mural
homeforward
Cara Menghemat Listrik di Rumah yang Praktis dan Sederhana

Cara Menghemat Listrik di Rumah yang Praktis dan Sederhana

Hampir setiap rumah tangga butuh listrik untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Kamu pun bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan memanfaatkan jaringan listrik dari PLN, lewat layanan listrik prabayar maupun pascabayar. Hanya saja, jangan terlalu boros. Pahami cara menghemat listrik di rumah yang benar, biar tagihan tidak membengkak.    

Baca juga: Alarm Token Listrik Berisik? Ini 3 Cara Mematikannya!

 

Banyak upaya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran biaya listrik bulanan di rumah. Beberapa cara tersebut antara lain adalah: 

1. Pilih Layanan Listrik Prabayar 

Cara Menghemat Listrik di Rumah

Sumber : Envato 

Penggunaan layanan listrik pascabayar memang menawarkan kenyamanan. Kamu tidak perlu pusing memikirkan kebutuhan pulsa token listrik. Namun, kenyamanan dalam menggunakan listrik pascabayar tersebut cenderung menjadi penyebab boros listrik karena kamu memiliki akses suplai listrik secara tidak terbatas. Sebagai solusi, pilihlah listrik prabayar supaya lebih mudah mengontrol pengeluaran bulanan.

2. Gunakan Peralatan Elektronik Hemat Energi 

Cara termudah berikutnya untuk hemat listrik di rumah adalah dengan memperhatikan penggunaan peralatan elektronik. Utamakan peralatan yang sudah dilengkapi dengan teknologi ramah lingkungan untuk menghemat konsumsi listrik, misalnya bekerja dengan laptop alih-alih PC.

3. Pakai Lampu LED 

cara menghemat listrik di rumah 3.png

Tahukah kamu kalau pemakaian lampu yang tepat bisa menjadi salah satu cara hemat listrik? Mudahya, pilihlah lampu LED yang lebih hemat listrik daripada lampu pijar atau neon. Mungkin kamu beranggapan sinar dari lampu dengan watt yang lebih besar akan lebih terang. Tapi, sebenarnya, satuan lumens lebih menentukan. Jadi, utamakan lampu yang konsumsi listriknya tidak terlalu besar.

4. Pilih Kipas Angin sebagai Pengganti AC 

Saat musim kemarau, suasana di dalam rumah terasa sangat panas. Apalagi, kalau kamu tinggal di daerah perkotaan yang minim pepohonan. Oleh karena itu, banyak orang yang memasang AC supaya interior rumah lebih sejuk. 

Namun, perlu diketahui kalau AC termasuk salah satu penyebab boros listrik terbesar dengan kisaran konsumsi daya sebesar 500 hingga 900 watt. Sebagai gantinya, pilihlah kipas angin yang lebih hemat dengan konsumsi daya berkisar antara 20 hingga 110 watt saja.

 

5. Optimalkan Fungsi Ventilasi Rumah 

Langkah selanjutnya yang bisa kamu pilih dalam cara menghemat listrik di rumah adalah dengan mengoptimalkan ventilasi. Keberadaan ventilasi berguna untuk mengatur sirkulasi udara di rumah. Sirkulasi udara dalam ruangan yang baik bisa membuat suasana jadi lebih sejuk dan tidak pengap. Ada beberapa tips yang bisa kamu coba dalam upaya mengoptimalkan ventilasi rumah, di antaranya adalah: 

- Sistem ventilasi silang 

- Atur langit-langit rumah dengan ukuran yang tinggi 

- Menempatkan jendela dan pintu sesuai dengan arah angin 

- Membatasi pancaran sinar matahari secara langsung ke dalam rumah 

- Membangun taman dan menempatkan pohon rindang 

 

6. Bijak Menggunakan Perangkat Elektronik Berdaya Tinggi 

cara menghemat listrik di rumah 4.png

Kamu memang tidak bisa sepenuhnya menggantikan perangkat elektronik di rumah dengan versi hemat energi. Pastinya, ada beberapa yang membutuhkan daya listrik cukup besar, misalnya kulkas, setrika, pompa air, dan masih banyak lagi. Saat kamu perlu menggunakannya, gunakanlah dengan bijak. Misalnya, untuk kulkas, hindari kebiasaan mengisi kulkas secara berlebihan. Selain itu, atur suhu sesuai rekomendasi pabrik.  

7. Matikan Perangkat Elektronik yang Tidak Digunakan 

Ada satu lagi tips hemat listrik di rumah yang tidak kalah penting, yaitu mematikan peralatan elektronik yang digunakan. Contohnya, mungkin kamu sering mendapati AC, kipas angin, atau TV di sebuah ruangan masih menyala, padahal tidak ada orang yang beraktivitas di sana. Untuk menekan konsumsi listrik dan tagihan bulanan, segera matikan semua perangkat tersebut.

8. Bersihkan Perangkat Elektronik Secara Rutin 

Selain mematikan peralatan yang tidak digunakan, kamu juga bisa hemat listrik dengan menjaga kebersihan setiap perangkat elektronik. Sebab, peralatan listrik yang jarang kamu bersihkan bakal meningkatkan konsumsi listrik hingga jadi lebih boros. Makanya, jangan lupa atur jadwal melakukan pembersihan peralatan-peralatan tersebut dengan rutin.

9. Pertimbangkan untuk Memakai Panel Surya 

Terakhir, kamu bisa memilih opsi untuk melakukan instalasi panel surya. Keberadaan panel surya memungkinkan kamu memperoleh sumber listrik tambahan selain listrik dari PLN. Dengan begitu, kamu bisa mengatur penggunaan listrik secara efektif sehingga bisa menghemat pemakaian listrik PLN. 

 

Baca juga: 5 Cara Menghemat Listrik Prabayar: Biar Gak Sering Beli Token!

Nah, itulah tips lengkap yang bisa kamu praktikkan dalam upaya menghemat pemakaian listrik bulanan di rumah. Untuk kemudahan pembayaran tagihan maupun pembelian token listrik, kamu bisa melakukannya dengan praktis menggunakan aplikasi Flip. Flip memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran tagihan listrik pascabayar ataupun membeli token listrik prabayar dengan mudah. Kamu bisa melakukannya dari mana saja dan kapan saja. Yuk, download Flip dan rasakan berbagai kemudahan saat menggunakannya!
[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_5.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi