mural
homeforward
7 Hikmah Sedekah, Jalan Termudah Menabung Pahala

7 Hikmah Sedekah, Jalan Termudah Menabung Pahala

Tahukah kamu bahwa sedekah lebih luas cakupannya daripada infak atau zakat? Sedekah tidak melulu berwujud materi, tetapi juga semua amal dan perbuatan baik yang pernah dilakukan.

Untuk mengetahui lebih dalam, yuk, pelajari apa itu sedekah, keutamaan, dan hikmah sedekah di sini. Cari tahu juga kapan waktu terbaik melakukannya.

Baca Juga: Zakat Profesi: Pengertian, Contoh, dan Cara Pelaksanaannya

Keutamaan Sedekah

keutamaan bersedekah

Sumber: Freepik

Sedekah atau shadaqah merujuk pada pemberian seorang muslim secara ikhlas kepada orang lain yang tidak dibatasi jumlah dan waktu. Sedekah bisa berupa harta, ilmu, maupun amal dan perbuatan baik lainnya.

Dalam Islam hukum sedekah adalah dianjurkan atau sunnah. Jika dikerjakan dapat mendatangkan kebaikan dan pahala. Kalau tidak dilakukan juga tidak membuat seseorang berdosa. Namun, hukum sedekah bisa berubah wajib ketika individu sudah mampu dan berkecukupan, serta bertemu mereka yang serba kekurangan.

Terlepas dari hal tersebut, keutamaan sedekah bagi mereka yang menjalankannya akan membuatmu sadar bahwa ini lebih dari sekadar berbagi. Keutamaan sedekah antara lain mempertebal iman, tidak membuat seseorang kekurangan harta, dan membuatmu menerima pahala berlipat ganda.

Hikmah Sedekah

Ada banyak hikmah sedekah yang bisa kamu petik jika melaksanakannya dengan ikhlas. Beberapa hikmah yang dapat kamu nikmati adalah:

Menghapuskan dosa 

Dalam HR Tirmidzi yang disahihkan Al Albani (Shahih At Tirmidzi, 64) Rasullah Saw. menyatakan bahwa sedekah bisa menghapuskan dosa seperti air yang memadamkan api. Tentu saja pengampunan dosa karena bersedekah tetap perlu dibarengi tobat atas dosa terdahulu. 

Setelah semua upaya dilakukan, tinggal bagaimana kita berserah diri kepada Allah Swt. Hanya Ia yang berhak menilai semua amalan yang diperbuat, tak terkecuali sedekah.

Melipatgandakan pahala

Sedekah tidak menghitung besar kecil yang kita berikan. Sekalipun sedikit, pahalanya terus berkembang dan berlipat ganda. Terlebih jika sedekah itu sudah menjadi bagian dari kebiasaan sehari-hari. 

Ibarat menabung, hikmah sedekah ini akan terasa melalui aliran pahala yang tiada akhir. Sedekah mengembangkan pahala seperti kita memelihara hewan dari kecil hingga besar. Dari sedikit sedekah, pahalanya bisa menggunung tanpa kita sadari.

Memperbanyak rezeki

Banner Article Blog Zakat & Sedekah

Sebanyak apa pun kita bersedekah, ajaibnya itu tidak mengurangi harta. Justru bersedekah akan memperbanyak rezeki yang lebih besar daripada apa yang kita keluarkan.

Sedekah yang kamu berikan, materi atau non materi, akan melipatgandakan rezeki yang diperoleh. Jangan lupa barengi dengan zikir pembuka rezeki, ya. 

Menghindari marabahaya

Hikmah sedekah lainnya adalah menghindari marabahaya. Keajaiban sedekah ini diyakini dapat membuat kita jauh dari berbagai bahaya, bencana, dan masalah.

Sekalipun mereka yang pendosa, zalim, atau kafir, Allah Swt. dapat menjaga mereka dari bencana jika bersedekah. Sehebat itu ya kekuatan sedekah.

Menenangkan hati 

Menariknya, orang yang dermawan dan senang bersedekah akan merasa lebih tenang. Sedekah bisa menenangkan hati, sekaligus muncul rasa bangga dan senang karena telah berbagi dengan mereka yang lebih membutuhkan. 

Semua nikmat rezeki yang diperoleh tidak muncul begitu saja, tetapi ada tangan dan pertolongan Allah Swt. di dalamnya. Sedekah menjadi pengingat agar kita tidak bersikap sombong dan pelit karena segala yang didapat hanya titipan rezeki.

Jaminan hari akhir

Sedekah termasuk salah satu jenis amalan jariyah yang akan menaungi umat Islam di hari akhir nanti. Bersedekah bisa menjauhkan diri kita dari panas api neraka pada hari kiamat.

Sekali lagi, bentuk sedekah tidak melulu harus berupa uang atau sesuatu yang besar. Bisa dalam bentuk makanan, pakaian, atau benda lain yang bermanfaat. 

Meningkatkan sikap empati 

Bersedekah juga membantu mereka yang sedang mengalami kesulitan sekaligus melatih sikap empati diri kepada orang lain. Dengan berbagi, kita terdorong untuk mensyukuri semua hal yang kita miliki saat ini.

Tidak hanya empati, rasa ingin memberi yang muncul ternyata bisa mendorong otak lebih aktif dan bersikap lebih ramah. Sedekah bisa meningkatkan mood atau suasana hati karena kebaikan sekecil apa pun bisa membangun perasaan positif diri terhadap orang lain.

Baca Juga: Tak Selalu Uang, Ada Banyak Jenis Sedekah Lain yang Mudah Dilakukan

Kapan Waktu Terbaik untuk Sedekah?

Kamu sudah tahu apa saja hikmah sedekah. Jadi, kapan waktu terbaik untuk sedekah?

Memang tidak ada batasan waktu untuk bersedekah. Namun, ada waktu tertentu yang disebut sebagai waktu sedekah paling utama, antara lain:

  1. Ketika sehat karena individu mampu melakukan banyak hal dengan maksimal, seperti bekerja untuk mencari nafkah
  2. Waktu subuh, bertepatan dengan saat Allah memerintahkan malaikat turun dan membagikan rezeki kepada manusia
  3. Saat bencana alam terjadi karena banyak orang mengalami kesulitan dan kehilangan sehingga sedekah bisa berupa barang atau uang yang dibutuhkan korban bencana alam
  4. Pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, khususnya mereka yang belum mampu berangkat haji bisa bersedekah pada waktu tersebut.

Begitu luar biasa hikmah sedekah untuk kita pelajari dan pahami. Kamu bisa melakukannya kapan saja dan dari mana saja. Sejatinya bersedekah tidak perlu menunggu kita banyak uang atau kaya. Ilmu, sedikit harta, hingga senyum pun sudah terhitung sedekah.

Namun, kalau kamu ingin berbagi kebaikan secara rutin, mulai dengan mengunduh Flip di Play Store atau App Store. Terdapat menu “Zakat dan Sedekah” yang mempermudah kamu menyedekahkan sebagian harta.

Dalam beberapa langkah saja, kamu sudah bisa bersedekah di sela kesibukan dan rutinitas sehari-hari. Ayo, nikmati mudahnya berbagi kebaikan lewat sedekah bersama Flip sekarang juga.

Zakat & Sedekah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi