin mendalami teknik, sains, pertanian, dan kedokteran. CMU didirikan tahun 1964 dan menjadi universitas terbesar di wilayah utara Thailand. Uniknya, mahasiswa pascasarjana mendominasi jumlah mahasiswa yang berkuliah di CMU. Ini wajar sebab CMU menyelenggarakan 3 program studi bersertifikat, 87 program sarjana, serta 163 program pascasarjana. Untuk kelas internasional, CMU membuka 2 program studi S1, 18 program studi S2 dan S3. Pas banget nih buat kamu yang rencana lanjut studi magister! 

 

7. Universitas Thammasat 

Thammasat University (TU) merupakan universitas tertua kedua di Thailand. Program sarjana TU misalnya, menawarkan program internasional, bilingual, dan dalam bahasa Thai untuk semua jurusan, termasuk sosiologi, sains dan teknologi, ilmu kesehatan, dan humaniora. Namun, TU tersohor berkat program studi ilmu pengetahuan budaya dan ilmu sosial. Bisa dimaklumi jika seleksi penerimaan mahasiswa baru dalam dua program tersebut terbilang ketat karena banyak diminati. 

 

8. Asian Institute of Technology 

Ingin melanjutkan kuliah dalam bidang teknologi di Thailand? Asian Institute of Technology (AIT) jelas universitas terbaik di Thailand yang tepat buatmu. Berdiri tahun 1959, AIT berlokasi di Khlong Luang, Pathum Thani atau sekitar 40 km di sisi utara Bangkok. AIT bertujuan menggerakkan perubahan teknologi dan pengembangan berkelanjutan melalui pendidikan tinggi dan riset. AIT dikenal sebagai universitas ternama di Thailand yang unggul dalam jurusan teknik, teknologi, sustainable development, serta perencanaan dan manajemen.   

 

Baca juga: Punya Mimpi Kuliah di Luar Negeri? Wujudkan dengan 7 Cara Ini!

Sekarang kamu sudah tahu mana saja deretan universitas terbaik di Thailand. Segera siapkan berkas untuk memenuhi syarat pendaftaran kuliah di universitas tujuanmu. Nah, jika kamu butuh mentransfer dana untuk membiayai proses pendaftaran kuliah di Thailand, pakai Flip Globe saja. 

Transfer cepat tanpa biaya tersembunyi, Flip Globe bikin transfer uang ke luar negeri makin mudah. Coba sendiri, deh!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

4 Keuntungan Investasi Obligasi Bagi Pemula
4 Keuntungan Investasi Obligasi Bagi Pemula
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi