mural
homeforward
Pengen kuliah di Universitas Chicago? Simak 6 Tipsnya di Sini!

Pengen kuliah di Universitas Chicago? Simak 6 Tipsnya di Sini!

Siapa yang tidak ingin berkuliah di luar negeri? Banyak calon mahasiswa ingin mencoba merantau ke luar negeri untuk menempuh pendidikan lanjut karena berbagai alasan. Salah satu negara yang sering menjadi tujuan calon mahasiswa Indonesia adalah Amerika Serikat.

Di negeri Paman Sam ini, kamu bisa menemukan banyak sekali universitas ternama, misalnya saja Universitas Chicago di Negara Bagian Illinois, atau dikenal juga dengan nama University of Chicago. Bagaimana tipsnya agar bisa siap untuk berkuliah di sini?

 

6 Tips agar Siap Berkuliah di Universitas Chicago

Persiapkan diri dengan baik sebelum kamu meninggalkan Indonesia untuk mengejar pendidikan di Universitas Chicago. Cari tahu apa saja yang perlu diperhatikan berikut ini:

1. Cari tahu tentang budaya di Chicago

Photo Credit: Unsplash

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu tentang budaya di Chicago. Kamu bisa mencari informasi tentang cara hidup, sistem transportasi, cuaca, kebiasaan masyarakat, hingga tempat-tempat wisata di Chicago.

Banyak sumber informasi yang dapat kamu gunakan, seperti artikel, blog, atau video yang dapat membantumu mengenal Chicago lebih jauh. Dengan mengetahui informasi ini, kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik dan menghindari kejutan-kejutan yang tidak diinginkan.

2. Kenali jurusan yang ditawarkan

Universitas di Chicago menawarkan berbagai macam jurusan, seperti ilmu sosial, sains, ekonomi, dan lain-lain. Sebelum memutuskan untuk kuliah di sana, pastikan bahwa universitas tersebut memang memiliki jurusan yang sesuai bakat dan minatmu serta program yang sesuai dengan tujuan karirmu di masa depan.

Kamu juga perlu mengetahui persyaratan khusus yang dibutuhkan untuk masuk ke jurusan tersebut. Cek di situs resminya untuk informasi lebih lanjut mengenai daftar jurusan di universitas Chicago.

3. Hitung perkiraan biaya hidup

Studi di luar negeri bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga, tetapi biayanya juga bisa sangat mahal. Sebelum memutuskan untuk kuliah di Universitas Chicago, hitunglah perkiraan biaya hidup yang kamu butuhkan selama di sana.

Biaya hidup di Chicago cukup tinggi, terutama jika kamu tinggal di asrama kampus. Perkiraan biaya hidup per bulan dapat mencapai $1.500 - $2.000, tergantung pada gaya hidup yang kamu jalani.

Sebagai mahasiswa dari Indonesia, kamu wajib mempertimbangkan kurs Dolar saat ini. Karena tak hanya untuk biaya hidup sehari-hari, masih ada juga biaya tambahan seperti biaya visa, biaya perjalanan, biaya asuransi, juga biaya kebutuhan kuliah seperti membeli textbook.

 

Baca Juga : Biaya Hidup di Amerika dari Mahasiswa Hingga Keluarga Beserta Tipsnya

 

4. Siapkan keuangan atau cari beasiswa

Setelah menghitung perkiraan biaya hidup, pastikan kamu memiliki dana yang cukup untuk menyelesaikan kuliah di Universitas Chicago. Jika tidak memiliki cukup dana, kamu dapat mencari beasiswa yang ditawarkan oleh pihak universitas atau sumber beasiswa lainnya untuk mahasiswa internasional. Kamu bisa mencari informasi lebih lanjut tentang beasiswa yang tersedia di situs resmi Universitas Chicago.

5. Perbaiki Bahasa Inggris 

Photo Credit: javier trueba on Unsplash

Kemampuan Bahasa Inggris sangat penting ketika ingin berkuliah di luar negeri. Banyak universitas di Amerika Serikat yang mensyaratkan mahasiswanya untuk mengikuti tes TOEFL atau IELTS. Bahasa pengantar jurusan di Universitas Chicago menggunakan Bahasa Inggris, sehingga dikhawatirkan kamu akan ketinggalan pelajaran jika tidak menguasai bahasa tersebut.

Pastikan kamu sudah memperbaiki kemampuan Bahasa Inggrismu agar bisa lulus tes tersebut. Ambil les atau kelas persiapan TOEFL dan IELTS yang akan memberimu bimbingan serta tips menjalankan tes. Tempat-tempat kursus seperti ini juga bisa memberikan mock-up test supaya kamu lebih punya gambaran tentang tes sesungguhnya.

6. Lengkapi dokumen aplikasi

Setiap universitas memiliki prosedur aplikasi yang berbeda-beda, jadi pastikan kamu mempelajari setiap persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan oleh universitas di Chicago. Dokumen aplikasi yang dibutuhkan biasanya meliputi surat rekomendasi, transkrip nilai, dan essay.

Pastikan bahwa dokumen yang kamu kirimkan sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang diminta. Jangan sampai kamu kehilangan kesempatan hanya karena lupa mengunggah dokumen penting, ya!

 

Baca Juga : Cetak Banyak Tokoh Dunia, Intip Jurusan di Stanford University yang Unik

 

Jika sudah merasa siap, maka kamu bisa langsung mendaftar sesuai dengan prosedur dari Universitas Chicago, atau sesuai dengan beasiswa yang menjadi sponsormu. Sesampainya di Chicago, tidak usah bingung cara mengirim dan menerima uang dari Indonesia karena dengan aplikasi Flip, semua bisa dilakukan secara praktis! 

Menggunakan Flip, kamu bisa kirim uang ke luar negeri secara mudah dan praktis melalui fitur Flip Globe. Bahkan, tahukah kamu bahwa kurs Flip Globe menyamai atau bahkan bisa lebih murah daripada Bank Indonesia? Kamu bisa jadi lebih hemat, deh!

Keluarga di Indonesia juga tidak perlu repot membeli Dolar Amerika karena bisa langsung kirim dalam bentuk Rupiah. Terdaftar dan diawasi oleh OJK, kirip uang ke luar negeri pakai Flip pasti masuk ke rekening tujuan. Yuk, buruan download Flip sekarang juga di Google Play Store dan App Store!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi