mural
homeforward
7 Tips Mengatur Keuangan bagi Pekerja Usia 23-30 Tahun

7 Tips Mengatur Keuangan bagi Pekerja Usia 23-30 Tahun

Mengatur pos keuangan pribadi sangat penting dilakukan bagi para pekerja, khususnya pada rentang usia 23-30 tahun. Pasalnya, pada usia ini, biasanya kamu belum memiliki tanggungan selain diri sendiri. Dengan demikian, mengatur keuangan akan menjadi lebih mudah karena tidak harus memikirkan tanggungan lainnya. Lalu, bagaimana tips mengatur keuangan yang baik dan benar? Simak penjelasan berikut ini! 

Baca juga: Kenalan dengan Cara Mengatur Keuangan 50 30 20

1. Maksimalkan Pemasukan 

Tips mengatur keuangan yang pertama adalah dengan memaksimalkan pemasukan. Jika kamu sudah memiliki pekerjaan utama, aturlah pemasukan yang berasal dari sana dengan teliti. Bila perlu, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan dengan membuka bisnis online atau menjadi freelancer di berbagai agensi. Pemasukan jadi bertambah, deh! 

2. Buat Rencana Keuangan Bulanan 

membuat rencana keuangan bulanan

Sumber : Unsplash 

Jika sudah memiliki pekerjaan utama maupun sampingan, artinya kamu memiliki penghasilan setiap bulannya. Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana keuangan bulanan. Pastikan rencana keuangan yang kamu buat tidak lebih besar dari pemasukan yang kamu terima supaya terhindar dari peribahasa, β€œBesar pasak daripada tiang.” 

3. Mulailah Disiplin Menabung 

Tips mengatur keuangan yang selanjutnya adalah dengan memulai kebiasaan baik, yakni menabung. kamu bisa mendisiplinkan kebiasaan baik ini dengan menyisihkan pendapatan di awal bulan. Artinya, kamu tidak menabung dari sisa uang selama satu bulan. Sebab, biasanya hal ini akan menyebabkan uang tabungan tidak menjadi prioritas utama. 

4. Buat Skala Prioritas 

Memiliki penghasilan sendiri terkadang dapat membuat seseorang berlaku boros. Rasanya selalu ingin memuaskan keinginan dengan berbelanja. Hal ini tentu bukanlah kebiasaan yang baik. Kamu bisa mengatasinya dengan membuat skala prioritas. Bedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya keinginan semata. kamu juga tidak perlu memaksakan gaya hidup tertentu bila memang tidak cocok dengan kondisi keuangan.

Baca juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 5 Juta

5. Catat Pengeluaran Secara Rutin 

mencatat pengeluaran rutin

Sumber : Unsplash 

Selain membuat rencana pengeluaran, kamu juga perlu untuk mencatat setiap pengeluaran yang kamu lakukan. Mencatat pengeluaran secara rutin dapat membuat kamu tahu ke mana uang dihabiskan. Cara mengatur keuangan yang satu ini bisa membuat kamu melakukan evaluasi terhadap laporan keuangan pribadi, apakah sudah sesuai dengan rencana pengeluaran atau justru membengkak. 

6. Transfer Uang Pakai Flip 

Tips mengatur keuangan yang juga bisa kamu lakukan sebagai pekerja dengan rentang usia 23-30 tahun adalah memilih platform keuangan yang pas. Banyaknya transaksi keuangan sering kali membuat kantong kamu jebol karena harus membayar biaya admin atau tax yang ditetapkan oleh layanan perbankan. Namun, kini kamu tidak perlu khawatir, sebab ada Flip yang bisa memberikan layanan transfer dana antarbank secara gratis* sehingga bisa lebih hemat. Transfer uang beda bank jadi tidak perlu tambahan biaya Rp6.500! 

Selain transfer bank hemat biaya, kamu juga bisa top up e-wallet hemat biaya dan kirim uang ke luar negeri dengan biaya terjangkau! Bukan itu saja, Flip juga sudah menyediakan layanan pembelian pulsa, paket data, token listrik, dan pembayaran tagihan listrik dengan biaya penanganan yang murah! Kamu jadi bisa semakin hemat dan praktis memenuhi seluruh kebutuhan pribadi maupun rumah tangga dengan adanya Flip. 

7. Jaga Kesehatan 

Cara mengatur keuangan pekerja yang terakhir adalah menjaga kesehatan. Melakoni banyak pekerjaan untuk memaksimalkan pendapatan tentu merupakan hal yang baik. Namun, bekerja terlalu keras hingga melupakan kesehatan bukanlah hal yang harus kamu lakukan. Pasalnya, ketika sakit, kamu justru terancam memiliki pengeluaran yang lebih banyak untuk memeriksakan diri ke dokter dan membeli obat. Oleh karena itu, tetap atur pola makan dan istirahat kamu, ya! 

Itu dia tujuh tips mengatur keuangan yang bisa kamu lakukan sebagai pekerja dengan rentang usia 23-30 tahun. Baik sebagai pekerja lajang maupun sudah membangun rumah tangga, kamu tentu tidak bisa terhindar dari yang namanya transaksi keuangan. Agar transaksi keuangan lebih hemat, unduh dan gunakan aplikasi Flip sekarang juga!

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
Β© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi