mural
homeforward
Metode Pembayaran QRIS; Definisi, Manfaat, Hingga Cara Kerjanya

Metode Pembayaran QRIS; Definisi, Manfaat, Hingga Cara Kerjanya

Cashless kini telah menjadi tren seiring dengan perkembangan teknologi. Banyak orang mulai tak menggunakan uang tunai lagi untuk bertransaksi, melainkan dengan berbagai aplikasi. Salah satunya melalui metode pembayaran QRIS yang kini marak digunakan oleh berbagai merchant.

Lantas, apa itu metode pembayaran dengan QRIS? Seperti apa manfaatnya, dan bagaimana cara kerjanya? Simak ulasan berikut ini hingga selesai untuk mendapatkan jawabannya!

Baca Juga: QRIS SeaBank: Kelebihan dan Cara Membuatnya yang Gampang

Definisi QRIS

qris seabank

Sumber: Freepik

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah standar pembayaran dengan QR code yang digunakan untuk memberikan fasilitas pembayaran nontunai di Indonesia. Selain itu, QRIS juga diluncurkan sebagai upaya mendukung perkembangan ekonomi digital yang ada di negeri ini.

Metode pembayaran QRIS pertama kali diluncurkan pada 17 Agustus 2019. Namun, baru diwajibkan untuk digunakan oleh setiap penyedia layanan pembayaran pada 1 Januari 2020.

Penyelenggara QRIS

Sebelum ada QRIS, kita sudah cukup mengenal metode pembayaran dengan QR (Quick Response) code. Secara umum, kode ini adalah matriks dua dimensi yang dapat dipindai (scan) dengan smartphone. Kode inilah yang kemudian menjadi cikal bakal terbentuknya QRIS.

Hal tersebut dimulai ketika Bank Indonesia (BI) melihat bahwa potensi penggunaan QR code untuk pembayaran cukup tinggi. Oleh sebab itu, pihak BI pun bekerja sama dengan ASPI alias Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia untuk meluncurkan QRIS.

Jadi sederhananya, QRIS adalah QR code yang dibuat dengan standar Indonesia dan penyelenggaraannya dilakukan oleh BI. Saat diluncurkan pertama kali, QRIS mengusung semangat bertajuk UNGGUL (Universal, Gampang, Untung, dan Langsung).

Manfaat Menggunakan QRIS bagi Pebisnis

Bayar pakai QRIS Flip

Buat kamu para pebisnis, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan metode pembayaran QRIS untuk bertransaksi. Berikut beberapa di antaranya!

  1. Mempermudah proses pengelolaan uang, karena seluruh dana yang masuk dari hasil transaksi akan tercatat oleh sistem secara otomatis. Di samping itu, dengan metode pembayaran ini, pemilik bisnis juga tidak perlu memberikan uang kembalian, karena setiap transaksi telah diatur dengan jumlah yang pas.
  2. Dapat meminimalisir risiko kerugian akibat adanya pembayaran dengan uang palsu. Melalui pembayaran QRIS, dana yang digunakan dijamin asli karena bentuknya tidak tunai.
  3. Meningkatkan penjualan, dengan menarik lebih banyak pelanggan yang telah beralih pada kebiasaan cashless.
  4. Membuat proses transaksi pembayaran semakin mudah karena QRIS dapat dipindai oleh berbagai aplikasi penyedia layanan pembayaran. Inilah salah satu keunggulan utama QRIS dibanding QR code biasa, di mana QR code biasa hanya bisa menerima transaksi dari aplikasi tertentu.
  5. Memberikan performa baik bagi rekening merchant jika transaksi via QRIS dilakukan secara rutin. Hal ini selanjutnya dapat membuka peluang untuk mendapatkan modal kerja yang lebih besar.

Cara Melakukan Pembayaran QRIS

Proses pembayaran nontunai dengan menggunakan QRIS sangat mudah dilakukan. Kamu hanya butuh smartphone yang telah terinstal aplikasi penyedia layanan pembayaran dengan saldo yang cukup.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara melakukan pembayaran merchant dengan menggunakan metode QRIS.

  1. Pastikan merchant yang dipilih memang telah mengaktifkan layanan pembayaran QRIS. Hal ini bisa dilihat dari adanya QRIS lengkap dengan NMID (National Merchant ID) yang bisa dipindai.
  2. Buka aplikasi penyedia layanan pembayaran yang bisa digunakan untuk transaksi dengan QRIS. Salah satu contohnya, kamu bisa menggunakan Flip yang kini telah memiliki QRIS sebagai fitur barunya.
  3. Buka fitur QRIS yang terletak di samping fitur Top Up pada aplikasi Flip.
  4. Lalu scan QRIS yang dimiliki merchant, untuk menuju halaman pembayaran. Jika sudah, masukkan nominal transaksi, dan bayar dengan saldo yang telah dimiliki.
  5. Kalau berhasil, dana yang telah terbayarkan sebelumnya akan masuk ke rekening bank pemilik bisnis yang telah didaftarkan ketika melakukan proses registrasi QRIS.

Baca Juga: Sebelum Belanja, Perhatikan Dulu Minimal Pembayaran QRIS!

Demikian uraian mengenai definisi, manfaat, hingga cara kerja QRIS untuk memudahkan berbagai transaksi bisnis. Nah, jika metode pembayaran QRIS bisa menjadi solusi pembayaran nontunai, aplikasi Flip bisa menjadi solusi buat kamu yang ingin bayar pakai QRIS dan juga transfer dana tanpa tambahan biaya.

Melalui Flip, kamu bisa transfer antarbank tanpa harus mengeluarkan biaya admin. Caranya cukup mudah. Jika kamu sudah punya aplikasi dan akunnya, tinggal pilih menu Transfer, pilih Rekening Bank sebagai pilihan opsi transfer, masukkan bank tujuan, lalu isi nomor rekeningnya.

Setelah itu, masukkan nominal dan pilih metode transfer. Kamu bisa memilih bank yang sesuai dengan rekening bank yang kamu miliki. Selanjutnya, lakukan transfer ke nomor rekening Flip dan tunggu hingga prosesnya selesai. Dana yang kamu transfer pun segera diteruskan kepada pemilik rekening tujuan.

Bagaimana? Tidak sulit, kan? Jadi, tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi Flip di Play Store maupun App Store, dan rasakan berbagai keuntungannya di dalamnya.

Bayar dan scan QRIS Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi