mural
homeforward
Manfaat, Biaya, dan Cara Berlangganan STB IndiHome

Manfaat, Biaya, dan Cara Berlangganan STB IndiHome

Sejak perpindahan siaran televisi (TV) dari analog ke digital, masyarakat berbondong-bondong membeli set up box (STB) agar dapat menangkap sinyal siaran TV kesayangan. Utamanya, bagi mereka yang TV-nya belum memiliki fitur untuk menangkap siaran digital. Apa sebenarnya fungsi STB?

Secara sederhana, STB dapat diartikan sebagai alat dengan komponen khusus yang mampu mengolah sinyal TV dari sebuah sumber untuk ditayangkan. Alat ini dilengkapi port khusus untuk multimedia, seperti HDMI atau RCA. Nah, dengan menggunakan STB, kamu tidak perlu membeli TV baru untuk menangkap siaran digital. Cukup pasang alat ini dan kamu sudah bisa menikmati tayangan yang jernih dan stabil. 

Di antara beragam pilihan STB yang ada di pasaran, mungkin, saat ini beberapa dari kamu sedang mempertimbangkan STB IndiHome sebagai perangkat pilihan. Pertanyaannya, apakah produk ini bisa menangkap sinyal TV digital di Indonesia? Berapa biaya untuk berlangganan? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari simak informasi selengkapnya tentang STB IndiHome di bawah ini.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab WiFi Indihome Sering Gangguan Dan Solusinya

Pengertian STB IndiHome dan Manfaatnya 

stb indihome

Sumber : Indihome

STB IndiHome atau Hybrid Box IndiHome merupakan perangkat yang berfungsi membantumu untuk dapat menonton tayangan IndiHome TV di beberapa televisi pada saat yang bersamaan. Dalam pemasangannya, Hybrid Box dari IndiHome menggunakan perangkat Power Line Communication (PLC).

Karena menggunakan PLC, pemasangan STB dari IndiHome ini pun lebih rapi sehingga tak merusak estetika rumah. Selain lebih praktis, dengan alat ini, kamu bisa menonton siaran dalam negeri, luar negeri, hingga tayangan dari situs streaming, seperti Netflix, HBO, YouTube, Prime Video, Disney, dan lain sebagainya.

Biaya STB IndiHome

Pertanyaan selanjutnya, berapakah biaya berlangganan STB IndiHome? Biasanya, biaya langganan STB IndiHome sudah masuk dalam paket langganan internet yang kamu bayar di awal. Namun, bila paket langganan yang kamu beli belum termasuk layanan STB, kamu hanya perlu menambahkan biaya Rp100.00 per bulan, tanpa ada biaya pemasangan tambahan. 

Syarat dan ketentuannya pun mudah. Pertama-tama, kamu harus telah memiliki akun di aplikasi myIndiHome. Kemudian, pastikan kamu sudah mendaftarkan nomor IndiHome-mu dalam aplikasi tersebut. Setelah itu, kamu bisa mengajukan permintaan langganan STB dan pemasangan PLC. Sebagai catatan, biaya di atas belum termasuk PPN, ya!

Cara Berlangganan STB IndiHome

stb indihome

Sumber : Twitter

Setelah mengetahui biaya STB IndiHome, apakah kamu tertarik untuk berlangganan? Jika tertarik, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk bisa berlangganan STB atau Hybrid Box dari IndiHome. 

  1. Masuk atau log in menggunakan akun myIndiHome dan klik opsi ‘Berlangganan’.
  2. Masukkan e-mail atau nomor ponsel yang terdaftar dalam akun myIndiHome kamu. 
  3. Klik opsi ‘Login’.
  4. IndiHome akan mengirimkan kode OTP ke nomor ponsel yang telah kamu daftarkan.
  5. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel yang kamu daftarkan.
  6. Masuk ke halaman ‘STB Tambahan’. 
  7. Pilih ‘Hybrid Box’.
  8. Cek kolom sebelah kanan, lalu pilih nomor layanan IndiHome kamu. 
  9. Cek rincian tagihan IndiHome kamu. 
  10. Checklist bagian opsi ‘Konfirmasi Syarat & Ketentuan’. 
  11. Klik opsi ‘Lanjutkan’.
  12. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke ponselmu.
  13. Kamu telah berhasil mengaktifkan Hybrid Box (STB) Tambahan.

Apakah STB IndiHome Bisa Untuk Menangkap Siaran TV Digital?

Nah, pertanyaan terakhir, apakah STB IndiHomea atau Hybrid Box bisa menangkap siaran TV digital? Sayangnya, jawabannya adalah tidak. Kecuali bila kamu telah memiliki koneksi internet. Hal itu karena Hybrid Box dari IndiHome berbeda dengan STB yang dibutuhkan untuk menangkap sinyal TV digital di Indonesia. 

Dalam hal ini, siaran TV digital di Indonesia menggunakan standar Digital Video Broadcast-Second Generation Terestrial (DVB-T2). Sementara itu, hybrid box dari IndiHome merupakan STB yang menggunaklan teknologi Digital Video Broadcast-Internet Protocol Television (DVB-IPTV). 

Dengan kata lain, bila kamu ingin menggunakan STB IndiHome untuk menangkap siaran TV digital Indonesia, kamu harus terlebih dahulu berlangganan paket internetnya. Poin ini mungkin bisa menjadi pertimbangan sebelum kamu memutuskan berlangganan Hybrid Box atau STB dari IndiHome. 

Demikian informasi selengkapnya mengenai STB IndhiHome. Sebelum berlangganan, pastikan fitur yang ditawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan, ya! Tak hanya menikmati layanan internet yang stabil, dengan menambahkan layanan STB IndiHome, kamu bisa menikmati berbagai tayangan berkualitas, baik dari dalam maupun luar negeri. 

Keputusan pemerintah untuk melakukan pergantian TV analog ke digital memang bukan tanpa alasan. Adapun beberapa keuntungan yang dapat diperoleh masyarakat melalui migrasi ini, antara lain kualitas gambar dan suara yang lebih jernih dan terdapat lebih banyak program TV berkualitas yang bisa dinikmati. Di samping itu, frekuensi yang mulanya digunakan untuk TV analog akan dialihkan untuk jaringan komunikasi 4G dan 5G demi meningkatkan kualitas jaringan internet di Indonesia. 

Baca Juga: Wifi MNC Play Alami Gangguan? Ternyata Ini Penyebabnya

Biar acara menonton TV kabel langganan kamu bisa lancar terus, selalu ingat buat bayar tagihan bulanan, ya. Cara paling praktis dan murah adalah pakai aplikasi Flip, karena bisa dilakukan lewat smartphone dan bebas biaya admin, loh.

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi