mural
homeforward
Jangan Mager, Yuk Produktif dengan 5 Aktivitas Bulan Ramadhan Ini!

Jangan Mager, Yuk Produktif dengan 5 Aktivitas Bulan Ramadhan Ini!

Bulan Ramadan adalah  bulan suci umat Islam yang dinanti-nanti kedatangannya setiap tahun. Pada bulan ini semua umat muslim menjalankan ibadah puasa dan melakukan banyak ibadah sunnah karena pahalanya akan berlipat ganda. 

Meskipun berpuasa, tidak menjadi alasan untuk mager ya! Kamu bisa tetap produktif dengan menjalankan 5 aktivitas bulan Ramadhan berikut ini.

Baca Juga: Serba Serbi Puasa Ramadhan

Baca Alquran

baca al-quran di bulan ramadhan

Sumber : Envato

Sebagai seorang muslim, kamu pasti sering mendengar bahwa bulan Ramadhan adalah bulannya Alquran. Ada banyak sekali dalil yang menunjukkan hal ini, salah satunya yaitu QS. Al Baqarah: 185 yang bunyinya:

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” 

Pada bulan Ramadan dianjurkan untuk memperbanyak bacaan Alquran dan mengkhatamkannya. Sehingga ini bisa menjadi aktivitas bulan Ramadhan yang bisa kamu utamakan.

Ikut Kajian

Setiap muslim dan muslimah diwajibkan untuk menuntut ilmu yang membawa kebaikan, terutama ilmu agama yang mendekatkan pada Allah. Ada banyak dalil tentang keutamaan menghadiri majelis ilmu. 

Salah satunya adalah hadis Rasulullah SAW yang berbunyi, “Barangsiapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya untuk menuju surga”. Pada bulan suci Ramadan, biasanya banyak diadakan kajian dan majelis ilmu di masjid-masjid. Kamu bisa rutin mengikutinya untuk mendapatkan tambahan pahala bermajelis ilmu.

Olahraga

Meskipun berpuasa, bukan berarti kamu harus mager dan bermalas-malasan sampai waktu berbuka puasa tiba ya. Kamu tetap bisa berolahraga ringan seperti jalan cepat, bersepeda santai, dan aerobik ringan.

Hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah intensitas olahraga dan waktunya. Waktu yang bisa kamu gunakan untuk berolahraga saat bulan puasa seperti sebelum sahur, sebelum berbuka, setelah berbuka, atau sebelum tidur. Untuk intensitasnya sendiri pilih yang ringan saja dan dengan durasi 20-30 menit.

Menyiapkan Sahur dan Berbuka

Banner Article Blog Zakat & Sedekah

Dalam hadits muttafaqun ‘alaih, dari Anas bin Malik, Nabi SAW bersabda, “Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari Muslim).

Meski makan sahur tidak wajib dilakukan, tetapi itu termasuk amalan sunnah yang punya keberkahannya sendiri. Jadi sebaiknya meski kamu merasa malas bangun lebih pagi, selama bulan suci Ramadan jangan sampai melewatkannya.

Dalam riwayat yang lain, dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi SAW bersabda, “Makan sahur adalah makan penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkannya walau dengan seteguk air karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang makan sahur.” (HR. Ahmad).

Dengan makan sahur, puasa kamu juga akan lebih kuat sehingga bisa menjalankan berbagai aktivitas bulan Ramadhan lainnya. Menyiapkan makan sahur dan berbuka bisa jadi hal produktif agar puasa kamu lebih lancar dan gizinya tetap terjaga.

Selain itu, jika kamu menyiapkan makanan berbuka puasa untuk orang lain ternyata ada pahalanya sendiri, lo! Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”

(HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192, Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Baca Juga: Bacaan Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga Lengkap

Qiyamul Lail

Qiyamul lail atau salat malam adalah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan. Pada bulan Ramadan, ada 3 salat malam yang bisa kamu lakukan, yaitu salat tarawih, salat witir, dan salat tahajud.

Salat tarawih adalah salat malam yang hanya khusus dilakukan pada bulan suci Ramadan dan dianjurkan untuk melakukannya secara berjamaah. Pahala salat malam ini sangat besar, seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, “Barangsiapa shalat malam pada bulan Ramadhan dengan keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, niscaya diampunilah dosa-dosanya yang telah lampau.” (HR. Bukhari Muslim).

Itu dia 5 aktivitas bulan Ramadhan yang  bisa kamu rutinkan supaya bulan sucimu tahun ini produktif dan tidak mageran. Selain lima aktivitas di atas kamu juga bisa memperbanyak infaq dan sedekah saat bulan puasa. Berbagi pada bulan puasa akan mendapatkan pahala yang lebih besar dibanding bulan lainnya.

Saat bulan Ramadhan umat muslim juga diwajibkan untuk membayar zakat fitrah hingga waktu sebelum salat Idulfitri. Jika kamu adalah orang sangat sibuk, sekarang kamu bisa lo membayar zakat secara daring. Ada banyak pilihan zakat daring yang bisa kamu coba, salah satunya yaitu dengan menggunakan aplikasi Flip

Kamu pun bisa rutin sedekah menggunakan Flip sebagai aktivitas bulan Ramadhan yang berfaedah lainnya. Aplikasi Flip bisa kamu unduh di Playstore ataupun Appstore.

Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa!

Zakat & Sedekah
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi