mural
homeforward
Tak Selalu Uang, Ada Banyak Jenis Sedekah Lain yang Mudah Dilakukan

Tak Selalu Uang, Ada Banyak Jenis Sedekah Lain yang Mudah Dilakukan

Bersedekah merupakan salah satu ibadah yang cukup sering disebutkan di dalam Alquran maupun hadis. Jika dilakukan dengan ikhlas dan semata-mata hanya untuk mengharap rida Allah, maka ganjaran pahala yang akan diterimanya sangatlah besar.

Namun, sedekah sebetulnya tidak sekadar merujuk pada materi yang kamu miliki, lho. Seperti contoh salah satu sedekah yang paling mudah berupa senyuman–sebagaimana yang disebutkan dalam beberapa hadis.

Baca Juga: Apa Perbedaan Infak dan Sedekah dalam Islam? Yuk, Simak!

Hakikat Sedekah 

hakikat sedekah

Sumber: Freepik

Sedekah adalah kata yang diambil dari bahasa Arab, yakni shadaqah, yang berasal dari kata sidq (sidiq) dan bermakna kebenaran. Adapun maksud lebih luasnya sedekah berarti memberi dengan ikhlas, jujur, dan benar.

Pemberian yang dimaksud pun tidak terbatas pada materi atau harta yang dimiliki–oleh sebab itu perintah untuk bersedekah berlaku bagi setiap muslim tanpa memandang kemampuan harta yang dipunyai. 

Secara umum ada dua jenis sedekah, yakni sedekah harta dan sedekah nonharta. Keduanya pun dapat diberikan kepada siapa saja, tidak terbatas kepada golongan tertentu seperti zakat.

Sedekah Harta

Seperti namanya, sedekah harta adalah sedekah dengan memberi barang (termasuk uang) yang kamu miliki kepada orang lain. Termasuk di antaranya adalah berbagi makanan, menyumbangkan pakaian, patungan dalam memperbaiki atau membangun masjid, dan masih banyak lainnya.

Tidak seperti zakat, tidak ada batasan minimal terkait besarnya nilai materi yang kamu berikan untuk sedekah. Kamu bahkan dapat memberikan apa yang kamu miliki (tidak harus berupa barang baru) selama masih layak dan ikhlas semata mengharap rida Allah sebagai sedekah.

Sedekah Non-harta

Bagi sebagian besar–atau bahkan seluruh–muslim sedekah yang paling mudah berupa sedekah non-harta. Sayangnya, jenis sedekah ini kerap terlupakan lantaran jarang dapat diamati wujud fisiknya.

Padahal ada banyak jenis sedekah tanpa mengeluarkan materi dan tetap berpahala besar. Seperti contoh adalah tersenyum dan bersikap ramah dan baik kepada sesama muslim, membantu orang tua menyelesaikan pekerjaan rumah, berbagi nasihat, menjadi pengurus masjid, dan lain-lain. 

Sedekah dengan cara ini juga akan mendapat balasan pahala selama kamu melakukannya dengan kesadaran dan niat semata-mata hanya untuk Allah, bukan karena takut kepada orang tua, merasa sungkan dengan orang lain, hanya ingin terlihat ramah di depan orang, dan sebagainya.

Anjuran Sedekah Menurut Quran dan Hadis

Banner Article Blog Zakat & Sedekah

Kamu bisa dengan mudah menemukan ayat-ayat Alquran yang berisi perintah dan anjuran untuk melaksanakan sedekah, pun di banyak hadis sahih. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. QS Al Hadid ayat 18

“Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”

2. QS Al Baqarah ayat 267

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usaha kalian yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kalian. Dan janganlah kalian memilih yang buruk-buruk, lalu kalian nafkahkan darinya, padahal kalian sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Mahakaya lagi Maha Terpuji.”

3. QS Al Munafiqun ayat 10

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematianku) sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?”

4. HR. Bukhari No 1.410

“Barang siapa yang bersedekah dengan sebutir kurma hasil dari usahanya sendiri yang baik (halal), sedangkan Allah tidak menerima kecuali yang baik saja, maka sungguh Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya lalu mengasuhnya untuk pemiliknya sebagaimana jika seorang dari kalian mengasuh anak kudanya hingga membesar seperti gunung.”

5. HR. Muslim No 2.588

“Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.”

Baca Juga: Sedekah dan Manfaatnya, Salah Satunya Bisa Menghapus Dosa!

Contoh Sedekah yang Mudah Dilakukan

contoh sedekah

Sumber: Freepik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kamu tidak harus bergelimang harta untuk dapat menunaikan sedekah. Kamu bisa memberikan apa pun yang kamu miliki, sekecil apa pun terlihatnya, selama ikhlas dan semata-mata mengharap balasan dan keridaan Allah. 

Beberapa contoh sedekah yang paling mudah dilakukan berupa:

1. Sedekah Ilmu

Kamu bisa membagikan ilmu yang baik dan benar kepada orang-orang di sekitar maupun masyarakat luas, terutama ilmu atau nasihat agama. Pastikan kamu juga menyampaikannya dengan cara yang tepat tanpa harus menyinggung atau membuat orang justru merasa digurui.

2. Sedekah Tenaga

Ada tetangga yang sedang perlu merenovasi sendiri rumah atau bahkan keluarga yang sedang membawa belanjaan dan kepayahan? Kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk mencari pahala lewat sedekah tenaga, lho.

3. Sedekah Harta

Karena bukan zakat dan sifatnya sukarela sesuai kemampuan, kamu bisa bersedekah harta dengan jumlah yang tidak memberatkan. Kamu bisa mulai bersedekah dengan Rp10 ribu atau bahkan kurang dari itu.

Kini kamu pun bisa bersedekah lebih mudah dari mana saja bersama Flip. Lewat fitur Zakat & Sedekah, kamu bisa membagi sebagian hartamu untuk mereka yang membutuhkan. 

Yuk, bersedekah dan menebar lebih banyak kebaikan dan kebahagiaan bersama Flip!

Zakat & Sedekah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi