mural
homeforward
Cara Menghindari Penipuan (Scam) Voucher Game Online

Cara Menghindari Penipuan (Scam) Voucher Game Online

Kena tipu alias scam adalah salah satu hal paling menyebalkan saat membeli voucher game online. Mulai dari penipuan uang hingga kebocoran data pribadi, ada banyak risiko mengintai saat kamu berburu voucher. Untungnya, mengenali beragam jenis penipuan bisa membantumu belajar menghindari risiko tersebut walau menghadapi penawaran menggiurkan.

Baca Juga: Tempat Beli Voucher Game FF yang Bisa dengan Pulsa

Jenis-Jenis Scam Voucher Paling Umum

scam voucher game online

Sumber: Envato

Metode penipuan kode voucher game saat ini sangat beragam, tetapi yang paling populer biasanya melibatkan tiga metode berikut:

1. Scam Invoice PayPal

Sering bertransaksi dengan PayPal sebagai gamer? Kamu harus waspada dengan penipuan lewat invoice. Salah satu metode favorit penipu adalah mengirimkan invoice yang terlihat resmi ke email kamu, lalu memintamu membayar dengan game gift card. Penipuan ini cukup sederhana, tetapi kecerobohan kecil bisa membuatmu kehilangan modal untuk membeli produk game.

Strategi lainnya adalah memintamu untuk membayar invoice dengan membagikan kode platform game yang kamu gunakan. Lewat email yang terlihat resmi, penipu akan meyakinkanmu lewat janji pembayaran langsung ke akun PayPal. Padahal, mereka sebenarnya mencuri kode milikmu dan menarik keuntungan dari sana.

2. Scam Phishing lewat Email

Pemilik email juga bisa kena tipu lewat penipuan dalam bentuk phishing. Ini merupakan salah satu metode penipuan voucher game online paling umum, tetapi banyak orang kena tipu karena penipu zaman sekarang cukup efektif. Salah satunya adalah lewat email yang alamat dan desainnya terlihat resmi.

Contohnya, penipu mungkin mengirim pesan berisi masalah terkait akun atau kodemu, atau penawaran menarik seperti diskon. Syaratnya, kamu hanya perlu melakukan klik di tautan yang mereka kirimkan. Walau terlihat sederhana, satu klik ini akan membuat penipu mencuri semua data pribadimu, mulai dari identitas hingga info rekening bank.

3. Scam Penawaran Hadiah Voucher

Penipuan ini menggunakan situs atau akun media sosial palsu sebagai tempat pembelian voucher game online. Mereka biasanya terlihat mirip dengan toko voucher asli dan bahkan berani memasang harga murah. Akan tetapi, setelah kamu memesan voucher, mereka akan mengirim voucher palsu dan menutup semua jalur komunikasi sehingga kamu tidak bisa mengajukan keluhan.

Tips Menghindari Scam Voucher Game 

Voucher game di Flip

Penipu masa kini memang banyak yang semakin “licin”, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa menerapkan strategi untuk menjaga diri! Gunakan beberapa cara berikut agar kamu tidak mudah tertipu saat berburu voucher.

1. Catat Semua Rekaman Pembelian

Jikamu sering membeli voucher game online, pastikan mencatat atau menyimpan rekaman pembelian. Hal ini membantumu mencegah penipuan seperti pengiriman invoice online palsu yang bertujuan mencuri uangmu.

2. Hindari Klik Tautan Sembarangan

Jangan membuka tautan yang dikirimkan ke email atau ponselmu, apalagi jika kamu tidak merasa membeli produk game apapun. Tautan palsu seperti ini dibuat agar penipu bisa mengakses data pribadi atau rekening bankmu. Hindari terpikat penawaran menggiurkan seperti undian atau undangan mengisi kuis.

3. Waspadai Penawaran Harga Voucher yang Terlalu Murah

Mencari voucher game online yang harganya sedikit lebih murah sah-sah saja, tetapi waspadalah jika harganya terlalu jauh dari harga pasar. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa voucher yang akan kamu beli palsu. Penjual voucher nakal seperti ini biasanya akan mangkir mengirimkan voucher atau mengirim produk yang tidak bisa kamu tukarkan.

4. Simpan Semua Bukti Pembelian Voucher

Setiap kali kamu membeli voucher, biasanya ada bukti yang dikirimkan, misalnya ke email atau SMS (tergantung pengaturan perangkatmu). Simpan bukti-bukti ini sehingga kamu bisa memeriksa jika ada transaksi atau pesan mencurigakan. Kamu juga bisa menghindari penipuan invoice palsu karena bisa memeriksa dulu bukti pembelian yang pernah dilakukan.

5. Hindari Membagikan Kode Wallet Sembarangan

Jika kamu punya dompet digital khusus untuk game, hindari membagikan kodenya sembarangan. Jangan terkecoh dengan pesan menggiurkan seperti hadiah, undian, atau penawaran diskon. Waspada juga terhadap penawaran produk yang meminta kode dompet digital sebagai sarana pembayarannya. Kode ini tidak untuk diberikan ke sembarang orang karena isinya bisa dikuras oleh penipu.

Baca Juga: Cara Mudah Menukar Kode Redeem Voucher Game ML

Solusi Menghindari Penipuan Voucher Game

Ingin menghindari kerugian akibat penipuan voucher game online? Gunakan platform transaksi digital yang memastikan bahwa semua transaksi kamu aman. Flip menghadirkan solusi mudah, cepat, dan aman untuk top up voucher game.

Dengan Flip, kamu bisa membeli aneka voucher untuk top up game populer. Biayanya cukup bersaing sehingga kamu bisa diuntungkan dalam setiap top up. Berbagai pilihan pembayaran tersedia untuk transaksi cepat dan aman dari mana saja. Cocok untuk pemain maupun penjual yang ingin dapat untung dari dagang voucher game. 

Penipuan voucher game online mungkin salah satu scam paling populer di era digital, jadi pastikan kamu selalu waspada. Kenali bentuk-bentuk penipuan yang paling umum, dan hanya gunakan platform transaksi digital aman seperti Flip untuk mendapatkan voucher game online secara aman.

Beli Voucher game di Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi