mural
homeforward
Wajib Tahu! Ini Alasan Mati Listrik Mendadak dan Cara Mengatasinya

Wajib Tahu! Ini Alasan Mati Listrik Mendadak dan Cara Mengatasinya

Mati listrik, mati lampu, atau pemadaman listrik merupakan suatu keadaan ketika penyedia listrik tidak dapat menyalurkan listriknya kepada pengguna listrik di suatu wilayah. Pada wilayah yang sering terjadi pemadaman listrik, umumnya menggunakan genset sebagai sumber daya listrik darurat. 

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, kita tak terlepas dari penggunaan listrik. Baik di rumah, di sekolah, di kantor, maupun di pusat perbelanjaan. Maka saat terjadi mati listrik, tentu kegiatan kita akan terhambat. Bagi para pelaku usaha, mati lisrik dapat mengganggu kegiatan operasional mereka karena alat elektronik tidak bisa digunakan. Terlebih bila usaha tersebut di bergerak di bidang makanan dan minuman, mati listrik dapat menyebabkan kerugian cukup besar karena rusaknya bahan baku akibat lemari pendingin yang tak bisa menyala. 

Nah, begitu banyak dampak yang ditimbulkan akibat mati listrik tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui alasan mati listrik serta cara mengatasi listrik mati agar dapat mengambil langkah yang tepat.   

Baca juga: 5 Cara Menghemat Listrik Prabayar: Biar Gak Sering Beli Token!

 

Alasan Terjadinya Mati Listrik Mendadak 

1. Penggunaan Listrik yang Berlebihan 

Saat bersantai menikmati akhir pekan di rumah bersama keluarga, tiba-tiba terjadi mati listrik, cobalah mengingat kembali apakah kamu menyalakan sejumlah alat elektronik secara bersamaan? Sebab, hal ini dapat menjadi salah satu alasan terjadinya mati listrik. Setiap rumah memiliki daya listriknya sendiri. Karena itu, pada saat kamu menyalakan alat elektronik secara bersamaan dan melebihi batasan listrik tersebut, secara otomatis akan terjadi mati listrik. 

2. Pemadaman Listrik Berkala 

Alasan terjadinya mati listrik yang umum terjadi yaitu pemadaman listrik berkala yang dilakukan oleh perusahaan listrik. Pemadaman listrik ini dilakukan saat perusahaan listrik hendak melakukan pemeliharaan alat distribusi listrik secara rutin. Kamu tidak perlu khawatir karena biasanya perusahaan listrik akan memberikan informasi terlebih dahulu terkait pemadaman berkala. Dengan begitu, kamu dapat bersiap sebelum terjadi mati listrik di wilayahmu. 

3. Terjadinya Arus Pendek Listrik 

Terjadinya arus pendek listrik atau yang dikenal dengan korsleting dapat menjadi alasan terjadinya mati listrik secara tiba-tiba. Penyebabnya pun beragam, seperti instalasi listrik yang salah, kabel listrik yang rusak karena digigit tikus atau kabel yang sudah tua, hingga kabel listrik yang terkena air. 

4. Ada Alat Elektronik yang Rusak 

Adanya alat elektronik yang rusak juga dapat menyebabkan mati listrik. Hal ini terjadi karena alat tersebut mengalami kerusakan komponen di dalamnya. Kerusakan ini dapat memutus aliran listrik dan menurunkan saklar MCB agar tidak terjadi kebakaran. 

5. Terjadi Banjir di Sekitar 

Saat banjir terjadi di wilayah sekitarmu, ada kemungkinan itulah penyebab terjadinya mati listrik. Petugas perusahaan listrik akan segera menghentikan pasokan listrik ke wilayah yang terkena banjir agar terhindar dari bahaya tersengat aliran listrik.   

 

Cara Mengatasi Listrik Mati 

Setelah mengetahui alasan terjadinya mati listrik, sekarang kamu juga perlu mengetahui cara mengatasi listrik mati. Namun, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek apakah tetanggamu juga mengalami hal serupa. Apabila tetanggamu tidak mengalami hal serupa, simak cara mengatasi listrik mati berikut ini: 

1. Periksa Saklar MCB PLN 

Ketika mengalami mati listrik, kamu dapat mengecek saklar MCB dan melihat KWH meter. Bila layar KWH meter mati, kemungkinan terjadi gangguan dari perusahaan listrik atau sedang terjadi pemadaman terpusat. Namun, bila KWH meternya menyala, cara mengatasi listrik mati tersebut yaitu dengan cara menggeser saklar MCB dari posisi OFF ke posisi ON. 

2. Lakukan Pengaduan Listrik ke PLN 

Apabila kamu tidak yakin akan penyebabnya dengan pasti, cara mengatasi listrik mati berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pengaduan listrik ke PLN. Kamu bisa mengajukan keluhan melalui aplikasi PLN Mobile, melalui virtual assistant yang tersedia di website resmi PLN, maupun melalui akun media sosial PLN. Layanan pengaduan listrik ini tidak dipungut biaya dan bebas pulsa, selama kamu masih memiliki kuota internet. Petugas PLN akan menghubungi kamu untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai mati listrik yang terjadi. Kemudian, petugas akan datang untuk melakukan pengecekan. Mengajukan keluhan dengan menghubungi PLN merupakan cara mengatasi listrik brownout yang disebabkan karena turunnya tegangan listrik secara drastis. 

3. Mencabut Semua Kabel 

Cara mengatasi mati listrik yang terakhir adalah dengan mematikan semua alat elektronik dan mencabut semua kabel yang tersambung dengan alat elektronik. Gunakan alat elektronik berdaya listrik rendah dan jangan menyalakan sejumlah alat elektronik secara bersamaan. Cara ini dapat kamu lakukan apabila penyebab listrik mati karena kelebihan daya. 

 

Baca juga: Cek Pengertian Meteran Listrik, Jenis dan Fungsinya di Sini!
Itulah tadi penyebab mati listrik dan cara mengatasi mati listrik yang telah dipaparkan secara lengkap. Untuk melakukan pembelian token listrik atau melakukan pembayaran listrik pasca bayar, kamu dapat menggunakan aplikasi Flip yang bisa diunduh melalui App Store dan Play Store. Mudah dan praktis!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_5.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi