mural
homeforward
Calon Pebisnis, Yuk Pelajari Apa Itu Zakat Perdagangan!

Calon Pebisnis, Yuk Pelajari Apa Itu Zakat Perdagangan!

Sebelum kamu membuka bisnis sendiri, pastikan belajar tentang zakat perdagangan agar bisa menunaikan kewajiban sebagai Muslim. Sama seperti zakat fitrah dan zakat harta, zakat niaga dianggap sebagai upaya โ€œmembersihkanโ€ harta lewat amal untuk yang membutuhkan. Apa yang membedakan zakat perdagangan dari zakat lainnya? Bagaimana kamu menghitung dan membayarnya?

Baca Juga: Berapa Limit Transfer Flip Per Hari? Simak, Yuk!

Apa Itu Zakat Perdagangan?

zakat perdagangan

Foto: Sinergi Foundation

Zakat perdagangan atau zakat niaga merupakan bagian dari kategori zakat maal, yaitu zakat yang ditarik dari harta kekayaan. Zakat niaga secara spesifik diambil dari aset yang khusus digunakan untuk mengelola usaha atau menarik laba.

Zakat niaga dihitung dari aset bersih dikurangi utang jangka pendek (di bawah satu tahun). Jika kamu hanya membeli atau memiliki aset yang hanya diperuntukkan untuk menabung, bukan mencari untung (misalnya tanah untuk tabungan keluarga), aset tersebut tidak perlu dihitung.

Bagaimana dengan barang berharga seperti emas, perak, dan hewan ternak? Semua ini bukan termasuk barang yang bisa kamu jadikan zakat niaga. Pasalnya, mereka semua termasuk objek berharga yang juga punya aturan zakat sendiri. Intinya, jika suatu aset berkisar seputar keuntungan dan aktiva lancar, maka zakatnya termasuk ke kelompok niaga.

Cara Menghitung Zakat Perdagangan

Menurut Badan Amil Zakat Nasional, perhitungan zakat perdagangan dibuat berdasarkan nisab senilai 85 gram emas. Persentase tarif zakatnya adalah 2,5 persen, sama seperti zakat fitrah. Singkatnya, rumus zakat perdagangan adalah:

2,5% x (nilai aset lancar โ€“ nilai utang jangka pendek)

Ilustrasinya sebagai berikut: Pak A memiliki aset untuk keperluan dagang senilai 300 juta Rupiah dan utang jangka pendek 50 juta Rupiah. Harga emas saat waktu membayar zakat sudah tiba sebesar Rp600.000 per gram, jadi nisab zakatnya adalah:

600.000 x 85 = Rp51.000.000

Nisab zakat senilai 51 juta Rupiah membuat Pak A wajib membayar zakat perdagangan. Maka, dengan menggunakan rumus zakat, Pak A harus membayar zakat sebesar:

2,5% x (300.000.000 โ€“ 50.000.000) = Rp6.250.000

Syarat Membayar Zakat Perdagangan

Tidak semua orang yang berniaga bisa membayar zakat perdagangan. Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi agar bisa menjadi pembayar zakat niaga, yaitu:

Durasi Bisnis Mencukupi

Bisnis yang baru berjalan sebentar belum bisa memberi zakat niaga. Bisnis baru berjalan selama minimal satu tahun sebelum kamu bisa mengeluarkan zakat perdagangan. Hal ini karena aset yang dijadikan patokan berzakat harus merupakan aktiva lancar.

Prioritas dalam Pemberian Zakat

Karena merupakan salah satu rukun Islam, prioritas pemberian zakat harus diarahkan ke penerima Muslim dulu sebelum yang lainnya. Pastikan juga kamu memberi zakat ke pihak terdekat demi membantu karyawan atau komunitas lokal. Penerimanya juga harus termasuk ke dalam kategori berhak zakat, ya!

Zakat Berasal dari Kepemilikan Penuh

Sebelum kamu menghitung jumlah zakat dari aset, pastikan tidak ada utang atau sengketa. Itulah sebabnya kamu harus mengurangi aset dengan utang sebelum menentukan besaran yang harus dizakatkan. Utang merupakan beban baru dalam neraca keuanganmu sekaligus tidak sesuai dengan ayat-ayat terkait. 

Dikeluarkan oleh Pemilik Muslim

Jika perusahaan memiliki pemilik atau pendiri yang berbeda agama, maka zakat niaga secara resmi wajib dikeluarkan oleh yang Muslim. Dalam pencatatan transaksi keuangan, zakat niaga juga harus dibedakan dari donasi biasa.

Bayar dengan Barang Non-Aset

Bagaimana jika kamu ingin membayar zakat perdagangan dengan barang? Ternyata boleh saja, tetapi ada beberapa syaratnya. Barangnya harus sesuai dengan nilai 85 gram emas dan bukan merupakan sesuatu yang juga harus kena zakat seperti perhiasan emas atau hewan ternak.

Kebutuhan Rutin Harus Diutamakan

Sebelum membayar zakat, pastikan kamu sudah melunasi semua tagihan dan kebutuhan rutin lainnya. Jangan sampai usahamu bangkrut hanya karena kamu salah memperhitungkan antara biaya rutinitas kantor dan zakat. Jika kamu sudah mengurangi aset dengan utang dan nilai akhirnya ternyata di bawah standar nisab zakat, kamu tidk bisa memberi uang zakat.

Cara Membayar Zakat Perdagangan

Membayar zakat perdagangan bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Jika ingin melakukannya secara langsung, Anda bisa mencari badan amil zakat lokal untuk langsung membayar. Jangan lupa menegaskan bahwa Anda mencari saluran untuk menyalurkan zakat perdagangan agar tidak ada kekeliruan.

Anda juga bisa melakukannya secara online, misalnya lewat situs atau aplikasi dari lembaga keuangan yang menawarkan jasa pembayaran zakat. Salah satunya adalah Flip, solusi keuangan yang membantumu melakukan transfer jarak jauh untuk beragam kebutuhan.

Baca Juga: Begini Cara Bayar Zakat Mal Pakai Flip

Dengan Flip, kini kamu bisa melakukan kegiatan finansial, termasuk zakat. Pilih menu Zakat dan Sedekah untuk melakukan transfer zakat sesuai ketentuan. Cukup pilih jenis zakat yang akan kamu kirimkan dan Flip menyalurkannya untuk yang membutuhkan. Kamu pun bisa mengirim zakat dari mana saja dengan mudah?

Menyalurkan zakat perdagangan kini makin mudah dengan Flip. Gunakan Flip untuk menyalurkan zakat Anda agar mudah dan tepat sasaran! Membersihkan harta secara spiritual pun jauh lebih mudah!

[SEO&ASO] Request Banner Article Blog_Zakat & Sedekah_1200x300.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
ยฉ 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi