mural
homeforward
Catat! Ini Syarat Ke Luar Negeri dan Dokumen yang Diperlukan

Catat! Ini Syarat Ke Luar Negeri dan Dokumen yang Diperlukan

Sebelum bertolak ke negara lain, kamu perlu memenuhi seluruh syarat ke luar negeri. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan kamu selama bepergian. Tanpa memenuhi syarat tersebut, kamu bisa dianggap sebagai orang asing yang masuk tanpa izin atau ilegal. 

Apabila hal tersebut terjadi, kamu akan berurusan dengan pihak keamanan dan bisa mendapatkan tindakan hukum sesuai aturan berlaku. Untuk mencegah terjadinya hal tak diinginkan, kamu harus memastikan seluruh syarat dan dokumen ke luar negeri terpenuhi. 

Nah, supaya lebih jelas, simak syarat perjalanan ke luar negeri beserta dokumen yang diperlukan berikut ini.

Baca Juga: Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Pakai Flip

Syarat Perjalanan ke Luar Negeri Terbaru

syarat ke luar negeri

Sumber: Kompas

Setelah pandemi COVID-19 dinyatakan usai, pemerintah telah mengatur syarat perjalanan ke luar negeri terbaru yang tertuang di dalam Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2023 mengenai Protokol Kesehatan di Masa Transisi Endemi Covid-19. Adapun rincian syarat naik pesawat ke luar negeri terbaru, sebagai berikut.

  • Pelaku perjalanan domestik maupun internasional tetap dianjurkan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 penuh, yakni hingga dosis keempat atau booster kedua. 
  • Pelaku perjalanan tujuan dalam maupun luar negeri tidak diwajibkan menggunakan masker dengan catatan dalam keadaan sehat dan tidak berisiko menularkan atau tertular Covid-19.
  • Pelaku perjalanan ke dalam dan luar negeri tetap dianjurkan menggunakan masker dalam keadaan tidak sehat serta berisiko menularkan atau tertular Covid-19.
  • Pelaku perjalanan dalam negeri ataupun luar negeri dianjurkan membawa hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala. Hindari kerumunan, jaga jarak aman, dan gunakan aplikasi SatuSehat untuk mengecek kesehatan pribadi. 

Berkat syarat perjalanan ke luar negeri terbaru di atas, kamu bisa bepergian dengan lebih nyaman tanpa perlu merasa cemas ditolak imigrasi ataupun harus melakukan karantina karena Pandemi Covid-19.

Ini Dokumen Untuk ke Luar Negeri, Wajib Dibawa!

syarat ke luar negeri

Sumber: Kompas

Cukup banyak dokumen yang harus kamu persiapkan sebelum bepergian ke luar negeri untuk liburan, kuliah, ataupun bekerja. Meskipun setiap negara memiliki kebijakan tersendiri, terdapat dokumen umum yang biasanya diperlukan untuk melancarkan proses imigrasi. Adapun dokumen untuk ke luar negeri yang dimaksud, antara lain sebagai berikut.

  • Paspor

Paspor merupakan salah satu dokumen utama yang diperlukan untuk melakukan perjalanan internasional. Pastikan bahwa paspor kamu masih berlaku setidaknya enam bulan sebelum tanggal kedaluwarsa serta memiliki setidaknya satu halaman kosong untuk stempel masuk dan keluar.

Visa

Beberapa negara masih memberlakukan visa untuk warga negara yang berasal dari negara tertentu. Visa merupakan izin resmi yang memungkinkan kamu masuk ke negara tersebut. Sebelum bertolak ke luar negeri, pastikan memeriksa apakah negara tujuan mengharuskan visa atau tidak. Jika iya, segera lakukan pengajuan aplikasi. 

Tiket Pesawat

Dokumen lain yang tak kalah penting untuk dipersiapkan adalah tiket pesawat. Sesuai namanya, tiket ini adalah dokumen resmi yang memungkinkan kamu menaiki pesawat dan melakukan perjalanan udara ke negara tujuan. 

Tiket ini berisi informasi perjalananmu, termasuk identitas penumpang, nomor penerbangan, tanggal keberangkatan, negara asal dan tujuan, nomor tempat duduk, informasi maskapai, harga tiket, kode booking, syarat dan ketentuan, serta informasi tambahan lain.

Dokumen Identifikasi 

Beberapa negara memerlukan dokumen identifikasi tambahan, seperti kartu identitas diri, kartu pemilih, akta kelahiran, atau kartu lainnya. Dokumen identitas berfungsi untuk memastikan negara asal. Demi kenyamanan dan keamanan, disarankan untuk memiliki fotokopi atau salinan digital dokumen identifikasi tersebut. Ketika sewaktu-waktu diperlukan, kamu tak perlu pusing karena sudah memilikinya. 

Surat Izin Mengemudi Internasional

Apabila kamu berencana tinggal dalam waktu lama dan ingin berkendara dengan bebas, kamu harus memiliki International Driving Permit (IDP) atau surat izin mengemudi internasional. IDP adalah dokumen yang di dalamnya termuat informasi mengenai SIM yang diterjemahkan dalam berbagai bahasa. IDP diterbitkan oleh otoritas yang mengeluarkan SIM di negara asal.

Bukti Vaksinasi 

Beberapa negara masih mewajibkan setiap pendatang untuk menyertakan bukti vaksinasi sebelum masuk ke negaranya. Kamu bisa mempersiapkan Sertifikat Vaksinasi Internasional (SVI) berbentuk digital dengan melakukan klaim di aplikasi SatuSehat.

Asuransi Perjalanan

Sebagai pendatang, ada baiknya untuk mempertimbangkan asuransi perjalanan yang mencakup perlindungan kesehatan, pemulangan darurat, dan perlindungan lainnya sesuai kebutuhan. Berbekal dokumen ini, kamu tidak perlu mengeluarkan dana tambahan ketika terjadi sesuatu selama berada di luar negeri.

Dokumen Tambahan Pendukung

Beberapa negara sering meminta dokumen tambahan pendukung, seperti bukti keuangan, surat undangan, surat rekomendasi, dan bukti akomodasi untuk melancarkan proses imigrasi.

Baca Juga: Begini Cara Kerja Di Luar Negeri, Bisa Untuk Lulusan SMA

Demikianlah uraian singkat mengenai syarat ke luar negeri yang bisa kamu persiapkan sebelum menuju negara tujuan. Selama di luar negeri, kamu tak perlu khawatir untuk melakukan transaksi internasional. Pasalnya, ada Flip Globe yang akan membuat transfer internasional menjadi praktis, cepat, dan aman. Ayo, unduh dan pakai Flip Globe! 

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi