mural
homeforward
Sebelum ke Malaysia, Cek Dulu Tips Tukar Rupiah ke Ringgit!

Sebelum ke Malaysia, Cek Dulu Tips Tukar Rupiah ke Ringgit!

Malaysia masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi warga +62. Selain karena kurs dari negara tersebut terbilang masih ringan di kantong, lokasinya juga tidak terlalu jauh dari wilayah Indonesia. 

Nah, agar kamu bisa membelanjakan uangmu secara cerdas saat liburan di Malaysia, penting banget untuk tahu nilai tukar rupiah ke ringgit. Untuk itu, yuk simak tips berikut ini!

Baca Juga: Cek Yuk! Ini Syarat dan Cara Kerja di Malaysia untuk WNI

Satu Ringgit Berapa Rupiah? 

nilai tukar rupiah ke ringgit

Sumber: Freepik

Mengutip dari data center milik ORTAX, kurs tengah untuk ringgit atas rupiah adalah Rp3.334,20 per tanggal 12 Desember 2023. Untuk data lengkap terkait pergerakan nilai tukar rupiah ke ringgit, berikut ini catatannya berdasarkan laporan Bank Indonesia:

  • Pada bulan Januari 2023, satu ringgit ditransaksikan di kisaran Rp3.528
  • Pada bulan Februari 2023, satu ringgit ditransaksikan di kisaran Rp3.411
  • Pada bulan Maret 2023, satu ringgit ditransaksikan di kisaran Rp3.407
  • Pada bulan April 2023, satu ringgit ditransaksikan di kisaran Rp3.307
  • Pada bulan Mei 2023, satu ringgit ditransaksikan di kisaran Rp3.245
  • Pada bulan Juni 2023, satu ringgit ditransaksikan di kisaran Rp3.213
  • Pada bulan Juli 2023, satu ringgit ditransaksikan di kisaran Rp3.311
  • Pada bulan Agustus 2023, satu ringgit ditransaksikan di kisaran Rp3.281
  • Pada bulan September 2023, satu ringgit ditransaksikan di kisaran Rp3.300
  • Pada bulan Oktober 2023, satu ringgit ditransaksikan di kisaran Rp3.340,55

Cara Tukar Rupiah ke Ringgit yang Bawa Untung

cara mudah tukar rupiah ke ringgit

Sumber: Freepik

Karena nilai tukar rupiah ke ringgit bisa berfluktuasi, sebaiknya ikuti tips berikut agar saat melakukan penukaran hasilnya lebih menguntungkan untukmu. Simak baik-baik, ya!

1. Periksa kurs secara teratur

Tips yang pertama adalah kamu harus rajin cek kurs dan nilai tukarnya. Caranya simpel kok, cukup dengan menggunakan currency converter seperti yang dimiliki Flip berikut ini: https://flip.id/currency-converter

Kamu pun bisa cek kurs kapan saja dan di mana saja. Dari situ, kamu tentunya bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk menukar uang, terutama ketika nilai tukarnya sedang menguntungkan. 

2. Tukarkan uang jauh-jauh hari

Strategi berikutnya adalah dengan menukar sebagian uang yang hendak kamu belanjakan di luar negeri dari jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Cara ini bisa kamu terapkan, guna mengunci nilai tukar pada tingkat yang dianggap menguntungkan.

3. Lakukan perbandingan nilai tukar di beberapa money changer terpercaya

Sebelum menukar uang, pastikan money changer yang kamu pilih memiliki lisensi dari Bank Indonesia. Ini penting untuk memastikan keamanan transaksi yang kamu lakukan, sekaligus menghindarkanmu dari penipuan uang palsu. 

Namun, sebaiknya jangan hanya meninjau satu money changer saja. Bila ada beberapa opsi yang tersedia di sekitar daerahmu, cobalah untuk membuat perbandingan nilai tukar dari masing-masing money changer tersebut. Dengan demikian, kamu akan tahu mana yang menawarkan kurs terbaik dan pastinya bakal membawa untung untukmu. 

4. Perhatikan waktu penukaran

Satu lagi yang penting saat hendak menukar rupiah ke ringgit, sebaiknya lakukan penukaran ketika kurs sedang stabil. Hal ini biasanya terjadi pada awal pekan dan di pagi hari. 

Untuk memperoleh harga terbaik, pantau pergerakan nilai tukar antara rupiah dan mata uang negara tujuanmu. Jika rupiah tampak menguat, segera manfaatkan kesempatan itu untuk menukarkannya. Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan mata uang asing dengan harga lebih murah.

5. Hindari menukar uang di Currency Exchange Booths 

Saat tiba di bandara negara tujuan, kamu biasanya akan menemukan Currency Exchange Booths, yang umumnya berbentuk seperti mesin ATM. Meskipun terlihat mudah dan nyaman, sebaiknya hindari untuk menukarkan rupiah ke ringgit di sana. 

Alasannya adalah karena Currency Exchange Booths di bandara sering kali memberlakukan potongan biaya yang cukup tinggi, sehingga pastinya bakal mengurangi jumlah uang yang kamu terima setelah melakukan penukaran.

Baca Juga: Catat! Ini Syarat Ke Luar Negeri dan Dokumen yang Diperlukan

Sebaiknya Tukar di Indonesia atau Saat Tiba di Malaysia?

Dalam urusan penukaran rupiah ke ringgit, tidak jarang kamu mungkin dipusingkan dengan pilihan mesti tukar sebelum pergi, atau saat sudah tiba di negara tujuan. Sebetulnya, sah-sah saja untuk melakukan salah satu di antaranya. Asalkan, kamu bisa memastikan kurs saat kamu menukar uang memang sedang bagus atau menguntungkan.  

Di sisi lain, menukar uang di dalam negeri dapat memberi kamu keuntungan seperti memudahkanmu dalam merencanakan anggaran perjalanan yang lebih baik. Hal ini karena kamu sudah tahu nilai tukar yang bakal dipakai sebagai acuan. 

Kendati demikian, menukar sebagian uang di dalam negeri dan sisanya di luar negeri bisa jadi adalah cara yang paling bijak. Karena dengan menggabungkan kedua cara tersebut, kamu bisa memastikan keamanan dan fleksibilitas pengelolaan uang tunaimu selama melakukan perjalanan.

Bahkan, jika kamu akhirnya merasa kekurangan uang ringgit saat melakukan perjalanan di negeri jiran, dan menemukan bahwa nilai tukar di Indonesia lebih menguntungkan, jangan ragu untuk menggunakan layanan dari Flip Globe. Transfer uang ke luar negeri dengan Flip Globe tidak cuma praktis, tetapi juga murah. Apalagi, tidak ada biaya tersembunyi. 

Flip Globe transfer luar negeri biaya murah
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi