mural
homeforward
5 Cara Menghemat Listrik Prabayar: Biar Gak Sering Beli Token!

5 Cara Menghemat Listrik Prabayar: Biar Gak Sering Beli Token!

Banyak orang beranggapan bahwa penggunaan listrik prabayar (listrik token) bisa bikin boncos. Mungkin kamu juga berpikiran demikian. Padahal, tidak juga, kok! Kalau kamu tahu apa yang jadi penyebab listik jadi boros, kamu bisa menyiasatinya dengan cara menghemat listrik prabayar. Yuk, cari tahu detail selengkapnya di artikel berikut! 

Baca juga: Alarm Token Listrik Berisik? Ini 3 Cara Mematikannya!
 

Penyebab Listrik Boros

Tahu gak sih, sebenarnya penyebab listrik boros berawal dari hal-hal yang remeh, lho! Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa penyebab listrik jadi boros yang sering diabaikan pengguna listrik.

1. Lupa Cabut Colokan Listrik

Siapa nih yang sering lupa mencabut colokan setelah menggunakan alat elektronik? Lupa mencabut colokan listrik ternyata bisa membuat listrik jadi lebih boros, lho. Sebab, colokan yang masih menempel pada stop kontak tetap menggunakan daya listrik. 

Walaupun daya yang dikeluarkan lebih kecil, jika banyak alat elektronik yang seperti ini maka tidak heran token jadi cepat habis. 

2. Lupa Mematikan Lampu

Lupa mematikan lampu juga menjadi penyebab listrik boros yang banyak dilakukan orang. Meski menggunakan daya yang relatif kecil, jika banyak lampu yang lupa dimatikan maka daya yang digunakan jadi lumayan banyak. Apalagi jika jenis lampu yang kamu gunakan bukan jenis lampu hemat energi.

3. Tidak Mematikan AC ketika Keluar Rumah

Siapa sih yang tidak ingin rumahnya sejuk ketika pulang? Karena alasan inilah, terkadang orang meninggalkan AC dalam posisi on ketika sedang keluar rumah.

Meski bisa memberikan kenyamanan ekstra (apalagi kalau hari sedang panas), tidak mematikan AC bisa bikin listrik jadi boros. Bagaimanapun juga, daya yang dibutuhkan AC cukup besar—bahkan bisa mencapai 1,5-2 pK (1.920-2.570 watt). 

Jika dipakai dalam waktu lama, tidak heran jika token jadi cepat habis. Alhasil, harus beli token lagi, deh!

Selain tiga hal di atas, apa saja hal lain yang menyebabkan listrik jadi boros? 

  • Menyalakan TV tanpa ditonton.
  • Menyalakan rice cooker dalam waktu yang lama.
  • Menyalakan dispenser air seharian
  • Sering membuka tutup kulkas
  • Terlalu banyak menyimpan barang di kulkas 
  • Memasukkan makanan panas langsung ke kulkas—apalagi dalam jumlah banyak. Ini bisa memengaruhi suhu dalam kulkas sehingga kulkas akan berusaha untuk menurunkan suhunya kembali.
  • Menyalakan AC dengan suhu di bawah 24-25oC
  • Menggunakan microwaveair fryer, atau kompor listrik dengan daya yang besar.
  • Menggunakan pompa air yang tidak bisa mati otomatis.

Cara Menghemat Listrik Prabayar

cara menghemat listrik prabayar

Nah, setelah tahu apa saja penyebab listrik boros, kamu jadi tahu bahwa cara menghemat listrik prabayar itu sebenarnya simpel. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut. 

1. Matikan Lampu jika Tidak Perlu

Tips yang satu ini bisa menjadi tips paling ampuh untuk menghemat listrik prabayar maupun listrik pascabayar. Sebisa mungkin, manfaatkan pencahayaan dari luar ruangan di siang hari. Di malam hari, matikan lampu jika tidak digunakan.

Jika pencahayaan siang hari dirasa kurang, sah-sah saja menggunakan lampu. Akan tetapi, jangan sampai lupa mematikan lampu setelah meninggalkan ruangan tersebut, ya!

2. Lepas Colokan yang Tidak Terpakai

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, colokan yang tidak terpakai merupakan salah satu penyebab listrik boros. Pasalnya, colokan yang tidak terpakai tetap menggunakan daya listrik.

Walaupun tidak memakan daya sebesar ketika terhubung ke alat elektroniknya langsung, colokan tidak terpakai bisa mengonsumsi daya cukup besar jika dibiarkan terlalu lama. Belum lagi jika kebiasaan ini juga dilakukan anggota keluarga lainnya. Maka dari itu, selalu lepas colokan yang tidak terpakai, ya!

3. Ganti Lampu Rumah dengan Lampu Hemat Energi

Cara menghemat listrik prabayar selanjutnya adalah dengan menggunakan lampu hemat energi. Lampu hemat energi merupakan jenis lampu yang didesain khusus supaya bisa mengonsumsi daya lebih rendah tanpa perlu mengompromikan intensitas cahaya yang dihasilkan. 

Ada beberapa macam lampu hemat energi. Salah satu jenis lampu hemat energi yang paling terkenal adalah lampu LED. Selain itu, kamu bisa menjumpai lampu halogen dan CFL sebagai opsi lain lampu hemat energi.

4. Kurangi Penggunaan AC yang Berlebihan

Dilansir dari Kompas, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menghemat penggunaan listrik ketika menggunakan AC, di antaranya:

  1. Setel suhu AC yang tidak terlalu dingin, misalnya 25oC. Semakin dingin suhu yang disetel maka semakin berat juga kerja kompresor. Inilah yang bisa meningkatkan konsumsi listrik.
  2. Pastikan ruangan tertutup ketika AC sedang menyala.
  3. Jangan lupa untuk mematikan AC jika keluar rumah atau keluar ruangan dalam waktu yang lama.
  4. Jika kamu sudah menyalakan AC dalam waktu lama selama berjam-jam, coba matikan AC selama 1-2 jam. Suhu dalam ruangan biasanya tetap stabil selama pintu tidak terbuka. Dengan cara ini, kamu bisa menekan konsumsi listrik yang digunakan untuk AC.

5. Pakai Alat Elektronik yang Hemat Energi

Terakhir, kamu bisa menghemat penggunaan listrik prabayar dengan menggunakan alat elektronik dengan daya listrik rendah (low watt). Dengan daya listrik yang rendah, maka konsumsi listrik juga bisa ditekan asalkan pemakaiannya normal. Alhasil, kamu bisa mengurangi penggunaan token listrik. 


Baca juga: Meteran Token Listrik Error, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nah, itulah penjelasan mengenai penyebab listrik boros dan bagaimana cara menghemat listrik prabayar. Jika kamu merasa selama ini penggunaan listrik prabayar bikin boncos, coba teliti lagi. Apakah kamu sudah menghindari penyebab listrik boros sebagaimana disebutkan di atas?

Kalau meteran di rumah sudah mulai berbunyi, kamu perlu beli token listrik lagi, tuh! Supaya nggak repot keluar rumah, kamu bisa membeli token listrik prabayar dengan Flip!

Dengan Flip, kamu bisa membeli token listrik cukup lewat smartphone aja. Nggak perlu lagi pusing-pusing keluar rumah! Beli token listrik prabayar pun jadi lebih mudah dan cepat. 

Yuk, download Flip sekarang! Kamu bisa mengunduh aplikasi ini baik melalui PlayStore maupun AppStore.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_5.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi