flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Alasan Mengapa Pelaku Usaha Perlu Menyediakan Bermacam Metode Transaksi

Alasan Mengapa Pelaku Usaha Perlu Menyediakan Bermacam Metode Transaksi

Agar tetap bisa unggul di tengah persaingan bisnis yang begitu ketat, ada banyak hal yang harus dilakukan oleh pemilik usaha. Salah satu adalah dengan menyediakan berbagai metode transaksi untuk para pelanggan. Tidak hanya membuat proses transaksi menjadi lebih mudah, langkah perubahan ini juga secara tidak langsung dapat mendukung profit bisnis Anda. 

Sebagai contoh, jika sebelumnya Anda sudah menawarkan transaksi secara tunai, debit, dan kartu kredit, sekarang Anda dapat menambah fitur baru dengan menyediakan metode pembayaran online melalui dompet digital kepada para pelanggan. 

Lantas, mengapa hal ini penting dilakukan? Adakah manfaat yang bisa didapat dengan menyediakan pilihan pembayaran secara daring?

Mengapa Menyediakan Bermacam Metode Transaksi Jadi Hal Penting?

Mengikuti perkembangan teknologi dan digital yang makin canggih, kini bertransaksi menjadi lebih mudah dengan adanya metode pembayaran online, baik melalui QRIS maupun dompet elektronik (e-wallet). Sebuah riset yang dilakukan oleh PPRO, sebanyak 42 persen pelanggan di Amerika Serikat membatalkan transaksi apabila metode transaksi yang diinginkan tidak tersedia. 

Mengacu pada hal tersebut, Anda bisa mempertimbangkan bahwa kehilangan pelanggan sebanyak 42 persen bukan angka yang kecil. Efeknya untuk bisnis, dalam hal ini profit, tentunya sangat signifikan. Di sisi lain, setiap pelanggan juga memiliki pilihan pembayaran yang berbeda dan inilah alasan mengapa Anda perlu menyediakan banyak opsi pembayaran. Ini termasuk pembayaran melalui virtual account, transfer bank, kartu kredit, atau lewat e-wallet. 

Selain itu, berikut beberapa alasan lain pentingnya suatu bisnis menyediakan macam-macam metode pembayaran untuk pelanggan:

1. Bisnis dianggap lebih dapat diandalkan

Pelanggan akan memandang bisnis yang menawarkan banyak metode pembayaran sebagai bisnis yang bisa dipercaya. Terlebih untuk bisnis yang menawarkan bermacam metode pembayaran online. Sudah menjadi rahasia umum jika pilihan pembayaran secara online memberikan jaminan keamanan untuk setiap transaksi yang dilakukan. 

Melalui pembayaran ini, uang pelanggan akan terjaga keamanannya jika barang yang dibeli tidak sampai ke tangan pelanggan. Makin banyak pilihan, makin tinggi potensi transaksi Secara garis besar, memberikan banyak pilihan metode transaksi kepada pelanggan, dalam hal ini metode pembayaran online akan membuat potensi transaksi terhadap produk Anda jadi makin tinggi. 

Hal ini karena pelanggan cenderung lebih menyukai segala hal yang mudah, cepat, dan praktis, termasuk dalam bertransaksi. Inilah kelebihan transaksi daring dengan QRIS atau dompet elektronik yang bisa Anda dapatkan, yaitu proses transaksi yang menjadi lebih efisien dan tidak memerlukan banyak waktu.

2. Meningkatkan loyalitas konsumen

Efek paling nyata dari bisnis yang menawarkan banyak metode pembayaran adalah pelanggan yang menjadi lebih loyal. Mereka akan merasa nyaman dengan banyaknya pilihan pembayaran yang diberikan sehingga lebih cenderung untuk langsung membeli kembali produk Anda tanpa melihat produk serupa dari kompetitor. 

Memang benar, cara transaksi yang mudah bisa mendukung terbentuknya pembelian kembali (repeat order) sekaligus menciptakan loyalitas pelanggan. Bukan tidak mungkin, pelanggan nantinya akan mempromosikan produk Anda ke orang lain yang membuat Anda berpotensi mendapatkan calon pelanggan potensial.

3. Menurunkan potensi troli belanja yang diabaikan

Dibandingkan dengan belanja langsung ke toko, membeli produk secara online lebih tinggi peminatnya. Tidak hanya karena hemat waktu, belanja online membuat pelanggan dapat menyimpan barang yang ingin dibeli dalam troli serta memiliki banyak opsi pembayaran dan pengiriman barang. 

Namun, coba Anda bayangkan jika bisnis online tidak menyediakan metode pembayaran online yang variatif. Ini akan membuat pelanggan kecewa karena minimnya pilihan pembayaran yang bisa dilakukan. Dampaknya tentu saja akan meningkatkan kemungkinan barang yang sudah masuk dalam troli tidak jadi terbeli. Lain halnya jika Anda menawarkan banyak pilihan cara pembayaran. Pelanggan tidak akan berpikir lama untuk membeli produk yang tersimpan di keranjang belanja.

 

Manfaat Beragam Pilihan Metode Transaksi untuk Konsumen

Sementara itu, manfaat transaksi online juga dirasakan oleh para pelanggan, terutama untuk dua aspek berikut ini :

1. Lebih nyaman dan aman

 Setiap pelanggan mempunyai satu pilihan metode transaksi yang paling sering dipakai ketika membeli produk secara daring. Baik itu transfer melalui ATM, melalui akun virtual, menggunakan kartu kredit, atau memakai dompet digital. Jika suatu bisnis menerima banyak pilihan cara transaksi, Anda menjadi lebih dapat memenuhi masing-masing cara transaksi dari setiap pelanggan secara real time. Alhasil, hal ini akan membuat pelanggan merasa nyaman ketika berbelanja di toko Anda. 

Selain itu, beberapa pelanggan mungkin juga merasa lebih nyaman dengan fitur keamanan yang ditawarkan oleh metode pembayaran online saat ini. Misalnya, verifikasi untuk setiap transaksi yang bisa mencegah terjadinya transaksi ganda. Bisa juga melalui kode OTP yang hanya dikirimkan ke nomor ponsel pengguna.

2. Lebih terjangkau

Bagi para pelanggan, harga yang lebih terjangkau tentu lebih diminati, termasuk dalam bertransaksi. Ternyata, ada beberapa jenis metode transaksi yang mungkin membebankan biaya tambahan kepada pelanggan. Misalnya, penggunaan kartu kredit mewajibkan adanya biaya layanan setiap bulan. Menawarkan pilihan cara pembayaran lainnya, seperti transaksi dengan cara cicilan atau menggunakan dompet digital bisa membantu meringankan pengeluaran pelanggan yang digunakan untuk berbelanja, terutama untuk membeli barang-barang besar. 

Demikian tadi alasan pentingnya menawarkan banyak metode transaksi untuk pelanggan, termasuk metode pembayaran online dan manfaat yang bisa didapat untuk bisnis maupun pelanggan. Bagi pemilik bisnis, kemudahan transaksi online sudah jadi hal yang harus ada agar operasional bisnis bisa berjalan dengan baik. 

Salah satu solusi untuk kelancaran transfer yaitu mendaftar Flip for Business. Transfer antarbank hingga ke 20 ribu rekening hanya dalam hitungan menit. Bahkan, Anda bisa transfer ke luar negeri dengan biaya 50 persen lebih terjangkau. Jangan sampai urusan transaksi menjadi kendala dalam keberlangsungan bisnis Anda. Segera daftar dan coba transfer ke rekening dalam negeri secara mudah atau hubungi tim sales Flip untuk mendapatkan informasi lengkap tentang Flip for Business. Yuk, pakai Flip sekarang dan pastikan bisnis Anda berjalan lancar!

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

Β© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi