flip for business logoburger menu
mural
homeforward
5 Manfaat yang Bisa Anda Peroleh dari Aplikasi Pembayaran Online

5 Manfaat yang Bisa Anda Peroleh dari Aplikasi Pembayaran Online

Mulai dari mobile banking app hingga e-Wallet, saat ini aplikasi pembayaran online sudah banyak digunakan masyarakat. Selain praktis, aplikasi pembayaran online ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam pembayaran. Pembayaran yang dimaksud misalnya seperti pembayaran tagihan listrik, air, internet, dll.

Tak hanya itu, aplikasi untuk pembayaran online juga bisa digunakan untuk melakukan transfer dana. Jenis transfer yang dimaksud pun beragam, mulai dari transfer dana antarpengguna aplikasi, transfer ke rekening bank dalam negeri, atau transfer dana ke rekening bank luar negeri. Keren, kan?

Nah, untuk mengenal lebih lanjut berbagai manfaat aplikasi pembayaran online terlengkap, yuk, pelajari penjelasan berikut ini.

Manfaat Aplikasi Pembayaran Online

112-1 Envato.jpgSumber : Envato

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan aplikasi pembayaran online. Mari kita pelajari satu per satu.

Bayar Tagihan Bulanan

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat aplikasi pembayaran online yang bisa didapat pelaku bisnis adalah kemudahan dalam melakukan pembayaran tagihan bulanan. 

Tagihan bulanan yang bisa dibayar melalui aplikasi online ini cukup beragam, tergantung dari masing-masing jenis aplikasi. Namun demikian, rata-rata aplikasi pembayaran online bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik maupun air. Ada juga aplikasi pembayaran online yang bisa Anda gunakan untuk membayar tagihan internet. 

Dengan menggunakan aplikasi untuk pembayaran online, secara tidak langsung Anda bisa menghemat waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke kantor PLN, PDAM, atau tempat lainnya. Alhasil, Anda dapat mengalokasikan waktu untuk hal-hal lain yang lebih penting.

Transfer Dana Antarpengguna

Selain untuk membayar tagihan bulanan, Anda dapat melakukan transfer dana antarpengguna melalui aplikasi untuk pembayaran online

Manfaat ini biasanya bisa didapatkan jika Anda menggunakan layanan e-Wallet. Dengan e-Wallet, Anda bisa transfer dana asalkan platform e-Wallet yang digunakan sama. 

Baca juga: 6 Manfaat Menggunakan E-Wallet

Fitur ini bisa dimanfaatkan ketika Anda perlu melakukan transaksi dengan mitra bisnis Anda. Nominal maksimal yang bisa ditransfer pun biasanya cukup besar, yaitu berkisar hingga jutaan rupiah (tergantung masing-masing jenis aplikasi). Proses transfer dana pun terbilang mudah dan instan.

Sebagai Metode Pencatatan Transaksi

Aplikasi pembayaran online juga bisa membantu Anda untuk melakukan pencatatan transaksi. Saat ini, ada banyak aplikasi pembayaran yang menyediakan fitur pengunduhan riwayat transaksi. Fitur ini akan menyediakan riwayat transaksi dalam bentuk file dokumen yang dapat diunduh dan disimpan di perangkat Anda. 

Nah, dokumen riwayat transaksi tersebut nantinya bisa Anda gunakan sebagai dokumen pendukung ketika membuat laporan keuangan. Dengan demikian, Anda bisa membuat laporan keuangan dengan lebih mudah dan cepat. 

Sayangnya, tidak semua aplikasi pembayaran online terlengkap menyediakan fitur pembuatan dokumen riwayat transaksi. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan riwayat transaksi yang tersedia untuk membantu ketika membuat laporan keuangan. 

Transfer Dana ke Rekening Bank Dalam dan Luar Negeri

Selain transfer dana antar pengguna, saat ini sudah banyak aplikasi untuk pembayaran online yang memberikan fitur pengiriman dana ke rekening bank, lho. Tak tanggung-tanggung, ada juga aplikasi yang menyediakan layanan kirim dana ke rekening bank luar negeri. Salah satunya adalah Flip.

Untuk transfer dana ke rekening bank dalam negeri, cara yang perlu dilakukan sangat mudah—tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan transfer melalui ATM. Anda tinggal memasukkan detail berupa nama bank beserta nomor rekening penerima dana. Lalu, Anda tinggal masukkan nominal dana yang ingin ditransfer. Terakhir, lakukan konfirmasi. 

Jika ingin mengirim dana ke luar negeri, prosedur yang perlu Anda lakukan memang akan lebih panjang. Akan tetapi, prosedurnya tidak sulit, kok! Asal mengetahui detail penerima dana dan mengikuti prosedur yang ditampilkan aplikasi, Anda bisa mengirim dana ke rekening luar negeri dengan mudah.

Aplikasi bisnis pembayaran online terbaik seperti Flip biasanya menawarkan biaya transfer dana yang lebih murah jika dibandingkan dengan transfer bank. Ini akan sangat membantu mengurangi pengeluaran bisnis Anda, apalagi jika Anda sering transfer dana ke rekening bank lain dan/atau ke rekening bank luar negeri.

Nah, jika menggunakan Flip for Business, Anda berkesempatan untuk transfer dana ke rekening bank, e-Wallet, maupun virtual account dengan tarif yang jauh lebih murah. Bahkan, tarif murah ini juga bisa Anda dapatkan jika ingin transfer dana ke rekening bank luar negeri.

Baca juga: Cara Praktis Setup Virtual Account Berbagai Bank

Metode Pembayaran Cashless

Selain keempat manfaat di atas, aplikasi pembayaran online juga bisa Anda manfaatkan sebagai metode pembayaran cashless untuk klien/pelanggan Anda. 

Sebagaimana Anda ketahui, saat ini sudah banyak masyarakat yang aware dan sering menggunakan metode pembayaran cashless. Menyediakan metode pembayaran cashless dapat membantu peningkatan penjualan karena pelanggan Anda bisa memperoleh pilihan cara pembayaran yang variatif. Dengan metode ini, pelanggan pun tidak perlu repot-repot membawa uang cash saat ingin membayar.

Baca juga: Alasan Mengapa Pelaku Usaha Perlu Menyediakan Bermacam Metode Transaksi

Metode pembayaran cashless juga bisa memberikan benefit lain untuk bisnis Anda. Sebagai contoh, Anda tidak perlu khawatir akan mendapatkan uang palsu karena pembayaran dilakukan secara nontunai. 

Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan uang kembalian dalam jumlah besar. Terlebih lagi, laporan pendapatan harian bisa diperoleh dengan mudah dari aplikasi sehingga transaksi keluar atau masuk bisa terpantau dengan baik.

Nah, itulah penjelasan mengenai beberapa manfaat menggunakan aplikasi pembayaran online. Dengan beragam manfaat yang diberikan, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan aplikasi pembayaran online, bukan?

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi