mural
homeforward
7 Tips Mengatur Keuangan bagi Pekerja Usia 23-30 Tahun

7 Tips Mengatur Keuangan bagi Pekerja Usia 23-30 Tahun

Mengatur pos keuangan pribadi sangat penting dilakukan bagi para pekerja, khususnya pada rentang usia 23-30 tahun. Pasalnya, pada usia ini, biasanya kamu belum memiliki tanggungan selain diri sendiri. Dengan demikian, mengatur keuangan akan menjadi lebih mudah karena tidak harus memikirkan tanggungan lainnya. Lalu, bagaimana tips mengatur keuangan yang baik dan benar? Simak penjelasan berikut ini!

1. Maksimalkan Pemasukan

Tips mengatur keuangan yang pertama adalah dengan memaksimalkan pemasukan. Jika kamu sudah memiliki pekerjaan utama, aturlah pemasukan yang berasal dari sana dengan teliti. Bila perlu, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan dengan membuka bisnis online atau menjadi freelancer di berbagai agensi. Pemasukan jadi bertambah, deh!

2. Buat Rencana Keuangan Bulanan

membuat rencana keuangan bulanan

Sumber : Unsplash

Jika sudah memiliki pekerjaan utama maupun sampingan, artinya kamu memiliki penghasilan setiap bulannya. Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana keuangan bulanan. Pastikan rencana keuangan yang kamu buat tidak lebih besar dari pemasukan yang kamu terima supaya terhindar dari peribahasa, “Besar pasak daripada tiang.”

3. Mulailah Disiplin Menabung

Tips mengatur keuangan yang selanjutnya adalah dengan memulai kebiasaan baik, yakni menabung. kamu bisa mendisiplinkan kebiasaan baik ini dengan menyisihkan pendapatan di awal bulan. Artinya, kamu tidak menabung dari sisa uang selama satu bulan. Sebab, biasanya hal ini akan menyebabkan uang tabungan tidak menjadi prioritas utama.

4. Buat Skala Prioritas

Memiliki penghasilan sendiri terkadang dapat membuat seseorang berlaku boros. Rasanya selalu ingin memuaskan keinginan dengan berbelanja. Hal ini tentu bukanlah kebiasaan yang baik. Kamu bisa mengatasinya dengan membuat skala prioritas. Bedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya keinginan semata. kamu juga tidak perlu memaksakan gaya hidup tertentu bila memang tidak cocok dengan kondisi keuangan.

5. Catat Pengeluaran Secara Rutin

mencatat pengeluaran rutin

Sumber : Unsplash

Selain membuat rencana pengeluaran, kamu juga perlu untuk mencatat setiap pengeluaran yang kamu lakukan. Mencatat pengeluaran secara rutin dapat membuat kamu tahu ke mana uang dihabiskan. Cara mengatur keuangan yang satu ini bisa membuat kamu melakukan evaluasi terhadap laporan keuangan pribadi, apakah sudah sesuai dengan rencana pengeluaran atau justru membengkak.

6. Transfer Uang Pakai Flip

Tips mengatur keuangan yang juga bisa kamu lakukan sebagai pekerja dengan rentang usia 23-30 tahun adalah memilih platform keuangan yang pas. Banyaknya transaksi keuangan sering kali membuat kantong kamu jebol karena harus membayar biaya admin atau tax yang ditetapkan oleh layanan perbankan.

Namun, kini kamu tidak perlu khawatir, sebab ada Flip yang bisa memberikan layanan transfer dana antarbank secara gratis sehingga bisa lebih hemat. Transfer uang beda bank jadi tidak perlu tambahan biaya Rp6.500! Selain gratis biaya transfer, kamu juga bisa top up e-wallet gratis dan kirim uang ke luar negeri dengan biaya terjangkau!

Bukan itu saja, Flip juga sudah menyediakan layanan pembelian pulsa, paket data, token listrik, dan pembayaran tagihan listrik dengan biaya penanganan yang murah! Kamu jadi bisa semakin hemat dan praktis memenuhi seluruh kebutuhan pribadi maupun rumah tangga dengan adanya Flip.

7. Jaga Kesehatan

Cara mengatur keuangan pekerja yang terakhir adalah menjaga kesehatan. Melakoni banyak pekerjaan untuk memaksimalkan pendapatan tentu merupakan hal yang baik. Namun, bekerja terlalu keras hingga melupakan kesehatan bukanlah hal yang harus kamu lakukan. Pasalnya, ketika sakit, kamu justru terancam memiliki pengeluaran yang lebih banyak untuk memeriksakan diri ke dokter dan membeli obat. Oleh karena itu, tetap atur pola makan dan istirahat kamu, ya!

Itu dia tujuh tips mengatur keuangan yang bisa kamu lakukan sebagai pekerja dengan rentang usia 23-30 tahun. Baik sebagai pekerja lajang maupun sudah membangun rumah tangga, kamu tentu tidak bisa terhindar dari yang namanya transaksi keuangan. Agar transaksi keuangan lebih hemat, unduh dan gunakan aplikasi Flip sekarang juga!

Bagikan

Lainnya

Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.7

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

MasukBlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan Ketentuan

Hubungi Flip

Layanan Pengguna

+62 21 - 50928829

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2022 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi