mural
homeforward
Struk Hilang? Inilah 5 Cara Mencari Nomor Pelanggan PDAM di Struk

Struk Hilang? Inilah 5 Cara Mencari Nomor Pelanggan PDAM di Struk

Jika kebutuhan airmu diperoleh dari sumber air yang dikelola oleh pemerintah daerah, kamu pun harus membayar biaya berlangganan setiap bulan. Pembayaran dilakukan ke badan pemerintah yang disebut Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Setelah membayar, tentunya akan diperoleh struk sebagai bukti pembayaran. Kamu pun bisa menemukan nomor pelanggan PDAM di struk tersebut.

Selama berlangganan air di PDAM, kamu juga akan senantiasa memerlukan data nomor pelanggan. Sayangnya, struk termasuk benda yang sangat mudah hilang. Oleh karena itu, artikel ini akan memaparkan pentingnya nomor pelanggan dan cara menemukan nomor pelanggan PDAM.

Pentingnya Nomor Pelanggan PDAM di Struk

Nomor pelanggan PDAM di struk Indomaret merupakan sebuah identitas yang diberikan oleh PDAM kepada pelanggan untuk mengenali mereka. Nomor ini diperlukan ketika pelanggan ingin melakukan transaksi pembayaran atau menggunakan layanan apa pun yang disediakan oleh PDAM. Tanpa nomor tersebut, transaksi atau layanan tidak akan bisa diproses.

Nomor pelanggan PDAM di struk bukan hanya berguna saat pelanggan ingin melakukan pembayaran secara offline. Ketika transaksi ingin dilakukan secara online, keberadaan nomor ini pun bahkan lebih diperlukan. Nomor pelanggan menjadi data paling valid untuk bisa memproses transaksi. 

Terkait dengan keperluan biaya berlangganan, biaya ini memang harus dibayarkan karena pelanggan telah menggunakan jasa PDAM. Dengan demikian, layanan air bersih tetap bisa diberikan pada waktu-waktu selanjutnya.

Kamu bisa membayar tagihan air secara offline dengan mengunjungi kantor PDAM terdekat. Selain itu, membayar secara online juga sangat mudah dilakukan.  Aplikasi Flip bisa menjadi aplikasi pilihanmu untuk membayar berbagai tagihan secara online.  Untuk pembayaran tagihan air, cukup pilih menu PDAM pada aplikasi Flip. Selanjutnya, masukkan nomor pelanggan PDAM dan tagihan untukmu akan terlihat. Kamu pun tinggal memilih metode pembayaran dan melunasi tagihan tersebut. 

          Baca Juga : Bayar Tagihan PDAM Nggak Perlu Ribet, Pakai Ini Jadi Sat Set!

Cara Mencari Nomor Pelanggan PDAM

Masalahnya, apa yang harus dilakukan jika struk telanjur hilang? Sementara, kamu belum sempat mencatat atau menghafal nomor pelanggan PDAM di struk. Padahal, pembayaran harus segera dilakukan. Jangan panik jika hal ini terjadi! Sebabnya, nomor pelanggan PDAM dapat diketahui dengan beberapa macam cara. Berikut inilah lima di antaranya.

1. Mengecek Meteran Air

Setiap pelanggan PDAM pasti memiliki meteran air di lokasi berlangganan. Nomor pelanggan air ternyata bisa dilihat pada meteran air. Petugas biasanya menempelkan stiker berisi nomor pelanggan pada kaca meteran. Jadi, kamu perlu membuka tutup meteran terlebih dahulu untuk dapat menemukannya. 

Masalahnya, penempelan stiker berisi nomor pelanggan merupakan kebijakan PDAM setempat. Dengan demikian, posisi stiker pada kaca pun bisa berbeda-beda. Sebagian PDAM bahkan tidak menempelkannya lagi. Belum lagi, tulisan pada stiker juga akan hilang seiring berlalunya waktu. Jika hal itu terjadi, kamu bisa meminta petugas untuk menempelkan stiker baru. Kamu juga bisa menempuh cara lain untuk mengetahui nomor pelanggan PDAM.

2. Mengunjungi Kantor PDAM Setempat

Apabila struk hilang, kamu bisa juga mengunjungi kantor PDAM setempat untuk meminta info nomor pelanggan. Terlebih, jika kantor PDAM berlokasi sangat dekat dengan tempat tinggalmu. Meminta bantuan petugas secara langsung akan memberikan hasil yang lebih pasti.

Agar kamu tidak terus-menerus harus berkunjung untuk mencari tahu nomor pelanggan, pastikan kamu mencatat nomor tersebut dan menyimpannya dengan baik. Kamu bisa sekalian meminta petugas menempelkan atau memperbarui stiker pada meteran air yang memuat nomor pelanggan.


          Baca Juga : Jangan Sampai Telat, Ini Jadwal dan Cara Bayar PDAM

3. Menelepon Call Center

Jika lokasi kantor PDAM relatif jauh dari tempat tinggalmu, mengunjungi kantor tersebut mungkin terasa sangat merepotkan. Kabar baiknya, kamu bisa mengutarakan masalahmu dengan menelepon. Dengan memanfaatkan mesin pencari di internet, kamu bisa mencari nomor telepon PDAM terdekat di areamu. Setelah memastikan validitas nomor tersebut, cobalah melakukan panggilan sehingga petugas PDAM akan memberikan bantuan. Utarakanlah maksudmu untuk mencari tahu nomor pelanggan PDAM. Petugas pun akan dengan senang hati membantu mencarikan.
 

4. Cek Online Melalui Web

PDAM memiliki website resmi yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pelanggan, termasuk untuk mengecek nomor pelanggan. Untuk itu, masuklah ke website PDAM terlebih dahulu. Telusurilah website di mana kamu bisa melakukan pencarian nomor pelanggan dengan memasukkan data nama dan alamat. Setelahnya, masukkanlah data yang diminta dan tekan tombol pencarian. Nomor pelanggan pun akan ditampilkan dan siap digunakan.
 

5. Menghubungi Akun Resmi

Di era internet seperti sekarang, banyak permasalahan dapat tertangani dengan baik melalui perantara media sosial. Tak terkecuali saat kamu ingin mencari no pelanggan PDAM di struk. Caranya, temukanlah terlebih dahulu akun resmi media sosial PDAM setempat. Selanjutnya, kamu bisa mengirim pesan pribadi  untuk menanyakan nomor pelanggan. Jika pesan tidak segera ditanggapi dalam hitungan hari, kamu juga dapat membuat unggahan yang disertai panggilan atau mention untuk menarik perhatian admin media sosial terkait.  

Demikianlah cara menemukan nomor pelanggan PDAM di struk. Mudah sekali, ‘kan? Aplikasi Flip untuk membayar tagihan air pun dapat diunduh dengan cepat melalui PlayStore maupun App Store.

Bagikan

Lainnya

Penting! Ini Plus Minus Kirim Uang ke Luar Negeri Pakai Western Union
Penting! Ini Plus Minus Kirim Uang ke Luar Negeri Pakai Western Union
Kode Transfer Bank di Indonesia
Kode Transfer Bank di Indonesia
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Transfer Saldo OVO ke Dana: Proses dan Biaya yang Dibutuhkan
Transfer Saldo OVO ke Dana: Proses dan Biaya yang Dibutuhkan
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi