mural
homeforward
Top 10 Universitas di Eropa, Ada yang Peringkat 1 Dunia!

Top 10 Universitas di Eropa, Ada yang Peringkat 1 Dunia!

Banyak universitas tertua dan terbaik dunia ada di Eropa. Sebagian besar universitas di Eropa turut melahirkan berbagai penemuan yang mengubah dunia.

Melansir euronews.compada 2023 ada 36 institusi pendidikan tinggi Eropa yang masuk Top 100 Times Higher Education Global. Lalu, mana saja top 10 universitas di Eropa yang  menyandang gelar terbaik versi Times Higher Education World University Rankings?

Baca juga: Segini Biaya Kuliah di Eropa, Mana yang Termurah?

 

University of Oxford

32-1 University of Oxford.jpg

Sumber : University of Oxford

Universitas nomor satu dunia ini telah menyelenggarakan pendidikan tinggi sejak tahun 1096. Sebagai universitas tertua nomor dua di dunia, terdapat sekitar 40% mahasiswa internasional dari 140 negara yang berkuliah di Oxford. Ilmu kedokteran, ilmu fisika, seni dan humaniora, serta ilmu sosial adalah alasan mengapa banyak mahasiswa datang jauh-jauh menimba ilmu di Oxford. 

 

University of Cambridge

32-2 The Times.jpg

Sumber : The Times

Peringkat nomor tiga dunia, University of Cambridge, telah beroperasi sejak 1209. Sebagai collegiate public research institution, Cambridge melayani lebih dari 18.000 mahasiswa dan 4.000 orang di antaranya berstatus mahasiswa internasional. Universitas keempat tertua dunia ini memiliki enam sekolah, yaitu seni dan humaniora, kedokteran klinis, ilmu biologi, ilmu fisika dan teknologi, serta ilmu sosial. 

 

Imperial College London

32-3 imperial.jpg

Sumber : imperial

Menempati peringkat 10 dunia, Imperial College London merupakan institusi sains terkemuka di Inggris yang fokus pada 4 bidang utama, yaitu sains, kedokteran, teknik, dan bisnis. Imperial menggabungkan Royal School of Mines, Royal College of Science, dan City & Guilds College pada 1907. Jumlah mahasiswa internasional di Imperial cukup tinggi, sekitar 61%. 

 

ETH Zurich

32-4 Wikipedia.jpg

Sumber : Wikipedia

Berdiri tahun 1855, ETH Zurich dikenal sebagai salah satu universitas bergengsi dunia dalam sains dan teknologi. Peringkat 11 dunia ini melahirkan lebih dari 20 peraih Nobel, termasuk Albert Einstein sang Bapak Fisika Modern. ETH Zurich adalah kampus modern yang dihuni sekitar 41% mahasiswa internasional. Selain sains, universitas ini memiliki jurusan teknik, ilmu hayati, ilmu sosial, ekonomi dan bisnis, arsitektur, pendidikan, ilmu komputer, dan kedokteran. 

 

UCL

32-5 Sun education.jpg

Sumber : Sun Education

Peringkat 22 dunia, UCL telah membuka pendidikan tinggi sejak 1826. UCL mempunyai 11 fakultas, antara lain ilmu matematika dan fisika, ilmu kesehatan masyarakat, seni dan humaniora, serta teknik. Sekitar 52% mahasiswa UCL adalah mahasiswa pascasarjana. Bahkan, sepertiga mahasiswa UCL berstatus mahasiswa internasional yang berasal dari 150 negara di dunia!

 

University of Edinburgh

32-6 Art UK.jpg

Sumber : Art UK

Salah satu dari tujuh universitas kuno di Britania Raya ini berdiri pada 1583. University of Edinburgh memiliki tiga sekolah, yaitu seni, humaniora, dan ilmu sosial, sains dan teknik, serta kedokteran dan kedokteran hewan. Universitas peringkat 29 dunia ini dihuni sekitar 47% mahasiswa internasional, mayoritas berasal dari Amerika Serikat dan China. 

 

Technical University of Munich

32-7 Times Higher.jpg

Sumber : Times Higher

Peringkat 30 dunia ini adalah universitas teknologi terbaik Jerman dengan tujuh sekolah dan inovasi lintas disiplin ilmu yang kuat. Technical University of Munich (TUM) bergerak berlandaskan semangat kewirausahaan dan berpartner dengan institusi global ternama. Kini ada sekitar 36% mahasiswa internasional belajar di TUM. 

 

LMU Munich

32-8 LMU Munchen.jpg

Sumber : Youtube

Berdiri tahun 1472, LMU diakui sebagai salah satu institusi penelitian dan akademi terkemuka Eropa, serta berperingkat 33 dunia. Dengan beragam pilihan studi, seperti humaniora, ekonomi, kedokteran, dan ilmu alam, LMU menjadi rumah bagi mahasiswa Jerman dan sekitar 19% mahasiswa internasional dari berbagai negara.

 

King’s College London

32-9 Educations.png

Sumber : Educations

King’s College London (KCL) didirikan tahun 1829 oleh Raja George IV dan Duke of Wellington. KCL merupakan pusat pembelajaran kesehatan terbesar di Eropa, sekaligus tempat 52% mahasiswa internasional menuntut ilmu. Universitas di Eropa dengan peringkat 35 dunia ini melahirkan 12 peraih Nobel, termasuk Maurice Wilkins penemu struktur DNA dan Archbishop Desmond Tutu peraih Nobel Perdamaian. 

 

London School of Economics and Political Science

32-10 UCEAP.jpg

Sumber : UCEAP

Jika kamu berminat mendalami ilmu sosial, London School of Economics and Political Science (LSE) jelas destinasi impian. Berdiri pada akhir 1800-an, sekitar 73% mahasiswa LSE berstatus pelajar internasional yang berasal dari 140 negara dunia. Universitas berperingkat 37 dunia ini menawarkan beragam disiplin ilmu sosial, seperti ekonomi, sosiologi, antropologi, hukum, dan politik.

Demikian top 10 universitas di Eropa versi Times Higher Education World University Rankings tahun 2022. Dilihat dari peringkat masing-masing, tampak jelas bagaimana dominasi universitas Eropa dalam jajaran perguruan tinggi kelas dunia. 

Secara keseluruhan ada lebih dari 30 negara yang mewakili benua Eropa di daftar Times Higher Education World University Rankings. Selain Inggris, masih ada universitas asal Jerman, Swiss, Prancis, Polandia, Portugal, dan Yunani. 

 

Baca juga: Info Terkini Biaya Hidup di Inggris untuk Para Diaspora

Jadi, apakah kamu tertarik menimba ilmu di salah satu universitas di Eropa? Jangan ragu untuk cari tahu lebih banyak tentang informasi kuliah di Eropa, mulai dari persyaratan, program studi, beasiswa, sampai biaya hidup.

Soal biaya hidup, Flip Globe siap melayani pengiriman uang ke lebih dari 55 negara dunia. Kamu bisa melakukan transfer internasional dengan cepat, murah, dan real-time. Tertarik mencobanya? Klik di sini dan download Flip sekarang!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi