mural
homeforward
Butuh SWIFT Code CIMB Niaga? Ini Dia Kodenya

Butuh SWIFT Code CIMB Niaga? Ini Dia Kodenya

Sedang mencari SWIFT Code CIMB Niaga? Kamu mengunjungi artikel yang tepat. Artikel berikut akan menjabarkan apa SWIFT Code Bank CIMB Niaga. Selain itu, kamu juga bisa tahu bagaimana caranya supaya bisa transfer tanpa perlu tahu SWIFT Code. Yuk, baca penjelasannya! 

Baca juga: Ingin Pergi ke Luar Negeri? Pahami Perbedaan Visa dan Paspor, Yuk!

Apa SWIFT Code CIMB Niaga? 

Apa SWIFT Code CIMB Niaga?

Sumber : Top Brand Award 

SWIFT Code merupakan kode yang digunakan sebagai identitas sebuah bank. Kode identitas ini berlaku secara internasional. Tidak ada satu bank pun yang memiliki SWIFT Code yang sama. SWIFT Code sebuah bank terdiri atas 8 hingga 11 karakter. Kode yang disusun bisa terdiri atas alfabet semua atau gabungan alfabet dan angka. Sebagai contoh, SWIFT Code CIMB Niaga adalah BNIAIDJAXXX. Jika dijabarkan lebih lanjut, makna karakter dari kode tersebut adalah sebagai berikut: 

  • Empat karakter pertama merupakan kode bank. Dalam SWIFT Code CIMB Niaga di atas, berarti kode banknya adalah BNIA. 
  • Dua karakter berikutnya adalah kode negara. Dalam SWIFT Code CIMB Niaga Indonesia di atas, kode negaranya adalah ID. Semua bank yang berada di Indonesia akan menggunakan kode ini. 
  • Dua karakter selanjutnya adalah kode lokasi bank. Pada contoh SWIFT Code di atas, kode lokasi bank adalah ‘JA’. Kode ini merupakan kode yang umum digunakan sebagai kode lokasi bank di Indonesia jika bank pusat berlokasi di Jakarta. 
  • Tiga karakter terakhir merujuk pada kode lokasi cabang bank. Kode ini sifatnya opsional sebab pengirim bisa saja mengirim uang hanya dengan memasukkan kode SWIFT ‘BNIAIDJA'. 

Apakah semua SWIFT Code CIMB Niaga Indonesia menggunakan format yang sama? Tidak selalu. Namun, perbedaannya hanya akan terdapat di beberapa karakter terakhir saja. Misalnya, SWIFT Code CIMB Niaga Bandung (cabang Jalan Lembong) adalah BNIAIDJ10J6. Supaya lebih mudah, biasanya Anda hanya perlu menuliskan ‘BNIAIDJA’. Kode ini tidak hanya digunakan sebagai SWIFT Code CIMB Niaga Jakarta saja, melainkan juga SWIFT Code CIMB Niaga Syariah maupun cabang-cabang CIMB Niaga di kota lain. 

Kegunaan SWIFT Code 

Kegunaan SWIFT Code

Sumber : Finansial Bisnis 

Apa, sih, kegunaan dari SWIFT Code? SWIFT Code digunakan untuk transfer uang ke luar negeri. Kode identitas SWIFT Code dibutuhkan agar uang bisa sampai ke bank dan rekening yang tepat. 

Begitu transfer dengan SWIFT Code dilakukan, bank penerima akan menerima ‘pesan’ bahwa ada dana yang ditransfer masuk ke salah satu rekening bank tersebut. Lalu, bank akan melakukan checking—apakah nomor rekening dan nama pemilik rekening sebagaimana yang dituliskan si pengirim dana sesuai. Jika nomor rekening dan nama pemilik bank sesuai dengan database dan informasi yang diberikan pengirim uang, transfer bisa dilakukan. 

Maka dari itu, penting untuk mengetahui SWIFT Code, nomor rekening, serta nama pemilik rekening saat transfer ke luar negeri. Hal ini digunakan untuk memastikan danamu sampai ke orang yang tepat. 

Cara Menggunakan SWIFT Code CIMB Niaga 

Cara Menggunakan SWIFT Code CIMB Niaga

Sumber : IDN Times 

Misalnya, seorang nasabah Bank A Jepang ingin transfer sejumlah uang ke pengguna rekening bank CIMB Niaga Indonesia. Nah, orang itu bisa mengunjungi teller Bank A dan menyebutkan tujuannya untuk transfer uang ke sebuah rekening CIMB Niaga Indonesia. Selain mempersiapkan data berupa nomor rekening dan nama penerima, penting juga untuk memberikan SWIFT Code CIMB Niaga. Ini perlu dilakukan agar transaksi bisa dilanjutkan dan dana bisa dikirimkan ke pemilik rekening yang tepat. 

Transfer Dana Tanpa Perlu SWIFT Code, Bisakah? 

Apakah bisa mengirim ke dan menerima uang dari luar negeri bisa dilakukan tanpa menggunakan SWIFT Code? Jawabannya adalah bisa. Saat ini, ada banyak layanan pengiriman uang yang tidak mengharuskanmu menggunakan SWIFT Code untuk bertransaksi. Salah satunya adalah Flip. Flip bisa membantumu untuk mengirim uang ke luar negeri dengan mudah dan tanpa biaya tersembunyi. Bagaimana caranya? Pertama, kamu wajib download aplikasi Flip dulu ke smartphone. Lalu, masuk ke akun Flip atau daftar jika kamu belum punya akun Flip. Selanjutnya, ikuti prosedur berikut: 

  1. Pilih fitur ‘Flip Globe’ yang bisa dijumpai di beranda aplikasi Flip. 
  2. Pilih negara tujuan. Flip akan menampilkan nilai tukar uang terkini. 
  3. Kemudian, isi nominal yang ingin ditransfer. Kamu bisa memasukkan nominal dalam mata uang rupiah atau nominal uang dengan mata uang negara tujuan. Biaya transfer bisa kamu lihat setelah kamu memasukkan nominal uang. Klik ‘Lanjut’. 
  4. Sistem akan bertanya apakah kamu ingin mengirim uang ke akun bisnis atau akun personal. Pilih yang sesuai. 
  5. Baca syarat dan ketentuan yang ditampilkan. Klik ‘Setujui' dan Lanjutkan’. 
  6. Selanjutnya, masukkan nama bank penerima dan nomor rekening penerima. Klik ‘Lanjut’. 
  7. Masukkan nama lengkap penerima dan alamat lengkap penerima. Klik ‘Lanjut’. 
  8. Tentukan ‘Sumber Dana Pengirim’ dan ‘Keperluan Pengiriman Uang’. Jika sudah, klik ‘Lanjut’. 
  9. Terakhir, review detail pengiriman uang. Jika semuanya sudah betul, konfirmasi dengan klik ‘Lanjut’. Setelah itu, kamu hanya perlu mentransfer nominal uang yang tertera ke virtual account number yang disediakan Flip. 

Baca juga: Mengenal Visa Kerja ke Luar Negeri dan Cara Membuatnya

Nah, itulah penjelasan mengenai SWIFT Code CIMB Niaga dan bagaimana cara mengirim uang ke luar negeri tanpa menggunakan SWIFT Code. Kamu bisa menggunakan fitur Flip Globe di aplikasi Flip supaya tidak bingung mencari SWIFT Code suatu bank. Dengan begitu, transfer pun bisa kamu lakukan lebih cepat.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi