mural
homeforward
Sedekah dan Manfaatnya, Salah Satunya Bisa Menghapus Dosa!

Sedekah dan Manfaatnya, Salah Satunya Bisa Menghapus Dosa!

Sedekah adalah perbuatan baik yang sangat familiar di dalam kehidupan seorang muslim. Tapi apakah sedekah itu dan apa manfaat dan keutamaanya? Mari kita simak bersama dalam ulasan singkat berikut ini.

Baca Juga: Begini Cara Bayar Zakat Mal Pakai Flip

Pengertian Sedekah

sedekah

Photo credit: Getty Images/iStockphoto/Jaka Suryanta

Asal kata sedekah adalah dari bahasa Arab yaitu Sidq yang maknanya adalah kebenaran. Sedangkan jika merujuk pada peraturan BAZNAS No.2 tahun 2016, maknanya sendiri adalah harta atau non-harta yang dikeluarkan oleh orang perorangan atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Menurut Imam Mawardi, sebenarnya zakat dan sedekah adalah dua kata berbeda teks namun memiliki arti yang sama. Tapi dalam beberapa dalil, kata sedekah sendiri memiliki makna yang lebih luas dari sekedar memberikan harta.

Dalam beberapa dalil kata sedekah digunakan untuk mewakili segala bentuk amal perbuatan baik yang berguna bagi orang lain ataupun diri sendiri. Contohnya ucapan tasbih, takbir, tahmid, dan tahlil yang bernilai sedekah bagi diri sendiri.

Nafkah seorang kepala rumah tangga yang dia berikan kepada keluarganya pun dihitung sebagai sedekah. Sebagaimana ucapan baginda Rasulullah SAW, “Nafkah yang diberikan seorang kepala rumah tangga kepada keluarganya bernilai sedekah. Sungguh, seseorang diberi ganjaran karena meski sesuap nasi yang dia masukkan ke dalam mulut keluarganya.” (HR Muttafaq Alaih).

Keutamaan dan Dalil Tentang Sedekah

Ada banyak sekali dalil tentang sedekah baik dalam Alquran maupun hadis. Seperti dalam surah Al Baqarah ayat 261 yang berbunyi, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Salah satu contoh hadits tentang sedekah yaitu dari Asma’ binti Abi Bakr, Rasulullah SAW bersabda padaku, “Janganlah engkau menyimpan harta (tanpa mensedekahkannya). Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu.”

Di riwayat lain oleh Bukhari dan Muslim juga disebutkan, “Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau menyedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan berkah rizki tersebut. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.”

Dari hadits di atas dapat kita simpulkan bahwa orang-orang yang enggan bersedekah atau mengeluarkan zakatnya padahal hartanya berlebih, Allah akan menghalangi keberkahan hartanya. 

Dari Abu Hurairah Nabi Muhammad SAW juga pernah berkata, “Sedekah tidaklah mengurangi harta.” Makna dari hadits ini adalah walaupun secara nominal harta tersebut memang berkurang, tetapi kekurangannya akan tertutup oleh keberkahannya. Ini akan bisa dirasakan sendiri oleh orang yang bersedekah.

Hadits tentang sedekah yang lain menyebutkan tentang sedekah non harta yang  bisa dilakukan seorang muslim. Yaitu dari Abu dzar Al Ghifari, sesungguhnya nabi Muhammad SAW bersabda, “Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah, seruanmu untuk melakukan kebaikan serta larangan berbuat munkar adalah sedekah, petunjukmu terhadap orang yang tersesat di suatu tempat adalah sedekah, penglihatanmu bagi orang yang lemah penglihatannya adalah sedekah untukmu, kamu membuang batu, duri dan tulang dari jalan adalah sedekah untukmu, dan mengosongkan embermu ke dalam ember saudaramu adalah sedekah untukmu.”

Manfaat Sedekah

Ada banyak sekali manfaat sedekah, terutama jika itu dilakukan dengan tulus mengharapkan rida Allah ta’ala. Untuk diri sendiri, sedekah tidak akan mengurangi harta dan justru Allah berjanji untuk menggantinya dan memberikan pahala yang berlipat ganda.

Sedekah juga merupakan amalan istimewa karena bisa membantu kita menghapus dosa-dosa sebagaimana dikatakan dalam hadits yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.”

Selain pahala dan ganjaran yang baik di sisi Allah manfaat sedekah juga bisa membantu kehidupan orang lain yang kurang beruntung di sekitar kita dan menjalin silaturahmi jika diberikan pada kerabat sendiri. 

Hal ini seperti yang disebutkan Rasulullah SAW, "Sedekah untuk orang miskin, nilainya hanya sedekah. Sementara sedekah untuk kerabat, nilainya dua; sedekah dan silaturahmi."  

Zaman serba teknologi ini, kamu pun tidak harus repot-repot menyalurkan sedekahmu sendiri secara langsung. Kamu bisa menggunakan lembaga yang tepercaya atau memakai aplikasi pembayaran kredibel seperti Flip. Flip memiliki fitur khusus bagi umat muslim yang ingin menyalurkan zakat dan sedekahnya secara daring.

Baca Juga: Mengenal Jenis Zakat Yang Wajib Diketahui Umat Islam

Tidak sulit kok, kamu cukup mengunduh aplikasi Flip di App Store atau Play Store. Setelah berhasil, kamu bisa login dan pergi ke menu “Zakat & Sedekah” yang ada di halaman utama. Kamu nanti tinggal memilih menu “Sedekah” dan mengikuti langkah selanjutnya.

Nah, itu dia ulasan singkat mengenai sedekah beserta manfaatnya. Demi keberkahan harta, usahakan rutin bersedekah setiap gajian, ya. Jangan lupa unduh Flip untuk kemudahan membayar zakat dan sedekahmu.

[SEO&ASO] Request Banner Article Blog_Zakat & Sedekah_1200x300.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi