mural
homeforward
Lagi Naik Daun, Mengapa Kuliah di Thailand Makin Diminati?

Lagi Naik Daun, Mengapa Kuliah di Thailand Makin Diminati?

Popularitas Thailand di kalangan mahasiswa internasional terus meningkat. Kaya budaya dan sejarah, festival seru, hingga pantai indah melengkapi pengalaman para mahasiswa saat kuliah di Thailand. 

Tentu bukan itu saja, tetapi juga kualitas pendidikan tinggi Thailand yang mampu bersaing dengan universitas kelas dunia lainnya. Apa saja yang membuat Thailand makin diminati mahasiswa internasional?

Baca juga: Kuliah di Negeri Gajah Putih, Ini 8 Universitas Terbaik di Thailand

 

Kelebihan Kuliah di Thailand

38-1 Kompas.jpg

Sumber : Kompas

Ada tiga alasan utama mengapa kuliah di Thailand makin diminati. 

Kualitas Pendidikan Tinggi yang Unggul

Times Higher Education World Rankings University 2023 mencatat ada empat universitas di Thailand yang masuk dalam peringkat 801-1.000, yaitu Chulalongkorn University, King Mongkut’s University of Technology Thonburi, Mae Fah Luang University, dan Mahidol University. 

Sebagai perbandingan, Universitas Indonesia masuk di peringkat 1.001-1.200. Meski masih di bawah Singapura dan Malaysia, pendidikan tinggi Thailand cukup konsisten memberikan pelayanan terbaik.

Beasiswa Kuliah di Thailand Menjanjikan

Belakangan Thailand makin terbuka terhadap mahasiswa internasional dengan menjanjikan beasiswa. Selain beasiswa kampus, ada juga beasiswa pemerintah, seperti His Majesty The King’s Scholarships and Her Majesty The Queen’s Scholarships, ASEAN University Network Scholarship, dan ASEAN Scholarships. 

Biaya Kuliah di Thailand Murah

Asal tahu saja, biaya kuliah di Thailand bisa dua kali lipat lebih murah dibandingkan Singapura. Hal sama juga dijumpai pada biaya hidup yang murah di Thailand. Dengan kondisi ekonomi relatif stabil, kamu bisa memenuhi kebutuhan hidup lebih mudah.

Makanan Halal Mudah Didapat

Walau mayoritas penduduk Thailand menganut Buddha, mencari makanan halal di sini relatif mudah. Beberapa kampus Thailand telah memiliki kantin halal dan ruangan beribadah. Menemukan restoran halal pun juga tidak sulit, termasuk di kota-kota besar Thailand, seperti Bangkok, Chiang Mai, dan Phuket.

Kedekatan Geografis, Sosial Ekonomi, dan Budaya 

Sebagai sesama negara ASEAN, Thailand dan Indonesia mempunyai kedekatan geografis, sosial ekonomi, serta budaya. Keramahan penduduknya hampir serupa dengan Indonesia. Belum lagi urusan citarasa makanan dan buah-buahan yang cukup akrab di lidah. Tentu ini mengurangi efek culture shock sehingga kamu bisa lebih siap berkuliah di Thailand. 

 

Jurusan Pilihan Kuliah di Thailand

38-2 Kompas.jpg

Sumber : Kompas

Bagaimana dengan jurusan pilihan kuliah di Thailand? Ada banyak program studi yang bisa kamu ambil, beberapa di antaranya terangkum dalam daftar berikut.

Chulalongkorn University

Universitas tertua sekaligus terbaik di Thailand ini menawarkan berbagai program studi unggulan. Sebut saja, manajemen bisnis internasional, psikologi, keuangan, sains, dan seni. CU masih menempati daftar teratas universitas paling diminati mahasiswa internasional untuk semua jenjang pendidikan.

Mahidol University

Sebagai universitas negeri pertama Thailand yang menyelenggarakan program internasional, Mahidol University adalah pilihan tepat untuk kamu yang ingin belajar kedokteran. MU memiliki dua fakultas kedokteran, yaitu kedokteran di RS Siriraj dan kedokteran di RS Ramathibodi.

Khon Kaen University

Universitas riset negeri pertama dan terbesar di timur laut Thailand ini menjanjikan beberapa program studi unggulan yang menarik mahasiswa internasional. Misalnya, kedokteran, sains, teknik, ilmu sosial, kedokteran tropis, hingga pertanian. 

Chiang Mai University

Universitas terbesar di utara Thailand ini justru didominasi oleh mahasiswa pascasarjana. Jika kamu ingin meneruskan program magister, berkuliah di CMU bisa jadi pilihan, khususnya untuk studi lanjut bidang sains, pertanian, teknik, dan kedokteran. 

Prince of Songkla University

Berada di wilayah selatan Thailand, PSU menawarkan jejaring riset internasional yang layak dituju para periset terbaik. Jika kamu salah satunya, kamu bisa mempertimbangkan masuk PSU dan melakukan riset khusus bidang biologi, pertanian, fisika, dan kedokteran. 

 

Biaya Kuliah di Thailand

Berapa besar biaya kuliah di Thailand? Tentu saja besaran biayanya bisa berbeda sesuai universitas, program studi, dan kebangsaan mahasiswa. Meskipun begitu, rata-rata biaya kuliah di Thailand jauh lebih murah dibandingkan di Singapura. 

Contoh, untuk menempuh program sarjana di Chulalongkorn University, kamu cukup membayar THB 500 – THB 65.000 atau mulai Rp211 ribu sampai Rp28 juta per semester. Sementara, program magister dikenakan biaya THB 40.000 – THB 86.500, atau Rp17 juta sampai Rp36 juta per semester. Murah banget kan?

Begitu pula biaya hidup sehari-hari yang tidak berbeda jauh dari biaya hidup di Indonesia. Per bulan kamu perlu mengeluarkan dana sekitar Rp6 juta sampai Rp12 juta, tergantung lokasi, gaya hidup, dan tempat tinggal. Asal kamu cermat mengelola finansial, kuliah di Thailand relatif ramah di kantong!

 

Cara Kuliah di Thailand

Untuk memuluskan rencana studi ke jenjang pendidikan tinggi, kamu bisa mengikuti cara kuliah di Thailand berikut ini.

  1. Pilih program studi dan universitas sesuai minat 
  2. Cari tahu apa saja persyaratan masuk melalui situs resmi universitas tujuan
  3. Daftar aplikasi secara online ke web resmi universitas dan unggah berkas yang dibutuhkan
  4. Setelah kamu dinyatakan lolos pendaftaran, kamu akan menerima LoA
  5. LoA akan jadi dokumen penting untuk mendapatkan visa pelajar di Thailand
  6. Setelah mengantongi visa pelajar, kamu bisa menyusun jadwal keberangkatan ke Thailand untuk berkuliah. 

 

Baca juga: Ingin Kuliah ke Universitas Chulalongkorn di Thailand? Ini Fakta Penting yang Perlu Kamu Ketahui!

Kuliah di Thailand patut dipertimbangkan jika kamu mencari negara yang masih dekat dengan Indonesia. Supaya proses pendaftaran berjalan lancar, segera download aplikasi Flip di sini

Fitur Flip Globe memberi kemudahan dalam pengiriman uang ke 55++ negara dengan tarif transparanmurah, dan cepat. Tunggu apa lagi, coba transfer uang internasional pakai Flip Globe, yuk!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi