mural
homeforward
Liburan Tenang ke Jepang, Cek Dulu Tips Tukar Rupiah ke Yen!

Liburan Tenang ke Jepang, Cek Dulu Tips Tukar Rupiah ke Yen!

Sebelum pergi liburan ke Jepang, kamu pastinya mempertimbangkan untuk menukar sejumlah rupiah ke yen. Untuk itu, jangan lewatkan informasi penting mengenai tips penukaran mata uang asing berikut ini. 

Dengan begitu, kamu bisa menghindari selisih nilai tukar yang besar, yang tentunya dapat menimbulkan kerugian untukmu. Yuk, simaFrk tipsnya!

Baca Juga: Tertarik Magang di Jepang? Cari Tahu Syarat dan Gajinya di Sini!

Cek Kurs Yen ke Rupiah Terkini

cek kurs rupiah ke yen

Sumber: Freepik

Maka, hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah, berapa sih nilai tukar rupiah ke yen saat ini? Satu yen bernilai berapa rupiah? Merujuk pada data yang dirilis oleh CNBC Indonesia, satu yen jika dirupiahkan adalah Rp108,23 per tanggal 4 Januari 2024 (pukul 10:30 WIB).

Nah, berikut adalah beberapa cara praktis untuk mengecek kurs yen ke rupiah terkini. 

Bisa Melalui Situs Resmi Bank Indonesia

Bank Indonesia menyediakan informasi kurs yen terkini melalui situs resminya. Selain itu, kurs transaksi BI juga menjadi acuan bagi bank-bank di Indonesia lainnya dalam menetapkan kurs jual dan kurs beli yen. Sebab itu, kamu bisa mengunjungi situs resmi BI untuk mengecek berapa nilai tukar mata uang asing negara tujuanmu terhadap rupiah.

Bisa Melalui Situs Web Bank atau Lembaga Keuangan Lainnya

Bank dan lembaga keuangan lainnya di tanah air umumnya juga menyediakan informasi kurs mata uang asing terbaru di website resmi mereka. Jadi, coba kunjungi situs web bank tempatmu membuat rekening. Lalu temukan informasi real-time seputar nilai tukar rupiah ke yen.

Melalui Currency Converter Flip 

Kalau ingin lebih praktis, cukup gunakan fitur currency converter dari Flip. Cara pakainya mudah kok. Cukup kunjungi link berikut: https://flip.id/currency-converter. Kemudian pilih mata uang asal sebagai rupiah dan mata uang tujuan sebagai yen. Setelah itu, masukkan nominal rupiah yang hendak kamu tukarkan ke yen. Terakhir, klik Konversi dan hasilnya bakal langsung muncul di layar. 

Tips Tukar Uang Sebelum Plesir ke Jepang

Transfer lebih murah ke luar negeri

Agar memperoleh nilai tukar rupiah ke yen yang lebih menguntungkan, yuk ikuti beberapa tips berikut ini. 

Hitung Berapa Bujet Perjalananmu

Pertama, hitung dahulu jumlah uang yang bakal kamu habiskan selama melakukan perjalanan di Jepang. Mulai dari akomodasi hingga biaya makan dan belanja saat liburan, hitung semuanya secara cermat. Dengan menghitung semua kebutuhanmu tersebut, kamu pun bisa tahu berapa jumlah uang yang perlu ditukarkan nantinya. 

Pilih Tempat Penukaran yang Tepat

Perlu diketahui bahwa nilai tukar di bandara umumnya tidak sebaik nilai tukar di money changer atau bank, khususnya di bandara asal. Kamu bahkan bisa kehilangan sampai 20% dari nilai uang yang hendak ditukarkan. Namun dalam beberapa kasus, nilai tukar di bandara negara tujuan bisa jadi lebih menguntungkan. 

Akan tetapi, ini sangat bergantung pada mata uang yang akan ditukarkan. Untuk yen, yang memiliki nilai tukar lebih tinggi daripada rupiah, tentu lebih baik menukarnya saat masih berada di Indonesia. 

Cermati Waktu Penukaran

Jangan terburu-buru saat hendak menukar rupiah ke yen! Pasalnya, penukaran uang perlu dilakukan saat kurs masih stabil. Sebab itu, kamu sangat disarankan untuk menukar uang pada awal pekan, terutama di pagi hari. Pada waktu itu, kurs biasanya cenderung stabil. 

Alternatif lain adalah menukarkan uang beberapa hari sebelum keberangkatan. Namun jika perjalananmu dilakukan saat musim liburan, perlu diperhatikan bahwa nilai kurs yen mungkin bakal naik di waktu-waktu itu. Oleh karenanya, lakukan pengecekan kurs secara berkala untuk menghindari selisih nilai tukar yang besar.

Baca Juga: Menariknya 5 Festival di Jepang Ini!

Jika Sisa, Tukarkan Kembali ke Rupiah

Jika kamu memiliki sisa uang yen yang cukup banyak dan memang tidak berencana untuk menyimpannya, menukarkannya kembali ke dalam rupiah bisa menjadi keputusan yang bijak. Akan tetapi, sebaiknya lakukan penukaran tersebut hanya saat kamu masih berada di luar negeri. 

Pasalnya, mata uang yen mempunyai nilai tukar yang lebih tinggi daripada rupiah, sehingga tentunya akan lebih menguntungkan untuk menukar yen ke rupiah di Jepang daripada di Indonesia. Namun, jika kamu memiliki rencana untuk kembali ke Jepang, lebih baik menyimpan uang tersebut sebagai dana cadangan yang bisa digunakan kembali saat berkunjung ke sana.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu jadikan rujukan saat hendak menukarkan rupiah ke yen. Selain memanfaatkan currency converter dari Flip, layanan kirim uang ke luar negeri dari Flip Globe juga tidak kalah praktis untuk digunakan. Selain menawarkan kurs terbaik, transfer uang di Flip Globe sudah terjamin keamanannya.

Layanan ini sudah terdaftar dan mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia. Menariknya lagi, kamu tidak akan menemukan yang namanya biaya provisi, biaya telex, biaya korespondensi bank, dan biaya tersembunyi lainnya saat menggunakan layanan transfer internasional dari Flip Globe. Artinya, dana yang akan masuk ke rekening tujuan bakal sesuai dengan yang tertera saat transaksi dilakukan.

Flip Globe transfer luar negeri biaya murah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi