mural
homeforward
Termasuk Kota Kaya, Ini Biaya Hidup di Dubai Selama Sebulan

Termasuk Kota Kaya, Ini Biaya Hidup di Dubai Selama Sebulan

Siapa yang tidak tahu Dubai? Kota di Uni Emirat Arab tersebut punya banyak sudut yang menarik dikunjungi. Salah satunya Burj Khalifa yang merupakan bangunan tertinggi di dunia. Selain itu, sebagai kota kaya, Dubai juga menawarkan gaya hidup tak biasa. Lantas, berapa kira-kira biaya hidup di Dubai selama sebulan? Yuk kita cek!

Baca Juga: Banyak WNI Pindah Ke Sana, Segini Biaya Hidup Di Singapura

Seperti Apa Kehidupan di Dubai?

dubai

Sumber : Unsplash

Seperti yang kita tahu, Dubai adalah kota yang sangat mewah. Banyak miliarder yang menetap di sana dengan gaya hidup superglamor. Menurut Liputan6, sepanjang 2021 hingga 2022, ada sekitar 38 miliarder yang tinggal di Dubai.

Hal itu membuat kota seluas 35 kilometer persegi tersebut menempati posisi ke-11 sebagai kota dengan jumlah miliarder paling banyak di dunia. Di samping itu, bangunan elit juga memenuhi berbagai sudut kota, ditambah berbagai kendaraan mahal pun senantiasa mewarnai jalanannya.

Tak heran jika kemudian kita menganggap biaya hidup di Dubai akan sangat besar. Namun ternyata, tidak harus menjadi kaya raya untuk bisa tinggal di Dubai. Kamu yang orang biasa pun bisa. Tentunya dengan syarat yang berlaku. 

Menurut situs Numbeo, sebagaimana dikutip CNBC Indonesia, rata-rata total biaya hidup di Dubai untuk satu orang ialah sekitar Dh3.426 Dirham Uni Emirat Arab atau sama dengan Rp13,5 juta dalam sebulan. Biaya ini di luar sewa tempat tinggal atau properti.

Biaya Hidup di Dubai untuk Akomodasi

Menurut Okezone, untuk akomodasi seperti tempat tinggal di Dubai, dalam sebulan dibutuhkan biaya sekitar Dh3.700 atau setara Rp14,5 juta. Biaya ini untuk sewa tempat tinggal di pinggiran kota. Sementara itu, jika ingin tinggal di dalam kota, kamu harus merogoh kocek hingga Dh10.700 atau setara Rp42 juta setiap bulannya.

Biaya hidup di Dubai untuk sewa tempat tinggal memang cukup tinggi, mengingat fasilitas setiap tempat tinggal di sana sudah cukup apik. Oleh sebab itu, jika berencana tinggal di Dubai bersama keluarga, kamu perlu mempersiapkan biaya hidup untuk keluarga yang cukup besar. 

Tidak hanya untuk keperluan akomodasi, tetapi juga biaya lainnya, seperti makan, transportasi, pendidikan, asuransi, dan sebagainya.

Biaya Hidup untuk Makan di Dubai

Biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan makan selama di Dubai bisa dibilang cukup mahal. Di tempat makan sederhana, setara kaki lima jika di Indonesia, rata-rata harga untuk sekali makan bisa mencapai Dh35 atau setara Rp143 ribu. 

Jelas jika kamu ingin makan di tempat yang lebih elit, seperti di restoran berbintang, harga yang harus dibayarkan jauh lebih tinggi. Menurut sebuah sumber, harga sekali makan di restoran berbintang kelas menengah bisa mencapai Dh250 atau jika dikonversi ke rupiah setara dengan Rp1 juta.

Meski jumlah ini sebanding dengan harga makan di restoran elit Indonesia, tetap saja biaya hidup di Dubai tak bisa dianggap murah. Hanya saja, seperti yang disebut di awal, tak harus jadi miliarder untuk bisa tinggal di sana.

Biaya Transportasi di Dubai

Sebagai kota metropolitan modern, Dubai memiliki beragam moda transportasi umum yang bagus. Mulai dari kereta (Dubai Metro), bus, taksi, bus air, taksi air (Abra), dan sebagainya.

Berbeda dengan biaya makan yang mahal, biaya untuk menggunakan berbagai moda transportasi tersebut cukup terjangkau. Untuk bus misalnya, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Dh3 atau sekitar Rp12 ribu.

Sementara untuk taksi atau bus, menurut Viva, setiap penumpang perlu menyiapkan biaya mulai Dh2 atau sekitar Rp7 ribu untuk pemberhentian satu zona, dan Dh6,5 atau sekitar Rp25 ribu untuk lima zona pemberhentiaan.

Bagi para pekerja atau mahasiswa, moda ini bisa menjadi pilihan, karena dapat menekan biaya hidup untuk pekerja dan mahasiswa, sehingga bisa lebih hemat. Selain itu, kamu juga bisa menyewa sepeda atau naik Abra jika ingin merasakan sensasi liburan yang tidak biasa selama di Dubai.

Kebutuhan Lain-Lain di Dubai

Selain biaya-biaya di atas, masih banyak biaya hidup di Dubai lainnya yang perlu kamu persiapkan. Misalnya, biaya untuk asuransi, kesehatan, hingga hiburan. Apalagi jika kamu adalah mahasiswa, kamu membutuhkan berbagai biaya untuk keperluan studi.

Namun, jika kamu mendapatkan beasiswa, biaya hidup untuk mahasiswa di Dubai bisa lebih terjangkau. Ada berbagai beasiswa yang ditawarkan jika kamu ingin kuliah di sana, baik dari pemerintah setempat maupun dari Pemerintah Indonesia.

Tips Hemat Biaya Hidup di Dubai

dubai

Sumber : Unsplash

Nah, buat kamu yang saat ini sedang atau berencana menetap di Dubai, ada beberapa tips menghemat biaya hidup yang bisa dilakukan. 

Misalnya dengan membuat perencanaan keuangan dan memutuskan untuk belanja bahan makanan dalam jumlah besar sekaligus. Selain itu, kamu juga bisa menahan diri untuk tidak bersenang-senang, seperti nongkrong dan sebagainya.

Jika kamu bisa menjalani hidup secara sederhana dan apa adanya, tanpa menjadi miliarder pun pasti kamu bisa bertahan tinggal di Dubai. Hal itu karena besaran biaya hidup di Dubai menyesuaikan gaya hidup masing-masing individu.

Baca Juga: Catat, Ini Syarat Dan Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan JHT

Begitu pun jika kamu punya banyak keperluan transfer ke luar negeri, ada banyak cara pula yang bisa dilakukan. Kalau kamu ingin memilih cara paling hemat dan mudah, ada aplikasi Flip dengan fitur Flip Globe yang bisa dimanfaatkan.

Transfer ke berbagai tujuan negara, termasuk Uni Emirat Arab, dijamin menjadi lebih sederhana. Cukup input jumlah transfer dalam mata uang rupiah, aplikasi akan otomatis mengonversinya menjadi Dirham Emirat Arab, atau sebaliknya. Untuk mencobanya langsung, kamu bisa unduh aplikasi Flip lewat Play Store maupun App Store.

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi