mural
homeforward
Hemat Tagihanmu dengan Memahami 1 Kubik Air PDAM Berapa Liter

Hemat Tagihanmu dengan Memahami 1 Kubik Air PDAM Berapa Liter

Layanan PDAM memang memudahkan masyarakat untuk mendapat air bersih dan layak dikonsumsi. Sayangnya, beberapa pengguna layanan ini hanya tahu memakai air tanpa memahami sistem atau konsepnya. Bahkan ada yang tidak paham 1 kubik air PDAM berapa liter.

Pada akhirnya, tidak sedikit masyarakat pengguna layanan PDAM berkeluh kesah soal tagihan yang naik. Padahal sebagai pengguna, kamu bisa banget menambah wawasan tentang 1 kubik air berapa liter hingga harga air PDAM per liter untuk menghemat tagihan.

Apa Kaitan Besar Kubik Air dengan Tagihan Bulananmu?

Sebenarnya, konsep liter air yang dikonversikan ke ukuran kubik sudah pernah diajarkan di sekolah. Namun, mengingat usia yang makin bertambah, tentu tidak heran jika banyak dari kamu lupa materi tentang 1 kubik air berapa liter dan sebagainya.

Nah, pemahaman tentang kubik air ini ternyata berkaitan dengan tagihan air yang kamu terima tiap bulan lho. Alasannya, dasar pengenaan tarif PDAM itu menggunakan meter kubik.

Kamu bisa melihat di display meteran air yang ada di rumah untuk mengetahui berapa kubik pemakaian air di bulan ini. Selanjutnya, kamu bisa konversikan ke liter untuk memudahkan pembagian pemakaian air.

Jadi, 1 kubik air itu sama dengan 1.000 liter air. Contohnya, jika pemakaian air PDAM di rumahmu adalah 20 meter kubik, maka artinya jumlah air yang dihabiskan selama sebulan adalah 20.000 liter.

Total air tadi akan terbagi ke dalam beberapa pos. Misalkan, sekian liter untuk mandi, memasak, mencuci, hingga menyiram tanaman. Ketika kamu memahami perkiraan alokasi pemakaian air ini, maka menghemat tagihan air bisa lebih mudah. Kamu tinggal kurangi pemakaian air di pos yang paling boros dan bisa dihemat penggunaan airnya.

          Baca Juga : Struk Hilang? Inilah 5 Cara Mencari Nomor Pelanggan PDAM di Struk

Tips Hemat Pemakaian Air PDAM

Lebih jauh, kami akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghemat pemakaian air PDAM. Ketika pemakaian air dihemat, maka tagihan airmu akan menurun.

Mandi Lebih Cepat

Durasi mandi bisa berdampak cukup signifikan untuk tagihan PDAM, lho..Apalagi jika kondisinya kamu suka berendam di bathup. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan shower agar durasi mandi tidak terlalu lama.

Selain itu, nyalakan keran di saat kamu membutuhkan saja. Misalkan dalam ritual mandi, kamu akan mencuci muka dan sikat gigi. Saat mengusap facial wash ke wajah dan menyikat gigi sebaiknya matikan keran terlebih dahulu. Nyalakan keran saat kamu siap memakai airnya saja.

Bersihkan Piring Sebelum Mencucinya

Kegiatan mencuci piring juga bisa berlangsung lama saat banyak kotoran menumpuk di permukaan piring. Untuk mempercepat proses mencuci, kamu bisa membersihkan sisa makanannya terlebih dahulu. Jadi, piring kotor sudah cukup bersih untuk kamu cuci.

Selain itu, pilih sabun cuci yang bagus. Indikatornya cepat kesat dan bisa membersihkan secara optimal. Sabun cuci piring yang tidak kesat akan membuat kebutuhan air lebih banyak.

Periksa Kebocoran Air

Salah satu masalah yang bisa memicu tagihan PDAM membengkak adalah kebocoran air. Sayangnya tidak semua kebocoran air ini nampak dari luar. Banyak kebocoran “kecil” seperti rembesan air pada bak mandi atau kloset. Selain itu, ada kemungkinan terjadi kebocoran air di perpotongan pipa. Pipa-pipa saluran air yang mungkin tidak terjangkau pandangan bisa mengalami kebocoran dalam jangka waktu lama tanpa kamu sadari.

Untuk itu, penting bagi pemilik rumah melakukan pemeriksaan berkala terhadap saluran dan penampungan air.

Optimalkan Penggunaan Mesin Cuci

Terlepas dari jenis mesin cuci yang kamu miliki, kegiatan mencuci selalu membutuhkan air cukup banyak. Daripada mencuci pakaian sedikit demi sedikit, ada baiknya untuk mencuci dalam jumlah banyak.

Jika kapasitas mesin cuci di rumah 9 kg, maka cuci baju sebanyak kapasitas tadi agar air tidak terbuang dalam jumlah banyak. Dengan cara ini, kamu juga dapat menghemat penggunaan listrik, lho!

Siram Tanaman dengan Metode yang Tepat

Memiliki taman di rumah memang menyenangkan. Kamu bisa menjadikannya healing spot untuk menghilangkan penat. Namun untuk perawatannya kamu akan membutuhkan air cukup banyak.

Agar tagihan PDAM tidak membengkak, kamu dapat menyiram tanaman di pagi hari agar penyerapan air maksimal. Jika menyiram tanaman di siang hari, maka air lebih banyak menguap ke udara.

Selain itu, kamu juga dapat menampung air hujan untuk digunakan menyiram tanaman. Jadi, air PDAM tidak perlu kamu alokasikan untuk menyiram deh

          Baca Juga : Bayar Tagihan PDAM Nggak Perlu Ribet, Pakai Ini Jadi Sat Set!

Nah, untuk membayar tagihan PDAM ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya dengan Flip

Aplikasi ini menyediakan product digital Flip yakni layanan pembayaran tagihan secara online yang mudah. Kamu hanya perlu memasukkan nomor meteran air untuk mengetahui jumlah tagihan dan lanjutkan dengan melakukan pembayaran dalam beberapa klik saja. 

Semoga informasi terkait 1 kubik air PDAM berapa liter beserta tips di atas bermanfaat untuk menekan pengeluaran bulananmu ya!

Bagikan

Lainnya

4 Keuntungan Investasi Obligasi Bagi Pemula
4 Keuntungan Investasi Obligasi Bagi Pemula
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi