mural
homeforward
Cara Bayar QRIS yang Anti-Ribet untuk Berbagai Transaksi

Cara Bayar QRIS yang Anti-Ribet untuk Berbagai Transaksi

Di era digital seperti sekarang, QRIS merupakan metode pembayaran yang populer karena berbagai alasan. Sebab, cukup dengan scan kode QR menggunakan kamera smartphone, kamu bisa mengirim uang dari rekening bankmu ke bank maupun akun e-wallet lain tanpa harus mendaftarkan data pemiliknya ataupun memiliki berbagai aplikasi. 

Selain itu, cara bayar QRIS juga sangat mudah, lho, sehingga transaksi pun jadi lebih cepat selesai!

Baca Juga: 6 Aplikasi QRIS yang Mudah Digunakan untuk Transaksi

Cara Bayar Pakai QRIS

cara bayar qris yang aman

Sumber: Freepik

Bagaimanakah cara bayar QRIS, termasuk saat kamu ingin mendapatkan promo dengan QRIS? Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Download versi terbaru dari aplikasi mobile banking

Langkah pertama dan yang terpenting dari cara bayar QRIS adalah memiliki aplikasi mobile banking. Tentunya, aplikasi tersebut harus mendukung fitur pembayaran dengan scan kode QR, dan umumnya fitur tersebut baru tersedia pada versi yang lebih baru. 

Jadi, pastikan kamu mendapatkan versi terbarunya secara resmi dari Google Play Store (untuk smartphone Android) atau Apple Store (untuk iOS). Alternatif lainnya, kamu juga bisa pakai aplikasi e-wallet.

2. Pilih menu pembayaran dengan scan QR

Kalau kamu sudah memiliki aplikasi dan akun mobile banking maupun e-wallet, kamu bisa langsung membuka menu pembayaran dengan QRIS. 

Biasanya, metode pembayaran ini terdapat di ikon kode QR, jadi kamu tinggal menekan tombol tersebut untuk membuka fitur pembayaran menggunakan scan QR.

3. Aktifkan kamera smartphone

Sebelum bisa bertransaksi dengan memindai kode QR, kamu tidak boleh melewatkan cara bayar QRIS yang berikutnya: memberikan aplikasi mobile banking atau e-wallet izin untuk mengakses kamera. Pasalnya, untuk bisa scan QR, kamu harus menggunakan kamera smartphone.

4. Pastikan jumlah saldo di layar sudah benar

Kalau kode QR sudah berhasil terdeteksi oleh kamera smartphone dan aplikasi pembayaran, kamu perlu memasukkan nominal pembayaran secara manual. 

Tapi, ada kalanya merchant sudah meng-input nominal tersebut, sehingga kamu hanya perlu mengkonfirmasi di aplikasi. Terlepas dari metodenya, jangan lupa cek kembali apakah total pembayarannya sudah benar dan cukup untuk saldomu.

Cara Bayar QRIS dengan Aman

Bayar pakai QRIS Flip

Meski menawarkan kemudahan, QRIS juga bisa menjadi celah keamanan kalau kamu tidak teliti. Contohnya, seperti kasus penipuan yang pernah terjadi pada tahun 2023 silam. 

Pelaku akan memasang kode QR palsu yang sulit dibedakan dengan mata kasat seolah-olah itu memang milik merchant sah. Tapi, dana yang kamu kirimkan justru akan masuk ke rekening penipu. Tenang, kamu bisa melindungi diri dengan cara bayar pakai QRIS yang aman di sini:

1. Pastikan kode QRIS terpasang di tempat yang terlihat

Sebelum mempraktikkan cara bayar QRIS yang sudah disebutkan, kamu perlu mengecek lokasi pemasangan kode QR merchant terlebih dahulu. Idealnya, kode QR yang sah justru bisa kamu temukan di tempat yang mudah terlihat oleh banyak orang, contohnya meja kasir. Sebaliknya, kamu perlu berhati-hati kalau kamu menemukan kode QR di sudut ruangan yang tersembunyi.

2. Cocokkan nama merchant di kode QR dan layar

Terkadang, penipu akan memasang kode QR di tempat yang terlihat untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Di sinilah kamu harus berhati-hati dengan memastikan apakah nama merchant pada kode QR sudah sesuai dengan nama yang tertera pada layar aplikasimu atau belum. Kalau tidak, segera hentikan transaksi dan laporkan perbedaan tersebut kepada merchant terkait, ya!

Baca Juga: QRIS SeaBank: Kelebihan dan Cara Membuatnya yang Gampang

3. Hindari pemberian informasi sensitif melalui kode QR

Normalnya, pembayaran QRIS yang aman hanya akan memintamu meng-input nominal transaksi atau mengkonfirmasi nominal yang telah dimasukkan oleh penjual. 

Karena itu, kalau kamu menemukan bahwa di balik kode QR tersebut ada formulir yang meminta informasi pribadi seperti PIN, password, dan nomor kartu, jangan memberikan data tersebut. Laporkan kepada Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) yang digunakan oleh merchant dan jangan lanjutkan transaksi.

Itu dia langkah-langkah dari cara bayar QRIS yang sangat mudah. Kuncinya, pastikan kamu menggunakan aplikasi yang resmi dan tahu cara melindungi keamanan datamu dengan tips-tips yang sudah disebutkan! 

Kini Flip hadir dengan fitur QRIS, untuk semakin memudahkan kamu bertransaksi. Tentunya, untuk bisa bertransaksi dengan QRIS, kamu perlu saldo yang mencukupi di rekening bank. Jangan khawatir kalau danamu justru menumpuk di rekening lain, karena kamu bisa langsung transfer dengan Flip! 

Soalnya, Flip akan membantumu menghemat biaya transfer ke rekening bank yang berbeda, dan jaringannya juga sudah mendukung lebih dari ratusan bank di tanah air. Bahkan, kamu juga bisa transfer secara serentak ke banyak rekening dalam sekali klik pakai Flip, lho

Coba download sekarang dan buktikan kemudahannya sendiri, yuk!

Bayar dan scan QRIS Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi